Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi Hyperlipidaemia

Share dan Tag Temanmu di :

Fenofibrate, Obat Untuk Mengatasi Hyperlipidaemia

Fenofibrate adalah obat yang dipakai untuk mengatasi konsentrasi lemak atau lipid yang terlalu tinggi dalam darah (hyperlipidaemia). Hal ini membuat lemak di dinding pembuluh darah menumpuk dan berakibat pada ternganggunya sirkulasi darah dalam bentuk serangan jantung dan stroke. Obat yang berjenis fibrate ini tergolong ke dalam obat resep dan tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet. Selain untuk mengatasi kolesterol tinggi atau hyperlipidaemia, obat yang hanya boleh dikonsumsi orang dewasa ini juga bisa dipakai untuk mengatasi kadar trigliserida berlebih.


Obat ini hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Untuk perempuan hamil maupun yang sedang berusaha hamil, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi fenofibrate. Sementara ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Hati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal hati, tiroid, kandung empedu, dan pankreas. Jika otot tubuh sakit setelah mengonsumsi fenofibrate, segera hubungi dokter.

Dosis fenofibrate yang diresepkan dokter adalah 160 sampai 200 miligram satu kali dalam sehari. Dosis dapat disesuaikan dokter berdasarkan dengan respon tubuh terhadap obat serta tingkat keparahan kondisi. Konsumsi fenofibrate dengan benar, ikuti anjuran dokter serta baca informasi yang terdapat pada kemasan sebelum meminumnya.

Fenofibrate sebaiknya dikonsumsi bersama makanan atau sesaat setelah mengonsumsi makanan karena perut yang terisi makanan membuat fenofibrate lebih mudah diserap tubuh. Pakai air putih untuk menelan kapsul maupun tablet fenofibrate. Konsumsi fenofibrate di jam yang saa setiap hari agar efeknya maksimal dan untuk menghindari lupa minum.

Pasien yang lupa mengonsumsi fenofibrate sebaiknya segera meminumnya begitu ingat dengan catatan jadwal dosis berikutnya tidak terlalu berdekatan. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis fenofibrate di jadwal minum berikutnya. Jangan berhenti mengonsumsi obat ini dengan tiba-tiba kecuali atas anjuran dokter.

Jika beraktivitas di luar ruangan dan di bawah sinar matahari langsung, pakai sun screen dengan SPF minimal 15 karena fenofibrate dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Aplikasikan pola makan sehat, kurangi konsumsi garam, olahraga dengan rutin, hentikan kebiasaan merokok, dan hindari mengonsumsi terlalu banyak alkohol untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Rutinlah memeriksakan diri ke dokter dengan teratur selama minum fenofibrate agar dokter bisa memantau perkembangan Anda.

Kenali efek samping fenoibrate seperti muncul ruam kulit yang terasa gatal, sakit kepala, masalah pencernaan, gangguan keseimbangan, sakit perut, mual, dan diare. Segera temui dokter jika mengalami efek samping serius seperti nyeri otot terutama otot kaki. Jika efek samping tidak kunjung mereda, bahkan bertambah parah, segera temui dokter.

By Ana Rediana - Obat Kimia Sabtu, 03 September 2016 15:43:19

Related Post :
Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks…

Cara mencegah kanker serviks…

Kesehatan
Waspada! Bahan Kimia Ini…

Beberapa makanan, khususnya makanan…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini…

Selain bertujuan untuk mengisi…

Ibu Dan Anak
Obat Alami Batuk Pilek…

Obat alami batuk pilek…

Daun
Manfaat Daun Urang Aring…

Selain baik untuk rambut,…

Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Clobazam Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Karena beberapa faktor, banyak orang…

Obat Kimia
Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium Hidroksida

Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium…

Obat Kimia
Obat Untuk Meredakan Gejala Penyakit Asam Urat Colchicine

Obat colchicine untuk meredakan gejala…

Kirim Pertanyaan
Top