Inilah Tahapan yang Akan Terjadi saat Anda Mabuk Alkohol

Share dan Tag Temanmu di :

Hampir setiap orang yang biasanya mengonsumsi minuman beralkohol pernah mengalami pusing atau merasakan gangguan lain setelah mengonsumsi minuman tersebut dalam jumlah yang melebihi batas. Namun, selain mabuk, kebiasaan mengonsumsi alkohol ini sebenarnya berdampak sangat luas bagi kesehatan. 

Walaupun begitu, masih banyak saja orang yang rela mabuk alkohol hanya untuk merasakan sensasinya walaupun hanya beberapa saat. Padahal, lama-lama kebiasaan buruk ini bisa menggerogoti tubuh dan memicu berbagai penyakit. Mulai dari hipertensi, gangguang fungsi hati, kerusakan otak, kanker, hingga kematian. 

Lalu, bagaimana rasanya mabuk alkohol ?

Pada awalnya, orang yang mulai mabuk alkohol akan mengalami sensasi tipsy atau kelapa kliyengan. Saking pusingnya, Anda jadi tidak kuat untuk berdiri dan ingin terus duduk untuk mengurangi sensasi berputar di kepala. 

Racun dalam alkohol akan terus masuk ke pembuluh darah dan meracuni tubuh. Biasanya gejala awal mabuk alkohol ini akan timbul pada pria setelah mengonsumsi 2 sampai 3 gelas alkohol. Sedangkan pada wanita, gejala ini akan timbul setelah minum 1 sampai 2 gelas alkohol dalam 1 jam. 


Mengetahui Tahapan yang Akan Terjadi Pada Tubuh saat Mabuk Alkohol

Cepat lambatnya seseorang mengalami mabuk alkohol bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada usia, jenis kelamin, postur tubuh, dan toleransi alkohol. 

Toleransi alkohol sendiri merupakan ketahanan tubuh terhadap alkohol yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Bagi mereka yang terbiasa mengonsumsi miras biasanya akan memiliki toleransi alkohol yang rendah sehingga ia akan minum miras lebih banyak untuk mencapai efek memabukkan yang diincar. 

Terdapat 7 tahapan yang akan terjadi saat mabuk alkohol, yaitu diantaranya :

  • Rileks

Orang yang baru mengonsumsi 1 gelas miras dalam 1 jam biasanya akan merasakan sensasi ketenangan atau rileks. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat alkohol dalam darah (BAC) yang masih sedikit, yaitu sekitar 0,01% sampai 0,05%.

Di tahap ini, para peminum alkohol masih terlihat normal dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Sering kali sensasi rileks dan enteng inilah yang menjadi pemicu untuk mengonsumsi alkohol lebih banyak lagi. Tentu hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan sensasi yang lebih intens, sesuai dengan yang diharapkan.

  • Euforia

Setelah mengonsumsi 2 samapi 3 gelas untuk pria atau 1 sampai 2 gelas untuk wanita dalam 1 jam, mungkin Anda akan mulai merasakan sensasi euforia, nge-fly, atau bahagia berlebihan. Biasanya, kadar BAC-nya mulai bertambah, yaitu sekitar 0,03% sampai 0,12%. 

Orang yang mengalami mabuk alkohol ringan cenderung banyak bicara dan makin percaya diri di depan banyak orang. Mereka bahkan berani mengambil risiko dan tidak malu ketika bertindak di luar batas walaupun dalam kondisi sadar. 

  • Mabuk berat

Seseorang dikatakan mabuk alkohol setelah ia mengonsumsi 3 sampai 5 gelas alkohol untuk pria, dan 2 sampai 4 gelas alkohol untuk wanita dalam 1 jam. Ini terjadi karena hati aatu liver sudah tidak bisa lagi memproduksi enzim alkohol dehidrogenase untuk mengubah alkohol menjadi asetaldehida. 

Jika Anda mengonsumsi alkohol lebih dari kemampuan hati untuk menetralisirnya, maka Anda akan mulai mengalami mabuk alkohol. Biasanya hal ini ditandai dengan perubahan emosi yang tidak stabil, baik jadi lebih mudah senang atau sedih.

Anda juga akan mulai kehilangan konsentrasi dan sulit mengingat semua hal yang terjadi sebelumnya secara perlahan. Pandangan tampak kabr, terasa mudah lelah, hingga mengantuk. Hal ini dipengaruhi oleh kadar BAC dalam darah yang mencapai 0,09% hingga 0,25%.

  • Hilang keseimbangan

Lama-lama, alkohol akan masuk ke dalam pembluh darah dan memengaruhi berbagai fungsi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi alkohol lebih banyak, yaitu 5 gelas alkohol pada pria dan 4 gelas pada wanita, maka fungsi tubuh dan otak akan menurun secara perlahan. 

Ini sering menyebabkan seseorang menjadi sulit berdiri dan berjalan. Padangan pun akan semakin kabur, hitam, dan tidak jelas. Kondisi ini terjadi sebagai pengaruh dari kadar BAC yang semakin meningkat, yaitu 0,18% hingga 0,30%.

  • Pingsan

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka akan semakin kuat pula pengaruh alkohol dalam tubuh. Mabuk alkohol bisa menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi, muntah, kejang, hingga pingsan.

Pada fase ini, Anda sudah tidak bisa lagi merespon semua yang terjadi di sekitar. Tubuh akan sulit untuk digerakkan sehingga tidak bisa berdiri atau berjalan, muka pucat, kulit membiru, hingga mengalami kejang. 

Alkohol akan menekan hormon vasopresin arginin dalam tubuh, yang bertugas untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Tanpa hormon ini, air dalam tubuh akan cepat terkuras dan membuat seluruh organ mengalami dehidrasi, termasuk pada otak. Alhasil, Anda akan merasakan sensasi nyeri hebat di kepala. 

Dampak fatalnya, Anda bahkan tidak bisa bernapas dengan normal. Hal ini bisa menjadi pertanda bahaya dan perlu segera ditangani dokter untuk menyelamatkan nyawa Anda.

  • Koma

Mabuk alkohol juga bsia membuat Anda mengalami koma. Kondisi ini bisa terjadi setelah Anda minum alkohol dalam jumlah yang banyak hingga kadar BAC dalam darah mencapau\i 0,35% sampai 0,45%.

  • Kematian

Tubuh sudah tidak mampu lagi mentoleransi kadar alkohol yang ada di pembuluh darah. Semua organ tubuh sudah rusak karena diracuni oleh alkohol, mulai dari jantung, pankreas, hati, hingga usus. Jika kadar BAC mencapai 0,45% atau lebih, maka seseorang bisa mengalami kematian akibat keracunan alkohol. 

Itulah beberapa tahapan yang akan terjadi saat Anda mabuk alkohol. Setelah mengetahui informasi tersebut, apakah Anda masih akan mengonsumsi alkohol ?

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 04 Oktober 2018 09:30:01

Related Post :
Penyakit
Ketahui Penyebab Bicara Gagap…

Penyebab bicara gagap pada…

Penyakit
Gejala Dan Pengobatan Kanker…

Sangat penting mengenal kanker…

Obat Kimia
Obat Infeksi Virus Herpes…

Obat Infeksi Virus Herpes…

Penyakit
Faktor Resiko Autoimun Yang…

Penyakit autoimun adalah penyakit…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan…

Anak yang memiliki berat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Kanker Payudara

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Daftar makanan yang baik untuk…

Kirim Pertanyaan
Top