Mengetahui Manfaat Penggunaan Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit

Share dan Tag Temanmu di :

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit merupakan hal yang harus dilakukan. Terlebih lagi, setiap harinya kulit terpapar oleh polusi udara dan sinar matahari secara langsung. Asap, kotoran, dan debu bisa membentuk radikal bebas yang akna menghancurkan oksigen dalam sel-sel kulit dan menghambat produksi kolagen. Jika terus dibiarkan, maka bisa memicu terjadinya penuaan dini, kulit kasar, kusam, dan berkerut, serta berjerawat.

Untuk mencegah hal tersebut, maka tidak sedikit orang yang sering melakukan perawatan wajah, baik dengan cara membersihkan wajah, menggunakan pelembab, atau produk kecantikan lainnya. Bukan hanya pada siang hari, perawatan wajah juga perlu dilakukan pada malam hari. Hal ini disebabkan karena regenerasi paling optimal terjadi pada malam hari ketika Anda terlelap.

Berbicara mengenai perawatan kulit, krim malam merupakan salah satu yang paling berperan dalam meregenerasi kulit. Bukan hanya membantu menggantikan sel kulit mati, tetapi juga terdapat sugudang manfaat krim malam lainnya yang baik untuk kesehatan kulit yang tidak banyak diketahui.


Manfaat Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui

Rekomendasi penggunaan krim malam sebelum tidur bukanlah tanpa alasan. Saat malam hari, wajah akan beristirahat sehingga krim malam bisa maksimal dalam memperbaiki kulit. Penggunaan krim malam saat kulit sedang beristirahat di malam hari juga bisa memudahkan krim meresap ke dalam kulit. Sehingga kerja krim pun akan lebih maksimal.

Selain itu, berikut ini merupakan beberapa manfaat krim malam bagi kesehatan kulit lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  • Menjagga kelembapan kulit

Krim malam yang bagus memiliki tekstur yang tidak terlalu tebal ketika digunakan. Perlu diingat, tebalnya produk yang digunakan bisa berdampak pada penutupan pori kulit, yang selanjutnya bisa menimbulkan komedo dan jerawat.

Meskipun tidak tebal, bahan aktif yang terkandung didalamnya juga harus bisa terserap sempuran dan menutrisi wajah secara optimal. Untuk menjaga sempurnanya penyerapan bahan, umumnya krim malam menagndung air yang cukup tinggi. 

Tingginya kandungan air ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga penyerapan bahan aktif, tetapi juga berfungsi untuk rehidrasi kulit dan mengurangi risiko kulit kering hingga 60%.

  • Menutrisi kulit

Krim malam juga bisa membuat kulit menjadi lebih kencang dan menutrisi ketika beristirahat. Kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat baik untuk meremajakan kulit, sehingga kesehatan kulit wajah bisa terjaga secara optimal.

  • Menjaga kekenyalan kulit

Jika kelembapan kulit wajah terjaga, maka Anda juga bisa merasakan dan memiliki kulit yang kenyal. Kekenyalan wajah karena penggunaan krim malam ini telah terbukti pada suatu penelitian medis. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan krim malam secara teratur bisa meningkatkan elastisitas kulit hingga 30%. 

Kekenyalan wajah ini penting untuk melindungi diri dari potensi kerutan halus di kemudian hari. Jika kulit kering, maka pergerakan pada wajah yang dilakukan secara berulang seperti tersebyum atua mengernyitkan dahi bisa menyebabkan terbentuknya garis-garis halus di sekitarnya. Akan tetapi, jika kekenyalan kulit terjaga, maka kulit akan tetap berada pada kondisi awalnya, kencang dan bebas dari ancaman kerutan yang bisa membuat Anda merasa kurang percaya diri. 

  • Mengurangi kerutan halus di wajah

Retinol merupakan salah satu bahan yang umumnya terkandung dalam krim wajah. Retinol merupakan turunan vitamin A yang berperan aktiv dalam memerangi kerut halus di wajah. 

Karena manfaatnya tersebut sangat mudah terhambat sinar matahari, maka retinol memang dianjurkan hanya digunakan pada malam hari. Dengan penggunaan rutin, maka krim malam yang mengandung retinol dapat menyamarkan kerut yang banyak timbul di dahi, pipi, dan pelipis wajah.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal 'Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology' menyebutkan, kerutan di wajah ini bisa dikurangi hingga 15%. 

  • Menghindari penuaan dini

Radikal bebas dan polusi udara yan menempel pada kulit bsia merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Untuk menangkal bahaya radikal bebas ini, tubuh memerlukan pasokan antioksidan dalam jumlah yang cukup. 

Selain dari makanan, antioksidan juga banyak terdapat dalam produk perawatan wajah. Beberapa krim malam diperkaya dengan antioksidan ini dalam bentuk vitamin C. Jadi, jika Anda ingin kulit wajah senantiasa terlihat awer muda dan bebas dari tanda-tanda penuaan, maka rahasinya yaitu krim malam. 

Mengingat begitu banyaknya manfaat krim malam yang bisa didapatkan, maka sudah seharusnya rutinitas ini dijadikan kebiasaan sebelum tidur. Sebelum menggunakannya, pastikan terlebih dahulu jika wajah Anda sudah bersih. 

Tidak hanya itu, perhatikan pula produk krim malam yang akan digunakan. Dianjurkan untuk memilih krim malam yang bebas pewarna, pewangi, dan noncomedogenic agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kulit Rabu, 12 September 2018 15:31:17

Related Post :
Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik…

Bahan makanan organik dipercaya…

Daun
Manfaat Daun Ciplukan Beserta…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Diagnosis Lyme Disease Serta…

Berikut ini merupakan informasi…

Manfaat
Ini Manfaat Menakjubkan Kacang…

Informasi tentang kandungan gizi…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Tips
Begini Cara Mengurangi Mata…

Begini cara mengurangi mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Kulit
Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta gejala…

Kirim Pertanyaan
Top