Khasiat Belerang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda pernah mengunjungi tempat wisata pemandian air panas ? Pemandian panas dikenal mengandung belerang dan biasanya banyak orang yang berkunjung ke sana dan berendam sebagai terapi untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Benarkah ?

Mengetahui Khasiat Belerang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Belerang atau sulfur merupakan jenis mineral alami yang biasanya ditemukan dalam bentuk kristal di pegunungan. Belerang biasanya tidak memiliki rasa, namun sering menimbulkan bau, berbentuk padat, dan dengan warna kekuningan serta tidak larut dalam air. Belerang juga tidak bisa menghantarkan listrik dan tidak bereaksi dengan emas.

 

Kandungan sulfur ini sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Belerang juga diketahui mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit dengan aman. 

Berikut ini merupakan beberapa khasiat belerang untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui, yaitu diantaranya :

  • Mengangkat sel kulit mati

Eksfoliasi merupakan teknik yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi biasanya menggunakan scrub garam atau gula atau produk eksfoliator yang mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) atau asam salisilat. 

Selain digunakan pada produk antijerawat, ternyata belerang juga digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi. Sulfur bersifat keratolitik, yaitu adpat mengupas laposan kulit luar sehingga cocok digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Seorang juru bicara untuk merek perawatan kulit mewah Gazelli menambahkan jika belerang digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengontrol dermatitis. 

  • Menjaga kebersihan pori-pori dan mencegah jerawat

Kotoran dan minyak berlebih bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa produk antijerawat biasanya mengandung sulfur. Mineral alami berbau menyengat ini bisa membunuh bakteri yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori kulit. 

Selain itu, belerang juga bisa mengurangi penumpukan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori. Belerang biasanya terdapat pada produk kosmetik untuk jerawat ringan. 

Sulfur juga dianggap lebih ringan dibandingkan dengan benzoil proksida untuk mengobati jerawat. Benzoil peroksida cenderung menimbulkan reaksi alergi, iritasi, atau kulit terkelupas. 

  • Mencegah penuaan kulit

Untuk menjaga kekenyalan kulit, Anda harus bisa memenuhi kebutuhan kolagen. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, produksi kolagen jadi berkurang dan kulit jadi kering, kendur, dan juga mulai berkerut. Terlebih lagi jika kulit terus terpapar polusi dan juga sinar matahari, kulit akan lebih cepat menua.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena penuaan bisa dicegah atau diperlambat dengan produk antiaging. Belerang ini sering ditambahkan pada produk-produk peremajaan tersebut. Belerang diketahui bisa membunuh bakteri yang merusak kulit sekaligus merangsang produksi kolagen. 

  • Dimanfaatkan sebagai obat eksim dan rosacea

Eksim dan rosacea merupakan penyakit kulit yang mengakibatkan kulit kemerahan, gatal, dan iritasi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, obat berbasis sulfur sering kali diresepkan sebagai pengganti antibiotik penyakit rosacea. Belerang yang bersifat antiradang di kulit bisa mengatasi gejala rosacea.

Selain rosacea, belerang juga bisa menjadi obat eksim yang paling direkomendasikan. Belerang yang bersifat terapeutik bisa mengurangi gejala eksim seperti kulit kering, bercak gatal, dan juga peradangan. 

  • Mengatasi ketombe

Selain digunakan untuk merawan kesehatan dan kecantikan kulit wajah, belerang juga bisa dijadikan sebagai solusi perawatan untuk kulit kepala yang berketombe. Sulfur bisa membantu kulit kepala yang berkerak agar lebih terkelupas serta meningkatkan tekstur, kekenyalan, dan kemilau rambut.

Nah, itulah beberapa kahsiat belerang yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Walaupun begitu, Anda tidak boleh menggunakan belerang secara sembarangan. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan belerang. Hal ini disebabkan karena semua orang belum tentu cocok dengan mineral yang satu ini. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 15 September 2018 10:58:45

Related Post :
Kesehatan
Jenis Pengobatan Gagal Ginjal…

Selain mengonsumsi obat-obatan, juga…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Petai…

Kandungan dan manfaat petai…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Rambut…

Cara ampuh mengatasi rambut…

Manfaat
Kandungan Manfaat Buah Kesemek…

Di beberapa daerah Indonesia…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Mencegah penyakit liver tidak…

Kesehatan
Pernah Mimpi Basah? Ketahui…

Pernah Mimpi Basah? Ketahui…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top