Makanan Sumber Kalsium Pilihan Alternatif Terbaik Selain Susu

Share dan Tag Temanmu di :

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang dikenal kaya akan kandungan kalsium serta zat nutrisi lainnya yang dapat memberikan manfaat menyehatkan bagi tubuh. Selain bayi dan anak-anak, orang dewasa juga sangat memerlukan susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

Susu banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan sebagai salah satu sumber kalsium terbaik karena memiliki komponen yang lengkap. Dalam segelas susu sapi murni terkandung 300 mg kalsium sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian, diperlukan 3 gelas susu untuk memenuhinya.

Namun, sayangnya tidak semua orang  bisa mengonsumsi susu. Beberapa orang memang tidak menyukai minuman ini atau memiliki intoleransi laktosa, yaitu tidak adanya enzim di dalam tubuh yang bisa mencerna gula susu (laktosa). Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya diare, timbulnya jerawat hingga reaksi alergi. Bagi mereka yang edang menjalami diet vegan juga biasanya akan menghindari susu.


Lalu, bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan kalsium jika tidak minum susu ?

Anda tidak perlu khawatir, meskipun tidak bisa mengonsumsi susu, akan tetapi Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh. Ada beberapa jenis makanan lain yang ternyata juga memiliki kandungan kalsium dan bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Berikut ini merupkan beberapa jenis makanan sumber kalsium selain susu yang bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk Anda, yaitu diantaranya :

  • Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang cukup sering disarankan untuk dikonsumsi. Selain dapat membantu program diet penurunan berat badan, ternyata bayam juga kaya akan kandungan kalsium. Selain kalsium, bayam juga mengandung zat besi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 150 gram bayam diketahui terkandung 100 mg kalsium. 

  • Kale

Selain bayam, kalsium juga bisa ditemukan dalam kale, yaitu sayuran hijau sejenis kubis. Diketahui dalam semangkuk penu kale terkandung 177 mg kalsium. 

Professor & Head Departement of Nutrition Science di Purdue University, Connie M. Weaver, Ph.D., kandungan kalsium dalma kubis juga lebih bioavailable atua lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan kalsium yang bersumber dari susu. 

  • Brokoli

Didalam 50 gram brokoli setidaknya terkandung 30 mg kalsium. Selain kalsium, brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menjadikan brokoli sebagai cemilan dengan merebusnya terlebih dahulu. Perlu diingat, rebus rebus brokoli hanya sebentar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

  • Bok choy

Sayuran yang sering ditemukan dalam masakan oriental ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup unik. Dalam segelas bok choy mentah, terdapat sumber kalsium sebanyak 74 mg. Sedangkan jika dimasak, satu mangkuk bok choy mengadnung 158 mg kalsium.

  • Kacang almond

Kacang almond merupakan salah stau jenis kacang yang kaya akan kandungan nutrisi. Selain sebagai sumber kalsium, kacang almond juga mengandung protein tinggi, vitamin E, dan kalium.

Meskipun kacang ini juga mengandung lemak, namun jenis lemak yang terkandung didalamnya merupakan lemak baik yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Dalam 30 gram kacang almond terkandung kalsium sekitar 75 mg. 

  • Tahu

Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai putih ini mudah didapatkan dan harganya pun cukup murah. Anda bisa menjadikan tahu sebagai sumber kalsium pengganti susu. 

Dalam setengah gelas tahu yang sudah diolah mengandung sekitar 250 sampai 800 mg kalsium. Maak dari itu, tahu merupakan bahan makanan dengan kalsium yang sama dengan susu. Selain itu, tahu juga kaya akan kandungan protein, serat, dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan. 

  • Ikan sarden

Sarden merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Hal ini disebabkan karena tulang yang terdapat dalam ikan sarden kaya akan kandungan kalsium. Dari 3 ekor ikan sarden kita bisa mendapatkan kalsium sebanyak 325 mg. 

Itulah beberapa jenis makanan sumber kalsium yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi susu. Selain itu, ada makanan lainnya yang juga mengandung kalsium, seperti diantaranya biji-bijian, yoghurt, ikan salmon, dan lainnya. Jika Anda cukup kreatif dalam mengolahnya, maka bahan makanan tersebut selain enak untuk dinikmati juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 06 September 2018 11:04:14

Related Post :
Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah…

Testosterone obat untuk masalah…

Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Ramuan Minyak Cengkeh dan…

Jika biasanya sariawan diatasi…

Daun
Manfaat Daun Gedi Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Cara Mengobati Eksim Basah…

Cara mengobati eksim basah…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kanker Tulang

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi…

Kesehatan
Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Untuk Menyembuhkan Infeksi Rahim

Pilihan makanan sehat untuk menyembuhkan…

Kirim Pertanyaan
Top