Vitamin Untuk Menjaga Fungsi Otak Dan Sistem Saraf

Share dan Tag Temanmu di :

Methylcobalamin, vitamin untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

Methylcobalamin adalah bentuk kimia dari vitamin B12, yaitu sebuah vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam membentuk darah serta menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Obat yang juga di sebut dengan mecobalamin ini berfungsi mengobati gangguan yang di sebabkan defisiensi vitamin B12 seperti pada kondisi neuropati diabetes, anemia megaloblastik (anemia pernisiosa), neuropa tiperifer, serta pengobatan awal sclerosis lateral amiotrofik.


Obat yang tergolong obat resep ini, tersedia dalam bentuk ampul suntikan dan kapsul serta bisa di konsumsi dewasa maupun anak-anak. Perempuan yang sedang hamil boleh mengonsumsi methylcobalamin hanya atas anjuran dokter. Penggunaan obat ini tidak dianjurkan untuk ibu menyusui. Harap waspadai jika obat ini dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi, gangguan saluran pernafasan seperti paru-paru, terpapar merkuri atau senyawa yang mengandung merkuri, gangguan pada jantung atau pembuluh darah, sedang menjalani pengobatan penyakit lain di waktu yang bersamaan, dan menderita alergi terhadap obat-obatan.

Hentikan penggunaan jika tubuh tidak merespon setelah mengonsumsi vitamin untuk menjaga otak dan sistem saraf ini selama berbulan-bulan. Jika over dosis terjadi, segera hubungi dokter. Mengenai dosis methylcobalamin, berikut akan kami jelaskan sesuai dengan kondisi penyakit.

- Untuk neuropati perifer, dosis biasanya 500 mcg lewat suntikan sebanyak tiga kali per minggu atau 750 sampai 1500 mcg per hari jika obat berbentuk tablet yang dibagi menjadi 3 dosis.

- Untuk anemia megaloblastik, dosis biasanya sebanyak 500 mcg lewat suntikan tiga kali per minggu selama 2 bulan atau jika berbentuk tablet dosisnya sebanyak 1500 mcg per hari di bagi dalam 3 dosis. Untuk pemeliharaan, dosisnya 500 mcg lewat suntikan setiap 1 sampai 3 bulan.

Konsumsi methylcobalamin dengan benar. Selama mengonsumsi obat ini, hindari penggunaannya bersamaan dengan kloramfenikol, aminoglikosida, asam folat, kolkisin, metformin, antagonis reseptor H2, antikonvulsan, asam aminosalisilat, serta alkohol. Biasakan untuk membaca keterangan yang tertera pada kemasan untuk mengetahui lebih banyak mengenai obat ini beserta efek sampingnya. Upayakan untuk mengonsumsi obat ini di waktu yang sama setiap hari untuk mengingat waktu minum obat.

Pasien yang lupa mengonsumsi methylcobalamin sebaiknya segera mengonsumsinya begitu ingat jika jadwal minum selanjutnya tidak terlalu dekat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis methylcobalamin di jadwal selanjutnya untuk mengganti dosis yang terlupa. Kenali efek samping methylcobalamin seperti sakit kepala, hipersensitivitas, berkeringat, terjadi pengerasan di sekitar area injeksi, rasa nyeri, mual, rasa panas dan kemerahan padakulit wajah, demam, muntah, hilang nafsu makan, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

By Nida Saripah - Obat Kimia Sabtu, 03 September 2016 11:15:42

Related Post :
Alami
Obat Rematik Alami dari…

obat rematik alami kronis…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi…

Tekanan pekerjaan dan aktivitas…

Agen
Aryanto Herbal Walatra Gamat…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci…

Bahaya mengonsumsi leci saat…

Ibu Dan Anak
Waspada! Memar pada Anak…

Bunda jangan biarkan lebam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit TBC Rifampicin

Obat antibiotik untuk penyakit TBC…

Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah Kesuburan Pada Pria

Testosterone obat untuk masalah kesuburan…

Obat Kimia
Obat Bacitracin Pencegah Infeksi Bakteri Pada Luka Ringan

Obat Bacitracin Pencegah Infeksi Bakteri…

Kirim Pertanyaan
Top