Cara Aman Menghilangkan Tato Permanen Secara Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Jika dulu tato dianggap sesuatu yang menyeramkan dan naegatif, namun kini tato sudah menjadi sebuah karya seni yang sudah umum di masyarakat. Trend tato juga semakin meluas setiap harinya. Selain itu, prosedur pembuatan tato saat ini juga semakin canggih dan tidak semenyakitkan dulu. Hal ini juga lah yang membuat banyak orang penasaran untuk menato tubuhnya. 

Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu dipikirkan sebelum membuat tato permanen. Pasalnya tidak jarang ditemukan kasus dimana hasil tato yang kurang memuaskan atau hal lainnya. Sehingga mau tidak mau Anda harus mencari cara untuk menghilangakn tato permanen tesebut. 

Berbeda halnya dengan tato temporer yang bisa dihapus dengan mudah atau bisa hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu, penghapusan tato permanen memerlukan waktu yang lama dan juga prosedur yang cukup rumit. 

Ada beberapa alasan mengapa tato sangat sulit dihilangkan. Warna tinta tato juga sangat mempengaruhi bagaimana tato akan memudar. Tinta tato yang berwarna biru gelap dan hitam paling mudah untuk dihilangkan, sedangkan yang berwarna hijau dan kuning cenderung sulit untuk dihilangkan. Biasanya akan memerlukan waktu untuk beberapa kali perawatan untuk menghilangkannya atau mencoba cara lain untuk menghilangkan tato. 


Cara Aman Menghilangkan Tato Permanen Secara Medis

Untuk menghilangkan tato permanen, sebaiknya dilakukan dengan bantuan dokter. Namun, jangan berekspektasi secara berlebihan karena tato bertujuan untuk melekat secara permanen di kulit. Seringkali warna kulit tidak bisa kembali seperti sebelumnya, meskipun terkadang ada pasien yang mendapatkan hasil yang cukup baik setelah proses penghapusan dilakukan. 

Ada beberapa cara menghilangkan tato permanen secara medis yang aman untuk dilakukan, yaitu :

  • Operasi pengangkatan jaringan kulit

Pada prosedur ini, sebuah pisau digunakan untuk menyayat dan mengangkat area kulit yang bertato. Setelah itu, tepi kulit sayatan disatukan dan dijahit agar kembali merekat. Sebelumnya, area kulit dibuat mati rasa dengan suntikan obat bius lokal. 

Setelah operasi dilakukan, area sayatan diberi salep antibakteri untuk membantu proses penyembuhan. Metode ini dianggap efektif dalam menghilangkan tato, namun bisa menimbulkan bekas luka pada kulit sehingga biasanya operasi pengangkatan jaringan kulit ini hanya dilakukan utnuk menghilangkan tato permanen yang berukuran kecil. 

  • Teknik laser

Melalui teknik ini, warna tato akan dipecah menggunakan sinar dengan intensitas tinggi. Ada banyak jenis laser yang bisa digunakan untuk menghilangkan tato. Setiap jenis memiliki manfaat yang berbeda-beda, sepeti YAG dan Q-switched ruby yang hanya efektiff untuk menghilangkna tato berwarna biru-hitam dan merah. Jenis ini kemungkinan tidak bisa menghapus tato berwarna hijau. 

Proses awal menghilangkan tato dengan laser yaitu menjadikan kulit mati rasa dengan suntikan obat bius lokal. Kemudian, alat laser ditempelkan pada tato untuk memanaskan dan menghancurkan tinta tato. 

Setelah proses laser selesai, kemungkinan kulit akan mengalami pembengkakan, melepuh, atau pendarahan. Namun, kondisi tersebut bisa diatasi dengan salep antibakteri. Anda memerlukan perawatan laser berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa 2-4 kali perawatan atau bahkan 10 kali, tergantung dari warna dan ukuran tato itu sendiri. 

  • Dermabrasi

Cara ini dilakukan dengan menggunakan perangkat yang memiliki roda atau sikat abrasive yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi. Kemudian, kulit bertato diampelas hingga ke lapisan kulit lebih dalam menggunakan roda atau sikat tersebut. Proses ini bertujuan untuk memudarkan warnanya. Sebelumnya area kulit yang bertato akan dibuat mati rasa agar tidak terasa sakit. 

Sayangnya, karena hasil yang tidak bisa dipastikan, teknik dermabrasi ini kurang digemari saat ini. Selain itu, kedua metode sebelumnya juga dianggap lebih efektif dibandingkan dengan dermabrasi. Jika Anda berniat ingin menghilangkan tato permanen, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu hal ini dengan dermatolog atau dokter spesialis kulit. Tanyakan mengenai metode apa yang tepat untuk jenis tato Anda beserta harganya. 

Biaya penghapusan tato umumnya cukup tinggi karena prosesnya yang sulit. Agar tetap aman, sebaiknya hindari cara menghilangkan tato permanen ala rumahan seperti menggunakan rokok atau gantungan bahu yang dipanaskan.  Selain itu, juga hindari penggunaan krim pengelupas tato. 

Cara-cara tersebut kemungkinan tidak efektif untuk menghilangkan tato dan bisa menyebabkan kulit teriritasi atau menyebabkan reaksi berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Rabu, 26 September 2018 09:42:41

Related Post :
Tips
Tips Dan Cara Melentikan…

Selain dengan cara tradisional…

Kesehatan
Mengejutkan! Ini Manfaat Sehat…

Bukan hanya digunakan berpasangan…

Ibu Hamil
Dampak Dan Bahaya Mendengkur…

Dampak dan bahaya mendengkur…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik…

Berikut adalah berbagai macm…

Penyakit
Bisul Sering Muncul Secara…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Tips
Pengobatan Rumahan untuk Ringankan…

Mata bengkak bisa disebabkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Lakukan Cara Ini Agar Uban Tidak Cepat Muncul

Seiring bertambahnya usia dapat terjadi…

Tips
Cara Minum Jelly Gamat Luxor Untuk Sakit Maag Yang Tepat

Informasi seputar aturan dan cara…

Tips
Tips Diet Sehat Alami Tanpa Obat

Memiliki badan ideal adalah dambaan…

Kirim Pertanyaan
Top