Cara Mengatasi Ulu Hati Terasa Panas Terbakar Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda pernah merasakan perut bagian tengah atas terasa sakit yang disertai dengan mual dan perut kembung? Mungkin Anda mengalami nyeri ulu hati. Kondisi ini cukup mengganggu penderitanya dan bisa menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya. Nyer ulu hati bisa terjadi dalam kondisi yang ringan, namun juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius yang perlu diobati. 

Nyeri ulu hati (heartburn) yang diikuti rasa panas terbakar di sepanjang tenggorokan merupakan gejala umum dari masalah asam lambung GERD. Ini merupakan suatu kondsii dimana asam dari lambung naik ke keringkongan, sehingga terkadang bisa menimbulkan rasa terbakar pada daerah leher hingga dada. 

Nyeri ulu hati ini bisa diatasi dengan obat maag seperti antasida, namun ada berbagai cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi ulu hati terasa panas terbakar sebelum Anda minum obat.


Cara Mengatasi Ulu Hati Terasa Panas Terbakar Tanpa Obat

Obat-obatan, seperti obat pereda nyeri ulu hati merupakan salah satu langkah pengobatan efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi ulu hati terasa panas terbakar. Namun, alangkah baiknya jangan Anda langsung jadikan cara ini sebagai langkah pertolongan pertama untuk mengatasi ulu hati terasa panas terbakar. Penggunaan obat antasida berkepanjangan bisa meningkatkan risiko efek sampjng yang sebenarnya bisa dihindari. 

Sebelum minum obat, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi ulu hati terasa panas secara efektif tanpa obat berikut ini :

  • Berdiri tegak

Postur tubuh yang buruk, misalnya terlalu membungkuk, bisa ikut memperburuk sensasi perih di ulu hati. Bahkan, bisa membuatnya sulit hilang. Jadi, ketika gejala maag mulai t imbu, cobalah untuk duduk lebih tegak atau sekalian saja langsung berdiri tegak. 

Berdiri tegak bisa meringankan tekanan pada pada otot cincin (sfingter) yang membatasi kerongkongan dan lambung, sehingga menghambat asam lambung naik ke atas. 

  • Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Nyeri ulu hati bisa timbul kapan pun, bahkan menjelang tidur. Agar Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggun dengan nyeri ulu hati, cobalah tidur dengan posisi badan miring ke kiri sambil kepala disangga 2 bantal. 

Sebuah penelitian dalam The Journal of Clinical Gastroenterology melaporkan jika tidur miring ke kiri merupakan posisi terbaik bagi penderita masalah pencernaan seperti GERD. 

Ketika Anda tidur miring ke sisi kiri, maka persimpangan yang membatasi lambung dan kerongkongan akan tetap berada di atas cairan asam lambung. Menyangga kepala lebih tinggi dari pinggang juga bisa membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

  • Kunyah permen karet

Sebuah studi yang diterbitkan dalam World Journal of Gastrointestinal Pharmacology and Therapeutic menyatakan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa membantu mengurangi sensasi panas di dada. 

Permen karet dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat mengencerkan asam lambung dan membantu menetralkan pH lambung. 

  • Melonggarkan pakaian yang menekan perut

Sensasi nyeri ulu hati ketika GERD kambuh bisa terasa semakin parah dan menyesakkan dada  jika Anda masih menggunakan pakaian yang serba ketat. Maka dari itu, ketika perut sudah mulai terasa tidak nyaman, segera longgarkan pakaian yang Anda gunakan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa langsung menggantu dengan baju yang lebih longgar. 

Selain itu, sebaiknya Anda juga jangan langsung tidur setelah makan. Pasalnya langsung berbaring setelah makan bisa memicu timbulnya nyeri ulu hati, terutama ketika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar. Selain itu, selalu jaga pola makan Anda agar nyeri ulu hati tidak kembali kambuh. 

Jika beberapa cara tersebut tidak dapat membantu mengurangi nyeri ulu hati, maka segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 21 September 2018 08:28:50

Related Post :
Obat Cina
Khasiat Jamu Kapsul Montalin…

Kapsul montalin salah satu…

Penyakit
Waspada! Ini Jenis-Jenis Penyakit…

Waspada! Inilah jenis-jenis penyakit…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Penyakit
Waspadai Hepatitis C Pemicu…

Waspadai hepatitis C yang…

Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala…

Waspada! inilah berbagai gejala…

Kesehatan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mencegah dan Mengobati Komedo Di Kulit Wajah

Komedo merupakan salah satu masalah…

Tips
Hindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung Berikut

Menghindari makanan pemicu naiknya asam…

Tips
Susah Tidur? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cara mengatasi susah tidur secara…

Kirim Pertanyaan
Top