Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma serta Penyebab dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Tubuh memang dihuni oleh berbagai jenis bakteri yang baik dan bisa membantu proses metabolisme dan proses lainnya. Diantara banyaknya jenis bakteri yang ada di dalam tubuh, Ureaplasma merupakan salah satu bakteri baik yang bisa ditemukan di saluran kemih atau reproduksi. 

Jika tumbuh dalam jumlah yang nomal, maka bakteri ini akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, jika Ureaplasma tumbuh secara berlebihan, maka bisa menyebabkan infeksi. Apa itu infeksi bakteri Ureaplasma?


Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma serta Penyebab dan Gejalanya

Ureaplasma adalah sekelompok bakteri kecil yang masuk dalam keluarga Mycoplasma. Bakteri ini hidup di saluran pernapasan dan urogenital (saluran kemih dan reproduksi). Bakteri ini bersifat parasit, yang berarti memerlukan inang untuk bertahan hidung, seperti manusia atau hewan. 

Ureaplasma tidak memiliki dnding sel, sehingga membuat bakteri ini reisten terhadap beberapa antibiotik termasuk penisilin. Namun, bisa diobati dengan yang lainnya. Bakteri ini bisa membantu Anda dalam mencerna makanan, melawan infeksi, dan menjaga kesehatan reproduksi. Akan tetapi, bakteri ini bisa menyerang jaringan sehat dan berkembang biak. Ini bisa menciptakan koloni bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. 

Penyebab infeksi bakteri Ureaplasma

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Ureaplasma yang berkemang secara berlebihan, sehingga menimbulkan masalah kesehatan, termasuk infeksi. Bakteri Ureaplasma bisa menyebar melalui kontak seksual, yang bisa menyebabkan infeksi vagina. Selain itu, jika ibu memiliki infeksi bakteri Ureaplasma saat hamil, maka bakteri ini juga bisa menular ke janin atau bayi yang baru lahir. 

Dalam beberapa kasus, penyebab keberadaan bakteri ini mungkin tidak diketahui, karena Ureaplasma juga bisa ditemukan pada wanita yang tidak pernah berhubungan seksual sama sekali.

Tidak hanya itu, orang yang memiliki sistem imun yang rendah seperti pada penderita HIV, pasien kemoterapi, atau setelah melakukan transplantasi organ juga berisiko tinggi terinfeksi oleh bakteri Ureaplasma.

Mewaspadai gejala infeksi bakteri Ureaplasma

Jika hidup seimbang dengan bakteri lain, maka Ureaplasma tidak menimbulkan gejala apapun. Sistem kekebalan yang sehat biasanya bisa menjaga bakteri tetap terkendali, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan. 

Jika populasi bakteri Ureaplasma meningkat, maka dapat mengembangkan masalah kesehatan tertentu dan menimbulkan gejala. Namun, sebagian besar orang yang mengalami infeksi bakteri Ureaplasma tidak merasakan gejala apa pun. 

Infeksi bakteri Ureaplasma kemungkinan merupakan penyebab dari peradangan di uretra atau disebut juga uretritis. Baik pria ataupun wanita bisa mengalami uretritis dan merasakan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, sensasi panas atau perih, dan keputihan. 

Infeksi bakteri Ureaplasma mungkin juga merupakan penyebab dari infeksi jamur vagina. Gejala yang mungkin timbul, termasuk cairan vagina encer dan vagina berbau tidak sedap. Disamping itu, infeksi bakteri Ureaplasma juga bisa meningkatkan Anda mengalami kondisi lainnya, seperti :

  • Batu ginjal
  • Persalinan prematur
  • Penyakit pernapasan pada bayi baru lahir

Komplikasi infeksi bakteri Ureaplasma selama masa kehamilan

Infeksi bakteri Ureaplasma yang terjadi salama masa kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur, namun bukan termasuk penyebabnya. Ini hanya sebagian dari serangkaian risiko. 

Peradangan yang terjadi dalam jaringan reproduksi merupakan penyebab kelahiran prematur. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan, termasuk infeksi bakteri di kantung ketuban, serviks atau leher rahim, dan vagina. 

Tidak hanya itu, infeksi bakteri Ureaplasma mungkin juga memiliki hubungan dengan beberapa komplikasi kehamilan lainnya, seperti :

  • Ketuban pecah dini
  • Chorioamniointis
  • Persalinan prematur
  • Infeksi intra-amniotik
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah

Infeksi bakteri Ureaplasma juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko endometriosis postpartum, yang merupakan peradangan rahim. Namun, tidak ada hubungan yang bisa dipastikan oleh para ahli.

Setelah mengetahui beragam informasi mengenai infeksi bakteri Ureaplasma tersebut, kini Anda harus lebih waspadai dengan berbagai gejala yang timbul. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan diatas untuk mengetahui penyebab pastinya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 12 Oktober 2018 11:30:37

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa…

Mungkin tidak banyak yang…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka…

Nangka merupakan buah yang…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Tips
Solusi Penanggulangan Serangan Penyakit…

Migrain sebenarnya tidak bisa…

Ibu Dan Anak
Cara Menghilangkan Milk Blister…

Milk blister merupakan jerawat…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Berikut adalah informasi terlengkap…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan Pada Anak Serta Penanganannya

Penyebab dan gejala gondongan pada…

Penyakit
Penyakit
Mengetahui Penyakit Mata yang Menyebabkan Kebutaan

Kebutaan merupakan kondisi dimana seseorang…

Kirim Pertanyaan
Top