Mengetahui Manfaat Minum Wine Bagi Kesehatan serta Dampaknya

Share dan Tag Temanmu di :

Minuman beralkohol, termasuk wine, bukanlah salah satu minuman yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang menyukai atau pernah mengonsumsi minuman ini. Wine merupakan minuman fermentasi dari buah anggur dengan rasa khas, yang tidak bisa ditemukan pada minuman lainnya. 

Perlu diketahui, ternyata wine sudah dikonsumsi sejak berabad-abad lalu untuk mengatasi berabgai kondisi medis. Bahkan para biarawan di abad pertengahan dipercaya dapat hidup panjang umur karena minum wine (dalam jumlah tertentu) secara rutin. Hingga saat ini banyak penelitian yang juga mendukung manfaat wine untuk kesehatan. 


Manfaat Minum Wine Bagi Kesehatan serta Dampaknya yang Perlu Diketahui

Wine termasuk minuman yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Walaupun demikian, minuman ini mengandung alkohol sekitar 14%-20%. Sebagaimana pedang bermata dua, mengonsumsi wine dalam jumlah yang tepat bisa meningkatkan kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa merugikan kesehatan.

Sebenarnya tingkat konsumsi wine yang sesuainya berbeda pada setiap orang. Hal ini disebabkan karena gaya hidup orang yang mengonsumsi wine juga berbeda, mulai dari tingkat aktivitas yang dilakukan dan juga makanan yang dikonsumsi. 

Secara umum, konsumsi wine yang dianggap sedang atau rata-rata untuk pria adalah 2 gelas wine yang masing-masing berisi sekitar 150 ml per hari. Sedangkan untuk wanita disarankan hanya memiminum 1 gelas per hari.

Kebaikan Wine Bagi Kesehatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wine memiliki manfaat untuk kesehatan. Banyak studi yang menyebutkan jika kandungan resveratol yang terdapat didalam wine-lah yang berperan dalam memberikan manfaat bagi tubuh. 

Resveratol merupakan suatu senyawa polifenol yang terdapat dalam tumbuhan dan bisa melindungi tubuh dari infeksi bakteri, jamur, dan paparan buruk sinar ultraviolet. Resveratol dalam wine berasal dari kulit anggur merah. Selain itu, blueberry, cranberry, dan beberapa jenis kacang-kacangan juga kaya akan kandungan resveratol.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat wine bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa mereka yang meminum segelas wine sehari bisa mengurangi risiko infeksi bakteri Helicobacter pylori sekitar 11%. Bakteri ini bisa menyebabkan gastritis, ulkus di lambung, dan kanker perut. bahkan setengah gelas wine bisa melindungi seseorang dari keracunan makanan karena kuman seperti salmonella.

  • Menguatkan daya ingat

Kandungan resveratol yang ada didalam wine dipercaya bisa meningkatkan tingkat heme oksigen di dalam darah, dan melindungi sel saraf di otak dari kerusakan. Disamping itu, kandungan resveratol pada wine juga bisa membantu mengurangi amyloid-beta peptides yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

The Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan, konsumsi wine dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan aliran darah ke otak sebesar 30%. Hal ini membuat kesehatan sel saraf di otak tetap terjaga.

  • Mengurangi risiko depresi

Beberapa universitas di Spanyol melaporkan pada jurnal BMC Medicine, bahwa mengonsumsi wine bisa mengurangi risiko depresi. Penelitian ini melibatkan sekitar 2.683 laki-laki dan 2822 perempuan dengan usia 55 sampai 80 tahun dan penelitian berlangsung selama lebih dari 7 tahun, menunjukkan bahwa perempuan dan laki-laki yang minum 2 sampai 7 gelas wine per minggu kecil kemungkinan didiagnosis mengidap depresi.

  • Menurunkan risiko sakit jantung

Red wine ataupun white wine memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan flavonoid. Senyawa ini merupakan antioksidan yang memiliki efek melindungi organ jantung dari dampak buruk radikal bebas. 

Flavonoid juga terbukti dalam menghambat penggumpalan sel-sel darah dan merangsang produksi oksidasi nitrit sehingga pembuluh darah menjadi bebas. Kandungan alkohol pada wine juga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga dipercaya dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. 

  • Menyehatkan tulang

Rata-rata, perempuan yang minum wine memiliki massa tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya. Kandungan alkohol yang ada didalamnya dapat meningkatkan level estrogen. Hormon ini berpengaruh pada pembentukan tulang perempuan. 

  • Mencegah kanker

Antioksidan flavonoid di dalam wine juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Juga terdapat kadnungan resveratol, yang mana sudah ditemukan lebih dahulu dan terbukti sebagai agen antikanker yang bisa mencegah terjadinya kanker prostat, kanker hati, kanker paru, dan kanker payudara. 

  • Menjaga berat badan tetap stabil

Sumber energi wine berasal dari karbohidrat, yaitu gula. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan berat badan, karena wine tidak mengandung lemak. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi wine dalam jumlah yang cukup memiliki berat badan yang lebih rendah dan stabil dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi alkohol jenis lainnya. 

Faktanya, alkohol yang ada didalam wine bisa membakar kalori di tubuh selama kurang lebih 90 menit setelah dikonsumsi. 

  • Antipenuaan

Manfaat wine yang satu ini pasti tidak ingin dilewatkan oleh siapa pun. Peneliti dari Harvard Medical School, mengungkapkan jika wine mengandung agen antipenuaan. Wine mengandung senyawa resveratol, senyawa ini memiliki efek yang menguntungkan untuk memperpanjang kehidupan. 

Penemuan di jurnal Cell Metabolismoffer, yang dikuti oleh Medical News Today, menunjukkan adanya bukti kuat hubungan antara antipenuaan dan senyawa resveratol serta gen SIRT1. Sedangkan sebuah studi dari University of London menemukan bahwa senyawa procyanidins pada anggur merah bisa menjaga pembuluh darah tetap sehat. Hal ini merupakan salah satu faktor yang berkontribusi dalam memiliki umur panjang pada orang-orang di Sardinia dan barat daya Prancis.

Tidak hanya itu, flavonoid yang terdapat dalam wine dan buah anggur juga bisa membantu mengurangi efek kerusakan akibat paparan sinar UV. Hal ini dikemukakan oleh ilmuwan dari University of Barcelona dalam The Journal of Agricultural Food and Chemiostry.

Baik red wine aatupun white wine memiliki yang  baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara wajar dalam jumlah yang cukup. Namun, jika wine dikonsumsis ecara berlebihan justru akan menyebabkan ketergantungan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Dampak Minum Wine Secara Berlebihan

Meskipun ada banyak manfaat wine yang baik bagi kesehatan, namun perlu diketahui jika minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menimbulkan risiko. Berikut ini merupakan beberapa dampak minum wine secara berlebihan bagi kesehatan yang perlu diwaspadai, yaitu :

  • Stroke
  • Kanker
  • Depresi
  • Hepatitis
  • Fatty liver
  • Hipertensi
  • Pankreatitis
  • Ketergantungan
  • Sirosis atau pengerasan hati
  • Gangguan kesehatan mental
  • Aritmia atau gangguan irama jantung

Minum wine memang memiliki sisi baik dan buruk bagi kesehatan. Namun, konsumsi minuman beralkohol seperti wine harus dilakukan secara bertanggungjawab. Hal ini disebabkan karena risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan lebih tinggi dibandingkan dengan manfaat yang diberikan. 

Selalu konsultasikan kepada dokter mengenai takaran yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda tidak bisa menegndalikan asupan alkohol agar selalu dalam takaran yang sehat dan tidak berlebihan, maka sebaiknya jangan mengonsumsi alkohol sama sekali. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 05 Oktober 2018 11:00:40

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Tahukah anda apa itu…

Alami
Obat Tradisional Untuk Mengatasi…

Selain dengan metode pengobatan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Obat Kimia
Ampicillin Obat Untuk Mengatasi…

Ampicillin obat untuk mengatasi…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Kram Perut Bagian Bawah?…

Berbagai penyebab kram perut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
7 Manfaat Rutin Konsumsi Kacang Polong Bagi Kesehatan

Suka konsumsi kacang polong? ini…

Manfaat
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan

Buah leci merupakan buah musiman.…

Kirim Pertanyaan
Top