Kandungan Nutrisi dan Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin tidak banyak orang yang tahu dengan sayuran selada air. Karena memang sayuran yang satu ini tidak cukup populer di kalangan masyarakat. Walaupun begitu, selada air ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar. Sayuran dengan daun berukuran kecil berwarna hijau ini biasanya diolah menjadi tumis, gulai, pecel, atau bahkan digunakan sebagai garnish di steak yang biasa Anda konsumsi. 


Selada air merupakan tumbuhan menahun yang cepat tumbuh, bersifat akuatik atau semi-akuatik, dan asli dari Eropa dan Asia. Tanaman ini termasuk salah satu sauiran daun tertua yang dikonsumsi oleh manusia. 

Diketahui jika selada air ini kaya akan kandungan serat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, selada air juga diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Satu mangkuk selada air bisa memenuhi kebutuhan harian akan vitamin K sebanyak 100%. Vitamin ini mampu mencegah penyumbatan di dalam pembuluh darah serta menjaga kesehatan tulang. 

Berdasarkan U.S Centers for Disease Control and Prevention's Powerhouse Fruits and Vegetables, satu mangkuk selada air memiliki kandungan vitamin sebagai berikut :

  • Vitamin A, memenuhi 22% kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin C, memenuhi 24% kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium, memenuhi 4% kebutuhan harian tubuh
  • Mangan, memenuhi 4% kebutuhan harian tubuh

Bukan hanya itu, didalam satu mangkuk selada air juga hanya terkandung 4% kalori. Jadi, bisa disimpulkan jika sayuran ini sangat cocok untuk diet menurunkan berat badan

Sejak ribuan tahun lalu, tumbuhan selada air juga dikenal sebagai tumbuhan berkhasiat obat. Bangsa Yunani dan Romawi Kuno percaya bahwa selada air berkhasiat sebagai tonikum bagi otak, membuat otak jadi cerdas. Sedangkan ibu-ibu dari bangsa Persia memasak selada air untuk anak-anaknya agar bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

Di Jerman, selada air digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing pada anak-anak. Bubuk daun selada di India digunakan sebagai peluruh dahak untuk mengobati bronkitis dan gangguan lever. Sementara itu, di Mesir Kuno selada air dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina tentara. Beberapa suku di Afrika percaya jika tanaman ini bersifat afrodisiak. 

Disamping itu, selada air merupakan tanaman yang sangat kaya akan kandungan sulfur, nitrogen, dan yodium. Selain berfungsi sebagai tonik untuk liver dan ginjal, selada air juga maerupakan salah satu pencuci darah yang baik. 

Selada air juga diketahui mengandung sejumlah zat besi, kalsium, dan asam folat. Dengan kandungan tersebut, maka ada banyak manfaat selada air yang bisa didapatkan, seperti yang bertindak sebagai stimulan, sumber phytochemical dan antioksidan, diuretik, ekspektoran, dan membantu pencernaan. 

Selada air juga dipercaya dapat membantu melindungi terhadap kanker paru-paru. Hal ini disebabkan karena kandungan yodiumnya yang tinggi. Selada air juga memiliki efek penguat pada kelenjar tiroid, sehingga bermanfaat bagi penderita hipotiroidisme. 

Nah, itulah beberapa kandungan dan manfaat selada air yang baik untuk kesehatan. Setelah mengetahui berbagai manfaat selada air tersebut, kini tidak ada salahnya untuk menambahkan sayuran tersebut ke dalam menu harian Anda. 

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 05 September 2018 11:00:32

Related Post :
Penyakit
Mengenali Jenis Kanker Paling…

Kanker merupakan salah satu…

Penyakit
Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma…

Infeksi bakteri Ureaplasma bisa…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Kesehatan
Aneh! Penyakit Ini Bikin…

Berbeda dengan penyakit pada…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Aryanto.id - Berikut adalah…

Ibu Dan Anak
Anak Mudah Terserang Batuk…

Informasi tentang penyebab anak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan Dan Diet

Kandungan nutirisi dan vitamin apel…

Manfaat
Manfaat Rutin Minum Air Mentimun yang Jarang Diketahui

Mentimun kaya akan kandungan nutrisi…

Manfaat
Manfat Kulit Buah Lemon untuk Atasi Nyeri Sendi

Sebelum pergi ke dokter, Anda…

Kirim Pertanyaan
Top