Tips Mudah Atasi Kaki Bengkak Secara Cepat dengan Bahan Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Mengalami pembengkakan pada bagian kaki merupakan hal yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun. Kondisi ini bukanlah suatu penyakit, tetapi termasuk gejala dasar daru suatu masalah kesehatan. Biasanya kaki bengkak timbul ketika ada cairan yang menumpuk di dalam jaringan-jaringan sehingga menyebabkan kaki mengalami pembengkakan atau disebut juga dengan edema. 

Kondisi ini tentu bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Jangankan untuk berjalan, sekedar menggerakkan kaki saja mungkin bisa membuat Anda kesakitan. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kaki bengkak, seperti diantaranya kegemukan, kehamilan, terlalu lama berdiri, penuaan, cedera, sindrom pra menstruasi, kurang aktif secara fisik, kurang  nutrisi, dan memiliki aliran darah yang kurang baik. 

Tidak hanya itu, mereka yang mengidap penyakit diabetes, jantung, dan ginjal juga memiliki risiko mengalami pembengkakan pada kaki. Sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter, Anda bisa mencoba mengatasi kaki bengkak dengan beberapa pilihan bahan alami berikut ini. Simak uraian lengkapnya disini !


Tips Atasi Kaki Bengkak Secara Cepat dengan Bahan Alami

Pembengkakan pada kaki terjadi karena tubuh menyimpan cairan berlebih di kaki bagian bawah atau pergelangan kaki. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. 

Itulah sebabnya mengapa kaki bengkak tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengatasinya, karena sebenarnya bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kaki bengkak secara mudah, yaitu diantaranya :

  • Air putih

Kaki bengkak memang bisa disebabkan karena adanya penumpukan cairan dalam kaki. Namun, jika Anda menahan diri untuk minum air karena takut kaki semakin bengkak, justru Anda bisa berisiko mengalami dehidrasi. 

Kekurangan cairan tubuh bisa menghambat aliran oksigen menuju kaki dan memperparah peradangan. Itulah mengapa Anda justru disarankan banyak minum untuk mengurangi nyeri yang timbul akibat kaki bengkak. 

Penuhilah kebutuhan cairan harian Anda dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Hal ini bisa membantu mengeluarkan zat racun, kelebihan garam, dan cairan yang menyebabkan kaki bengkak. 

  • Cuka apel

Khasiat cuka apel telah terbukti baik bagi kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi kaki bengkak. Kandungan kalium yang terkandung didalam cuka apel bisa mengurangi retensi cairan yang menjadi penyebab kaki bengkak. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan cuka apel ke dalam aiar hangat dengan perbandingan 1 : 1, kemudian rendam handuk ke dalam larutan tersebut. Tempelkan handuk hangat ke bagian kaki yang bengkak hingga nyerinya berkurang. 

Atau Anda juga bisa meminum campuran 2 sendok makan cuka apel dengan segelas air dan madu. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur untuk mempercepat pemulihan. 

  • Jahe

Jahe merupakan bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kaki bengkak. Hal ini disebabkan jahe memiliki sifat diuretik alami (pendorong produksi air seni). Jahe bisa membantu mengencerkan sodium yang merupakan faktor utama dibalik pembengkakan yang timbul di kaki. Selain itu, kemampuan anti inflamasi yang dimiliki jahe juga bisa membantu mengurangi bengkak di kaki.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu pijat kaki dengan minyak jahe beberapa kali dalam sehari. Anda juga bisa meminim 2-3 gelas teh jahe atau mengunyah beberapa irisan jahe secara langsung. 

  • Makanan sumber kalium

Kekurangan kalium bisa memicu tekanan darah tinggi dan penumpukan cairan dalam tubuh (retensi air). Akibatnya, Anda akan lebih mudah mengalami kaki bengkak jika kebutuhan kalium harian tidak terpenuhi.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan kalium, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa jenis makanan, diantaranya ayam, pisang, ubi jalar, salmon, jus jeruk, dan susu rendah lemak. 

Jika Anda memiliki masalah pada ginjal atau penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

  • Makanan sumber magnesium

Ketika kaki mengalami pembengkakan, bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa Anda mengalami kekurangan magnesium. Untuk mengatasinya, segera penuhi kebutuhan kebutuhan magnesium harian Anda dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan magnesium, seperti tahu, bayam, brokoli, kacang mede, alpukat, kacang almond, dan coklat hitam. 

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya dokter akan meresepkan suplemen magnesium dengan dosis 200 hingga 300 miligram per hari untuk membantu mengatasi kaki bengkak. Namun, suplemen ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal atau penyakit jantung. 

  • Garam epsom

Garam epsom merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kaki bengkak. Hal ini disebabkan karena jenis garam yang satu ini bisa mendorong zat racun dalam tubuh sekaligus melancarkan aliran darah di kaki. 

Kandungan magnesium sulfat yang ada didalamnya akan meresap ke dalam pori-pori kulit dan perlahan mengurangi peradangan.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu campurkan setengah gelas atau sekitar 115 gram garam epsom ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki yang bengkak selama 15 sampai 20 menit. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Itulah beberapa tips atasi kaki bengkak secara mudah dan cepat dengan manfaat alami yang bisa dilakukan. Selain dengan memanfaatkan bahan alami tersebut, Anda juga bisa membantu mengatasi kaki bengkak dengan cara memposisikan kaki di atas posisi jantung. Misalnya mengganjal kaki dengan bantal ketika tidur malam. 

Juga batasi asupan garam dan kafein yang bisa memicu kaki bengkak. Ketika Anda harus duduk dalam waktu lama, usahakan untuk berdiri dan berjalan sebentar untuk mencegah kaki bengkak. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Kamis, 27 September 2018 09:57:36

Related Post :
Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh…

Makanan ini tidak boleh…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan…

berikut adalah langkah dan…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Hindari makanan dan minuman…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Bayi Tidak…

Waktu memandikan bayi merupakan…

Kesehatan
Dampak Penggunaan Heroin Bagi…

Heroin merupakan salah satu…

Kesehatan
Mengenal Diet DASH Atau…

Diet dash untuk penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Pentingnya untuk melakukan tips menjaga…

Tips
Cara Efektif Menurunkan Kadar Kreatinin Tinggi di Rumah

Kadar kreatinin tinggi dalam tubuh…

Kirim Pertanyaan
Top