Benarkah Minum Air Lemon Bisa Memperparah Gejala Maag?

Share dan Tag Temanmu di :

Pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup sehat sering kali menjadi penyebab utama dari timbulnya penyakit maag. Maag sendiri merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan karena adanya luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. 

Kondisi tersebut tentu akan membuat penderitanya tidak nyaman dan juag bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk membantu mengobati penaykit maag, mengonsumsi obat merupakan pilihan utama yang cukup banyak dipilih. Disamping itu, penderita juga harus mengatur pola makan dan menghindari berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa memicu timbulnya penyakit maag.

Selain mengonsumsi obat maag dan memperbaiki pola makan, tidak sedikit orang yang percaya bahwa minum air lemon juga bisa membantu meredakan gejala maag, walaupun rasanya cenderung asam. Disebutkan jika air lemon memiliki efem alkalizing atau bisa menetralisir asam lambung. Sayangnya, penelitian yang dilakukan baru-baru ini mengungkapkan fakta sebaliknya, yaitu minum air lemon bisa memperparah gejala maag. Benarkah ?


Dampak Minum Air Lemon Bagi Penderita Maag

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penderita maag harus pintar dalam mengatur pola makan, salah satunya yaitu dengan menghindari makanan asam. Pasalnya, makanan ataupun minuman asam merupakan musuh terbesar bagi para penderita maag. Dan perlu diingat, lemon termasuk salah satu buah yang memiliki rasa asam, sehingga penderita maag disarankan untuk menghindarinya. 

Seorang dosen farmasi di University of Adelaide, Musgrave, menyebutkan kepada Huffington Pos bahwa belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air lemon bisa mengurangi maag. Justru kandungan asam yang ada pada lemon bisa memperarah refluks asam lambung. 

Naiknya asam lambung merupakan salah satu penyebab utama dari berbagai gangguan pencernaan. Lemon memiliki pH 3 yang artinya, sangat asam, sedangkana ir memiliki pH 7 atau netral. Ketika Anda mengonsumsi air lemon, maka Anda menambah kadar asam ke dalam lambung. 

Semakin tinggi kadar asam pada lambung, maka hal ini justru bisa membuat asam lambung menjadi semakin cepat naik. Hal ini bisa mengikis lapisan lambung yang sudah tipis dan memperparah iritasi. Bukannya meredakan gejala, tetapi justru bisa memperpanjang gejala maag. 

Lalu, apa yang harus dilakukan jika penderita maag ingin minum air lemon?

Agar asam lambung tidak naik dan gejala maag semakin parah, penderita maag memang tidak disarankan untuk minum air lemon. Namun, jika Anda ingin mencoba minum air lemon, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Campurkan 1 sendok makan jus lemon ke dalam segelas air. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar asam dari lemon sebelum diminum.
  • Gunakan sedotan saat minum air lemon, hal ini disebabkan karena kadar asamnya bisa mengikis lapisan enamel gigi.
  • Minum satu tegukan secara perlahan dan lihat reaksi pencernaan Anda. Jika perut mulai terasa perih, maka segera hentikan dan perbanyak minum air putih untuk menetralisir asam lambung.

Jika gejal maag yang Anda alami justru semakin memburuk setelah minum air lemon, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter dan konsumsilah obat maag yang telah diresepkan. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 28 September 2018 09:01:23

Related Post :
Ibu Hamil
Bahaya dan Cara Cegah…

Infeksi saluran kemih pada…

Ibu Hamil
Tips Mencegah Varises Pada…

Tips mencegah varises pada…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Cara Mengubah Fast Food…

Makanan cepat saji memang…

Kewanitaan
Mewaspadai Risiko Penyakit Kanker…

Sama halnya seperti organ…

Penyakit
Cara Mudah Mengetahui Gejala…

Cara mudah mengetahui gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Suka Makan Gorengan? Waspada Dampak Pada Kesehatan Ini

Suka makan gorengan? waspada dampak…

Kesehatan
Kesehatan
Sayur dan Buah yang Baik untuk Mengurangi Mata Minus

Mata minus memiliki tingkat penglihatan…

Kirim Pertanyaan
Top