Mengetahui Jenis-Jenis Protein Bubuk serta Manfaatnya

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi Anda yang sedang melakukan olahraga untuk membangung otot, pasti sudah tidak asing lagi dengan protein bubuk atau whey protein. Hal ini memang diperlukan untuk mendukung perkembangan otot lebih cepat. Mengonsumsi protein bubuk juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. 

Protein merupakan makronutrien penting yang bekerja membantu membangun otot, memperbaiki jaringan, membuat enzim dan hormon. Mengonsumsi protein bubuk juga diketahui bisa membantu menurunkan berat badan dan meregangkan otot. 

Terdapat beragam jenis protein bubuk, dan yang paling terkenal adalah protein bubuk yang berbasis susu dan nabati. Manfaatnya bagi kesehatan juga bisa bermacam-macam. 


Mengetahui Jenis-Jenis Protein Bubuk

Whey adalah suplemen protein bubuk yang paling populer dan salah satu yang cederung menjadi fokus pada para peneliti. Namun, ini bukanlah satu-satunya jenis protein bubuk. Ada beberapa jenis protein bubuk lainnya yang bisa dijadikan pilihan, diantaranya yaitu :

  • Whey, protein susu yang larut dalam air ini cukup populer di kalangan atlet. Protein bubuk ini mengandung semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh manusia dan lebih mudah serta cepat diserap oleh tubuh. 
  • Kasein, jenis protein ini kaya akan kandungan glutamin, yaitu asam amino yang bisa mempercepat pemulihan otot setelah latihan. Kasein berasal dari susu, sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh vegetarian dan orang-orang yang memiliki alergi susu. Khusus kasein, waktu terbaik untuk mengonsumsinya yaitu di malam hari. Hal ini disebabkan karena tubuh mencerna protein ini lebih lambat.
  • Kedelai, protein bubuk kedelai merupakan alternatif yang sangat baik untuk whey atau kasein bagi mereka yang tidak mengonsumsi susu. Anda tidak perlu khawatir, karena kedelai juga mengandung semua asam amino esensial.
  • Kacang, Banyak bubuk protein nabati mengandung protein kacang, yang merupakan alternatif berkualitas tinggi untuk protein berbasis kedelai atau susu. Pasalnya, protein kacang merupakan sumber yang baik dari asam amino ariginin. 

Protein bubuk memiliki harga dan kualitas yang bervariasi. Namun sayangnya, Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) tidak mengatur jenis suplemen ini. Padahal, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, menemukan banyak protein bubuk yang laris dipasaran ternyata mengandung logam berat seperti timbal, kadmium, dan arsenik. 

Maka dari itu, Anda harus selalu berhati-hati saat membeli produk bubuk protein. Dan sebaiknya pilihlah produk hanya dari pemasok yang memiliki reputasi baik. 

Manfaat Mengonsumsi Protein Bubu Bagi Tubuh

Protein merupakan salah satu zat yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan kulit. Berikut ini merupakan beberapa manfaat protein bubuk yang bisa Anda dapatkan, diantaranya yaitu :

  • Menunjang pertumbuhan otot

Protein sangat penting untuk membantu pertumbuhan otot. Banyak atlet dan penggemar olahraga yang mengonsumsi protein shake dari protein bubuk karena mereka percaya jika minuman ini bisa membantu membentuk otot setelah melakukan latihan kekuatan. 

Pada tahun 2018 juga pernah dilakukan analisis soal 49 studi yang mendukung penggunaan suplementasi protein untuk tujuan ini. Penelitian menunjukkan jika suplemen protein dapat meningkatkan ukuran dan kekuatan otot pada orang dewasa yang melakukan latihan ketahanan, seperti angkat beban secara signifikan. 

Suplementasi protein sama efektifnya pada pria dan wanita. Namun, efektivitasnya bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pasalnya, orang dewasa yang lebih tua memiliki kebutuhan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang masih muda. Para peneliti juga mencatat bahwa sekali protein melebihi 1,6 gram/kilogram berat badan atau 0,73 gram per 2 kg berat badan, maka para peserta tidak akan mendapatkan manfaat tambahan. 

  • Memulihkan otot setelah latihan

Selain memberikan kontribusi untuk pertumbuhan otot, asupan protein bubuk juga bisa membantu memperbaiki otot dan jaringan yang rusak. Maka dari itu, banyak atlet yang menggunakan bubuk protein untuk mempercepat pemulihan dari nyeri otot setelah olahraga.

Banyak penelitian yang melaporkan jika mengonsumsi suplemen protein setelah olahraga bisa membantu pemulihan dengan mengurangi kerusakan otot serta meningkatkan kinerja otot dan sintesis protein otot. 

  • Menjaga berat badan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka Anda akan makan dengan porsi yang lebih kecil dan lebih jarang ngemil. Hal inilah yang kemudian bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap di batas aman. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 melaporkan bahwa suplementasi dengan protein whey bisa mengurangi berat badan dan massa lemak total pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Protein bubuk juga bisa mengurangi tekanan darah, kolesterol total, dan faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskulas. 

  • Nutrisi tambahan

Asupan protein harian yang direkomendasikan untuk orang yang berusia 19 tahun ke atas adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Orang yang merasa sulit untuk memenuhi jumlah ini seperti vegetarian, mungkin menemukan bahwa protein bubuk memberikan solusi yang mudah untuk masalah ini. 

Atlet angkat berat, orang dewasa, dan orang yang mengidap penyakit kronis mungkin perlu mengonsumsi protein melebihi rekomendasi asupan protein pada umumnya. Pasalnya, penelitain menjelaskan jika atlet dengan waktu latihan yang intens direkomendasikan untuk mengonsumsi protein mulai dari 1,4 sampai 2,0 gram per total berta badan. Angka ini setara dengan 111-159 gram per hari untuk orang yang memiliki berat 175 lbs atau setara dengan 79 kg.

Nah, itulah jenis-jenis protein bubuk serta manfaatnya yang bisa didapatkan. Protein bubuk bisa menjadi suplemen yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama untuk atlet, orang dewasa, dan vegetarian. Namun, tidak semua orang membutuhkan protein ekstra. Mereka yang melakukan diet dengan mengonsumsi menu daging, ikan, susu, dan telur serta tidak melakukan latihan beban berat tidak perlu mengonsumsinya. 

Perlu diingat, Anda harus berhati-hati saat memilih produk protein bubuk. Pilihlah produk berkualitas tinggi dan konsultasikan keinginan Anda tersebut denagn dokter atau ahli diet sebelum mengonsumsinya sebagai suplemen. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 22 September 2018 13:20:12

Related Post :
Tips
Cara Mengeluarkan Mata Bisul…

Semoga setelah anda mengetahui…

Manfaat
Ini Beragam Manfaat Buah…

Inilah beragam manfaat dan…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah…

Perawatan rambut rusak parah…

Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab…

Mengetahui 4 kebiasaan buruk…

Alami
Obat Kista Rahang Alami…

Obat kista rahang alami…

Kesehatan
Awas! Jangan Konsumsi Minuman…

Ada beberapa jenis minuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah kedondong…

Manfaat
Inilah Khasiat Menakjubkan Kunyit Bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Manfaat
10 Khasiat Menakjubkan Rimpang Bangle Untuk Kesehatan

Berikut ini khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top