Mengenal Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Bibir

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir,- Berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia termasuk juga pada bibir. Jenis-jenis penyakit pada bibir sangat banyak dan salah satunya adalah sariawan. Oleh karena itu, jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir harus diketahui.


Mengenal Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Bibir

  • Herpes simpleks

Salah satu jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir adalah herpes simpleks. Penyakit ini sering menyerang orang dewasa dan juga orangtua. Herpes simpleks adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala herpes simplek  yang menyerang bagian bibir, biasanya menyebabkan rasa gatal, nyeri dan terasa panas pada bibir.

  • Sariawan

Selain herpes simpleks, sariawan juga merupakan jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir. Meskipun sariawan termasuk penyakit yang mudah disembuhkan, tapi bila tidak segera ditangani dengan benar maka bisa berubah menhadi penyakit yang berbahaya.

  • Kanker

Jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir yang berbahaya adalah kanker bibir. Penyakit in terjadi akibat pembentukan sel abnormal yang disebabkan olag kebiasaan buruk seperti sering terpapar sinar matahari, minum minuman alkohol dan merokok.

  • Jerawat bibir

Jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir yang paling umum adalah jerawat bibir. Gejala jerawat bibir diantaranya terdapat bintil-bintil gelembung pada bibir namun tidak berisi cairan dan menimbulkan rasa peri bila bibir terluka.

  • Angular cheilitis

Angular cheilitis ialah peradangan pada mulut termasuk bibir. Penyebabnya adalah infeksi jamur candida dan bakteri. Peradangan sering terjadi di sudut bibir.

  • Eksim

Eksim tidak hanya menyerang tangan, kaki dan tubuh terbuka lainnya. Tapi juga dapat menyerang bibir dan disebut dengan eksim bibir. Penyebabnya adalah bakteri dan alergi. Gejala eksim bibir yaitu mengalami pembengkakan di bibir dan juga mengakibat rasa nyeri.

  • Xerostomia

Jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir selanjutnya adalah adalah xerostomia. Penyakit ini muncul akibat merokok yang berlebihan. Gejala xerostomia diantaranya nyeri tenggorokan, mulut pecah-pecah dan kering, terkelupas.

Penyebab Penyakit Yang Menyerang Bibir

Penyakit yang menyerang bibir disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya alergi, pemakaian gigi palsu, kekurangan vitamin B12, merokok berlebihan, minum minuman alkohol, sinar matahari, penggunaan komestik bibir dan kurang menjaga kesehatan mulut.

Demikian informasi tentang jenis-jenis penyakit yang menyerang bibir dan penyebabnya. Bagi anda yang mengalami salah satu atau beberapa gejala penyakit pada bibir, maka periksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Sabtu, 08 September 2018 14:41:50

Related Post :
Kulit
Tips Sehat Mencegah Penuaan…

Berikut adalah tips dan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Khasiat Semut Jepang Untuk…

Khasiat semut jepang untuk…

Kesehatan
Cara Penggunaan Daun Sirih…

Daun sirih adalah salah…

Kesehatan
Waspada! Ternyata Kebiasaan Sepele…

Berikut ini beberapa kebiasaan…

Kesehatan
Tangan Terasa Kaku? Ternyata…

Beragam penyebab tangan terasa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Tidak Ingin Terkena Gastritis? Cegah Dengan Cara Ini

Berikut ini adalah beberapa hal…

Penyakit
Berbagai Penyebab Kesemutan Pada Tangan Kaki dan Kepala

Berbagai penyebab kesemutan pada tangan…

Penyakit
Jangan Samakan! Ini Perbedaan Polip Hidung Dengan Sinusitis

Jangan samakan! Inilah berbagai perbedaan…

Kirim Pertanyaan
Top