Gejala Penyakit Gonore pada Pria yang Wajib Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit menular seksual merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti, baik oleh pria ataupun wanita. Ada banyak jenis penyakit menular seksual yang bisa menyerang, salah satunya yaitu gonore. 

Gonore atau disebut juga kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae aatu gonococcus. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Bakteri penyebab gonore ini bisa menyerang dubur, leher rahim (serviks), saluran kencing dan sperma (uterus), mata, dan tenggorokan. 

Penyakit gonore biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual yang tidak sehat, seperti seks oral atau anal, berhubungan intim tanpa menggunakan kondom, sering berganti pasangan, atau lainnya. Untuk mencegah timbulnya penyakit gonore, maka sangat penting untuk mengetahui gejalanya. Hal ini bertujuan agar penyakit gonore bisa segera terdeteksi sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan tepat.


Gejala Gonore pada Pria yang Perlu Diketahui

Gejala biasanya diketahui sekitar 14 hari setelah terinfeksi. Sayangnya, tidak semua orang menyadari gejala gonore yang timbul. Bahkan, ada yang mengidap gonore tetapi tanpa menunjukkan gejala yang ada, atau biasa disebut dengan nonsymptomatic carrier atau pembawa non gejala.

Dibandingkan wanita, gejala gonore pada pria lebih mudah untuk dikenali. Hal ini disebabkan karena gejala awal pada wanita mungkin sangat ringan atau tidak begitu jelas, sehingga sering keliru dan dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih.

Walaupun begitu, sebagian besar laki-laki juga mungkin tidak menyadar adanya gejala gonore, karena beberapa laki-laki memang tidak mengalami gejala gonore. Gejala yang paling umum dan pertama dikenali yaitu timbulnya rasa panas atau terbakar ketika buang air kecil. 

Selain itu, berikut ini beberapa gejala penyakit gonore pada pria yang wajib diketahui dan diwaspadai, yaitu diantaranya :

  • Gatal

Penderita gonore biasanya akan merasakan gatal yang luar biasa pada bagian alat vital. Gonore yang menyerang rektum terkadang juga disertai dengan keluarnya darah dan nanah, serta sakit jika buang air kecil. 

  • Bengkak

Penyakit gonore juga bisa menimbulkan gejala berupa pembengkakan di skrotum dan testis, sehingga terasa nyeri. Pangkal paha juga terkadang mengalami pembengkakan karena infeksi menyebar. 

Jika kondisi ini terlambat diobati, maka infeksi bisa menyebar ke skrotum dan prostat, sehingga menyebabkan jaringan parut di epididimis yang menyalurkan sperma. Pria bisa mengalami ketidaksuburan karenanya.

  • Keluar cairan nanah

Keluar nanah pada bagian ujung penis merupakan gejala infeksi yang paling umum. Nanah yang keluar biasa berwarna coklat, putih, kehijauan atau lainnya sesuai tingkat parahnya penyakit. Biasanya gejala ini juga disertai dengan bau tidak sedap.

  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Beberapa penderita gonore juga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan karena infeksi sedang dilawan oleh sistem kekebalan tubuh. Radang tenggorokan juga bisa terjadi karena kebiasaan seks oral yang dilakukan oleh penderita.

Setelah diobati, infeksi ini mungkin masih akan bertahan di tubuh selama beberapa hari. Pada kasus yang jarang diketahui, gonore bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya urethra dan testis. Rasa nyeri juga bisa dirasakan hingga ke rektum. 

Jika gonore yang terjadi pada pria terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka bisa menyebabkan epididimis, yaitu rasa sakit di daerah testis yang berisiko terhadap infertilitas. Jika tidak diobati dengan cepat, maka lama-kelamaan gonore akan menyebabkan masalah pada prostat dan menimbulkan luka pada uretra, sehingga akan menyebabkan susah buang air kecil. 

By Sri Maryati - Penyakit Sabtu, 08 September 2018 11:21:07

Related Post :
Penyakit
Bronkhitis Infeksi pada Bronkus…

Bronkhitis merupakan infeksi yang…

Kesehatan
Hati-Hati! Makan Sendiri Ternyata…

Apakah Anda tahu bahwa…

Kesehatan
Demi Kesehatan Jangan Pernah…

Terdapat beberapa benda pribadi…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Kesehatan
Pantangan Makanan dan Minuman…

Pantangan makanan dan minuman…

Tips
Cara Mengatasi Nyeri Haid…

Cara mengatasi nyeri haid…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ciri-Ciri Penyakit Abses Penularan dan Gejalanya

Mengenal ciri ciri penyakit abses…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan Keratitis

Tahukah Anda bahwa ternyata kornea…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top