Sering Menguap Meski Tak Ngantuk? Mungkin Tanda Penyakit Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap orang pasti pernah menguap. Banyak orang yang menyebutkan jika menguap merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh ketika bosan atau mengantuk. Tidak bisa dipungkiri, menguap memang memiliki kaitan yang erat dengan mengantuk atau kelelahan. 

Namun, bagaimana jika Anda sering menguap tapi tidak merasakan kantuk? Anda patut waspada, karena menguap ternyata juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. 

Perlu diketahui, beberapa ahli menyebutkan jika menguap merupakan proses untuk mendinginkan otak. Hal ini disebabkan karena menguap memungkinkan terjadinya peregangan rahang, sehingga aliran darah ke area wajah, leher, dan kepala ikut meningkat. Kemudian, pengambilan napas panjang dan dalam saat menguap membuat udara dingin masuk ke dalam ringga sinus dan otak, untuk menggantikan udara panas didalam organ tersebut.


Sering Menguap Meski Tak Ngantuk Bisa Jadi Tanda Penyakit

Sampai saat ini, penyebab pasti dari menguap belum diketahui. Walaupun begitu, terdapat beberapa penyakit yang menjadikan menguap sebagai tanda utama. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang memiliki gejala utama menguap yang perlu diektahui, yaitu :

  • Serangan jantung

Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak mendapatkan aliran darah yang mengandung oksigen untuk memompa darah. Gejala serangan jantung yang sering terjadi diantaranya seperti nyeri dada bagian kiri, keringat berlebihan, mual, dan kelelahan. Selain itu, penderita juga akan lebih sering menguap. 

  • Stroke

Stroke merupakan kematian jaringan otak yang terjadi karena aliran darah dan oksigen ke otak berkurang. Stroke bisa berupa iskemik (sumbatan) ataupun hemoragik (perdarahan). 

Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena adanya sumbatan atau  bekuan darah yang menghambat pembuluh darah. Sedangkan pada stroke hemoragik, pecahnya pembuluh darah akan mengakibatkan aliran darah terhambat sehingga darah tidak aakn sampai ke jaringan otak. 

Kedua jenis stroke tersebut bisa menyebabkan otak tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup. Hal ini mengakibatkan gangguan pada sistem saraf, yang kemudian meningkatkan suhu di area otak. Akibatnya, tubuh akan melakuakn gerakan menguap sebagai metode pendinginan otak. Sebuah penelitian menyebutkan jika pasien stroke bisa menguap lebih dari 3 kali dalam 15 menit. 

  • Epilepsi

Epilepsi merupakan masalah pada otak yang menimbulkan gejala kejang-kejang yang tidak terduga kapan terajdinya dan sering berulang. Kejang-kejang ini disebabkan karena perubahan kegiatan listrik otak yang disebabkan oleh berbagai hal seperti konsumsi obat-obatan terlarang, gangguan dan masalah otak sejak kecil, meningitis, stroke, dan trauma yang menimbulkan kerusakan otak. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang sering menguap berlebihan mungkin saja memiliki masalah pada otak, salah satunya yaitu epilepsi.

  • Sleep apnea atau narkolepsi

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan timbulnya ganguan pada pernapasan. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka penderitanya akan mengalami kondisi henti napas ketika tidur. 

Sedangkan narkolepsi merupakan gangguan saraf yang memengaruhi kemampuan otak untuk mengatur siklus bangun dan tidur. Kedua penyakit gangguan tidur ini menyebabkan penderitanya lebih sering menguap, karena kesulitan untuk tidur dan beistirahat di malam hari. 

  • Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi abnormal dan menyerang sistem saraf pusat, terutama otak dan saraf tulang. Penyakit ini sering menyebabakn kelelahan yang berlebih, sehingga pednerita sering terlihat menguap. 

Nah, itulah beberapa penyakit yang menyebabkan penderitanya lebih sering menguap. Jadi, menguap bukan hanya merupakan Anda sedang merasa lelah atau mengantuk, tetapi menguap juga bisa jadi tanda penyakit tertentu. 

Segera kunjungi dokter jika Anda sering menguap meski tak mengantuk. Sehingga dapat segera diketahui penyebab pasti dari keluhan menguap yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 11 September 2018 10:37:54

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Makanan Yang Cepat Menyembuhkan…

Makanan yang dapat dikonsumsi…

Daun
Manfaat Daun Jarak Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Antibiotik Amoxicillin untuk Atasi…

Amoxicillin merupakan antibiotik penisilin…

Penyakit
Waspadai Penyebab Kanker Serviks…

Waspadai dan ketahui berbagai…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi…

Suka mengkonsumsi makanan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Feses Berwarna Hijau Ternyata Normal

Feses berwarna hijau ternyata normal,…

Kesehatan
Lebih Aman Rokok Elektrik Atau Rokok Tembakau?

Rokok elektrik terdiri dari sebuah…

Kirim Pertanyaan
Top