Diagnosis Lyme Disease Serta Cara Pengobatan dan Pencegahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui mengenai penyakit Lyme atau Lyme Disease yang dialami oleh penyanyi asal Kanada Avril Lavigne. Nah, kali kami akan memberikan informasi seputar diagnosis penyakit Lyme lengkap dengan cara pengobatan dan pencegahannya. Simak uraian lengkapnya dibawah ini !!


Diagnosis Lyme Disease serta Cara Pengobatan dan Pencegahannya yang Perlu Diketahui

Lyme Disease atau penyakit Lyme mungkin terdengar cukup asing di telinga masyarakat indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi yang ditularkan melalui gigitan kutu ini memang tidak banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. 

Walaupun begitu, di dunia bagian lain, tepatnya di Eropa dan Amerika Utara, infeksi kuku kaki hitam ini menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat. Sebagian besar gigitan kutu ini terjadi pada akhir musim semi, awal musim panas, dan musim dingin. Karena saat itulah paling banyak orang yang beraktivitas di luar runagan, seperti hiking atau berkemah.

Diagnosis Lyem Disease

Umumnya penyakit Lyme sulit untuk didiagnosis karena memiliki gejala yang cenderung mirip dengan penyakit lain. Pemeriksaan ruam di kulit merupakan cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terserang penyakit ini. Mungkin dokter juga akan menanyakan riwayat gigitan kutu, meskipun banyak penderita tidak bisa mengingat atau mengetahui hal tersebut. 

Pemeriksaan fisik dan ruam bisa dilakukan selama beberapa hari untuk memastikan adanya erythema migrans sebagai gejala yang khas untuk penyakit Lyme. Jika belum diberikan antibiotik, maka ruam erythema migrans bisa mengalami pelebaran dalam beberapa hari. 

Jika penderita tidak bisa mengingat pernah digigit kutu dan tidak terdapat erythema migrans, maka dokter akan menganjurkan untuk menjalani tes darah untuk memastikan diagnosis. Namun, perlu diingat jika tes darah yang dilakukan pada penderita penyakit Lyme stadium awal seringkali kurang membantu karena belum terbentuk antibiotik spesifik terhadap bakteri Borrelia sp.

Antibiotik spesifik terhadap bakteri Borrelia sp bisa terdeteksi dalam darah penderita melalui metode enzyme-linked immunosorbent asaay (ELISA). Jika hasil tes antibodi Borrelia menggunakan metode ini dinyatakan positif, maka peandeirta bisa direkomendasikan untuk menjalani tes Western Blot untuk mengonfirmasi hasil tes ELISA.

Langkah Pengobatan Lyme Disease

Jika penderita didiagnosa Lyme Disease pada tahap awal, maka segera lakukan pemulihan dengan pengobatan antibiotik oral yang diresepkan oleh dokter. Karena jika penyakit ini terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka risiko komplikasi serius seperti masalah jantung atau masalah kesehatan mental akan lebih tinggi. 

Untuk penderita penyakit Lyme stadium awal, biasanya akan diberikan antibiotik dalam bentuk tablet. Sedangkan bagi penderita penyakit Lyme stadium lanjut bisa diberikan antibiotik dalam bentuk suntikan. Antibiotik dalam bentuk suntikan juga diberikan jika gejala yang dialami melibatkan gangguan sistem saraf pusat. 

Pengobatan penyakit Lyme stadium awal berlangsung sekitar 14-21 hari, sedangkan stadium lanjurt berlangsung sekitar 14-28 hari. 

Beberapa jenis antibiotik yang bisa digunakan dalam pengobatan Lyme Disease diantaranya adalah :

  • Penisilin

Antibiotik kelompok ini bisa diberikan sebagai pengganti tetracycline, terutama pada pengidap penyakit Lyme yang alergi terhadao doxycycline, ibu hamil, dan anak-anak dibawah usia 8 tahun. Beberapa contoh antibiotik penisilin diantaranya yaitu penicillin VK, penicillin G, dan amoxicillin.

  • Sefalosporin

Biasanya antibiotik kelompok ini digunakan sebagai alternatif bagi penderita yang tidak bisa diberikan doxycycline, sebagai contoh cefuroxime. Selain itu, sefalosporin suntikan juga diberikan untuk penderita dengan gejala yang berat. Contoh antibiotik suntik yang masuk kedalam kelompok sefalosporin diantaranya yaitu ceftriaxone dan cefotaxime. 

  • Tetracycline

Ini merupakan kelompok antibiotik pilihan pertama untuk mengatasi penyakit Lyme, terutama doxycycline. Namun, perlu diingat jika doxycycline tidak bileh diberikan pada ibu hamil, menyuui, ataupun anak di bawah usia 8 tahun. Contoh lain dari antibiotik golongan ini yaitu tetracycline sendiri. 

  • Makrolid

Selain beberapa kelompok antibiotik yang telah disebutkan sebelumnya, antibiotik kelompok makrolid juga bisa membantu mengatasi penyakit Lyme. Antibiotik ini bisa diberikan pada penderita yang tidak bisa diberikan tetracycline ataupun penisilin. Erythromycin, clarithromycin, dan azithromycin merupakan beberapa contoh antibiotik makrolid.

Pencegahan Lyme Disease

Penyakit Lyme timbul karena gigitan kutu yang terinfeksi bakteri dan biasanya hidup di dedaunan, rumput, atau kayu. Bagi Anda yang suka bermain di hutan lebih berisiko terserang penyakit Lyme. 

Menghindari tempat-tempat yang mungkin menjadi habitat kutu penyebar penyakit Lyme merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit Lyme. 

Jika Anda sedang berada di luar ruangan atau menjelajah gunung dan hutan, dimana banyak material daun, rumput, dan kayu, cobalah lakukan beberapa tips pencegahan penyakit Lyme berikut :

  • Gunakan pakaian tertutup dan lotion anti serangga
  • Bersihkan peralatan yang digunakan sebelum masuk ke dalam rumah
  • Lakukan pemeriksaan mandiri pada tubuh secara menyeluruh ketika sampai di rumah
  • Keringkan pakaian untuk membunuh kutu yang mungkin masih tersisa

Nah, itulah beberapa informasi seputar diagnosis penyakit Lyme serta cara pengobatan serta pencegahannya yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 14 September 2018 11:07:15

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Jenis-jenis…

Menurut penelitian sekitar 15%…

Obat Kimia
Obat Amiodarone Untuk Mengatasi…

Obat amiodarone untuk mengatasi…

Kesehatan
Tak Disangka! Bentol Kecil…

Jangan sepelekan sebuah bentol…

Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun…

Berikut ini cara tepat…

Penyakit
Komplikasi Luka Bakar Akut…

Waspadai komplikasi luka bakar…

Kulit
Fungsi Suplemen Pelindung Kulit…

Squalene merupakan sebuah senyawa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
5 Penyakit Ini Tanda Peredaran Darah Anda Tidak Lancar

5 penyakit ini tanda peredaran…

Penyakit
Inilah Gejala Penyakit Kelamin Paling Bahaya Pada Wanita

Inilah gejala penyakit kelamin paling…

Penyakit
Awas ! Ini 10 Gejala Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Anda mengalami sakit kepala berkepanjangan…

Kirim Pertanyaan
Top