Cara Mermbersihkan Mata Yang Kotor Dengan Benar

Share dan Tag Temanmu di :

Tanpa kita sadari mata sering terpapar kotoran, debu, ataupun benda asing lain yang dapat mengganggu penglihatan dan aktivitas keseharian anda, hal ini tentunya sangat merepotkan apalagi jika anda pengguna lensa kontak, dan kebanyakan menjaga kebersihan mata sering terlupakan.

Saat kotoran, debu, atau benda asing lain masuk kemata, kemungkinan anda akan mengucek mata untuk membersihkannya. Tetapi kebiasaan ini dapat membuat mata anda mudah mengalami iritasi dan beresiko memicu pandangan menjadi kabur. Maka dari itu, sangat disarankan dan penting dilakukan untuk menjaga kebersihan mata secara rutin setiap hari dengan cara yang benar.


Lalu sebaiknya kapan mata harus dibersihkan?

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang sangat kompleks dan dilengkapi dengan bagian bagian yang tercipta khusus untuk melindungi dari paparan kotoran, debu, atau benda asing. Meskipun demikian, benda benda asing tersebut masih tetap mungkin masuk kedalam mata dan memicu fungsi mata menjadi terganggu dan bisa membuat mata mengalami iritasi dan menjadi kemerahan bahkan dapat memicu peradangan pada mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, anda harus membersihkan mata dengan cara yang tepat jika ada benda asing yang masuk kemata. Apabila sudah terjadi gangguan pada mata akibat paparan benda asing, maka cara membersihkan mata yag tepat sangat diperlukan agar gangguan yang terjadi tidak menjadi semakin parah dan keluhan pun dapat teratasi.

Cara Tepat dan Aman Membersihkan Mata

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan mata, namun caranya harus disesuaikan dengan jenis kotoran yang masuk kedalam mata, berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membersihkan mata, antara lain :

  • Pertama-tama cuci tangan dengan air dan sabun, sebelum membersihkan mata. Jika anda menggunakan kontak lensa, pastikan sudah melepasnya.
  • Lalu bersihkan kotoran, debu, atau benda asing lain yang masuk kemata dengan air bersih yang diteteskan secara perlahan kemata.
  • Atau bisa juga dengan cara merendam mata menggunakan eye bath cup, wadah kecil yang berisi air, atau gelas lalu tundukan wajah anda dan arahkan eye bath cup berisi air itu kemata yang bermasalah. Ketika mata terendam lakukanlah gerakan membuka dan menutup mata secara berulang kali guna untuk mengeluarkan kotoran atau benda asing yang terjebak didalam mata.

Selain dengan beberapa cara diatas, sehari hari juga anda bisa membersihkan mata dengan menggunakan cairan pencuci mata untuk membantu mengeluarkan benda asing atau bahan kimia dari permukaan mata dan meredakan beberapa gejala gangguan mata seperti mata perih, gatal, atau merah. 

Pada umumnya salah satu cairan pencuci mata yang mengandung bahan witch hazel yang digunakan untuk membersihkan mata, zat witch hazel juga mampu meredakan peradangan atau iritasi sehingga mata akan terasa segar, sejuk, dan kembali berfungsi dengan baik. Tetapi dianjurkan untuk menghindari penggunaan cairan pencuci mata yang mengandung zat pengawet seperti benzalkonium chloride karena hasil dari penelitian ditemukan efek yang tidak baik pada mata.

Selain itu, anda juga dapat memilih produk cairan pencuci mata atau suplemen kesehatan mata yang sudah terdaftar BPOM agar terjamin kualitas dan keamanannya, dan juga sudah memiliki sertifikat HALAL sehingga dapat digunakan secara luas oleh kalangan masyarakat.

Jadi jangan pernah sekalipun mengucek, menggaruk ataupun membersihkan mata dengan tangan apalagi dalam keadaan kotor, karena dapat beresiko memicu gangguan pada mata semakin bertambah parah. Jika keluhan terasa sangat mengganggu atau tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk konsultasi pada dokter mata supaya dapat diberi penanganan yang lebih serius.

By Ana Rediana - Tips Rabu, 05 September 2018 10:20:40

Related Post :
Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena…

Ciri ciri infeksi rahim…

Manfaat
Manfaat Soda Kue Untuk…

Manfaat soda kue untuk…

Tips
6 Cara Mencegah Penyakit…

Ada 6 cara mencegah…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang…

Inilah ciri-ciri makanan yang…

Kesehatan
Buah-Buahan Yang Bagus Untuk…

Bagi orang yang sedang…

Manfaat
Inilah Ragam Manfaat Daun…

Berikut adalah manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan Bahan Alami

Seperti yang kita ketahui di…

Tips
Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah Hipertensi dengan Mudah

Menjalankan pola hidup sehat dengan…

Kirim Pertanyaan
Top