Mengetahui Penyebab Gendang Telinga Pecah dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Gendang telinga adalah selaput atau membran tipis yang memisahkan telinga luar dan telinga tengah. Ini berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah. Sama halnya dengan bagian tubh lainnya, gendang telinga juga bisa mengalami masalah. 

Kerusakan yang biasa terjadi pada gendang telinga yaitu berupa bolong atau pecah (perforasi). Kerusakan ini bisa menyebabkan tuli yang konduktif, yaitu hilangnya pendengaran karena tidak dapat tersampaikannya getaran suara. 

Apa penyebab gendang telinga pecah? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak informasi lengkap berikut!


Penyebab Gendang Telinga Pecah yang Perlu Diwaspadai

Gendang telinga pecah adalah kondisi dimana terdapat lubang atau robekan pada lapisan di bagian tengah saluran telinga yang biasa disebut membran timpani. Membran timpani sendiri merupakan lapisan yang berfungsi untuk mendeteksi suara, mengubahnya menjadi getaran yang kemudian diterima oleh tulang tengah telinga dan diubah menjadi sinyal untuk dikirim ke otak. 

Jika gedang telinga pecah atau rusak, maka telinga bagian tengah tentu tidak bisa menerima getaran. Jika hal ini terjadi, maka Anda berisiko mengalami hilang pendengaran sementara atau permanen, tergantung dari seberapa parah kondisi yang dialami. 

Lalu, apa saja penyebab gendang telinga pecah ?

  • Infeksi telinga tengah (otitis media)

Infeksi telinga tengah atau disebut juga otitis media merupakan salah satu penyebab gedang telinga pecah yang paling umum terjadi, terutama pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak cairan yang menumpuk di belakang gendang telinga. Akibatnya, tekanan yang dihasilkan menyebabkan gendang telinga berisiko robek atau pecah.

  • Tekanan tinggi di telinga

Tekanan tinggi di telinga atau barotrauma merupakan kondisi dimana tekanan udara di telinga tengah dengan lingkungan luar tidak seimbang, seringnya terjadi ketika Anda naik pesawat. Ketika pesawat lepas landas, tekanan di kabin pesawat akan menurun atau naik secara drastis. Sedangkan tekanan di telinga akan semakin besar dan berisiko menyebabkan gendah telinga pecah. 

Selain itu, barotrauma juga bisa disebabkan oleh aktivitas menyelam (scuba diving), mengebut di jalanan saat berkendara, hingga pukulan langsung ke arah telinga. 

  • Masuknya benda asing

Benda asing yang masuk terlalu dalam ke telinga bisa meningkatkan risiko gendang telinga pecah. Ini juga termasuk bagi Anda yang sering membersihkan telinga dengan cutton bud atau besi pembersih telinga. Benda-benda tersebut dapat melukai telinga lebih dalam, mendorong kotoran telinga ke dalam, dan memicu timbulnya infeksi. 

Kondisi ini sangat sering dialami oleh anak-anak yang suka memasukkan benda-benda asing ke telinganya. Maka dari itu, para orang tua harus berhati-hati dan tetap awasi anak saat bermain. 

  • Mendengar suara terlalu keras

Kaget ketika mendengar suara petir, ledakan, atau tembakan senapan yang keras ternyata juga bisa menjadi penyebab gendang telinga pecah. Begitu juga bagi Anda yang tidak terbiasa nonton konser dengan suara speaker yang keras, maka sebaiknya hati-hati dengan risiko gendang telinga pecah. 

  • Cedera kepala berat

Cedera berat di bagian kepala, misalnya fraktur tulang tengkoran, karena kecelakaan atau pukuran bisa menyebabkan kerusakan pada struktur telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Ini artinya, gendang telinga ikut berisiko mengalami kerusakan sekingga pada akhirnya bisa menyebabkan hilang pendengaran. 

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gendang telinga pecah yang harus diwaspadai. Pada dasarnya, berbagai aktivitas yang bisa membahayakan telinga berpotensi menyebabkan pecahnya gendang telinga. 

Apa saja gejalanya?

Gejala gendang telinga pecah yang timbul pada setiap orang berbeda-beda. Pada beberapa kasus, gendang telinga pecah tidak menimbulkan gejala yang mudah dideteksi. Namun, pada kasus lain gejalanya hanya timbul di waktu-waktu tertentu. Gejala gendang telinga pecah diantaranya adalah :

  • Gatal
  • Pusing
  • Lemas
  • Demam
  • Tinnitus
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pendengaran
  • Telinga terasa sakit atau nyeri
  • Mengeluarkan cairan berwarna bening atau merah

Jika Anda mengalami cedera atau kecelakaan yang bisa membahayakan telinga, atau mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara Mengatasi Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga pecah umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam 6 sampai 8 minggu. Dokter akan memberikan antibiotik, baik dalam bentuk obat tetes atau obat minum, untuk mencegah atau mengobati infeksi telinga

Selain itu, juga terdapat cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gendang telinga pecah, yaitu diantaranya :

  • Pemberian obat pereda rasa sakit. Jika gendang telinga pecah menimbulkan gejala berupa nyeri atau rasa sakit pada telinga, dokter akan menganjurkan penderita untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol. 
  • Menambal robekan. Dokter juga mungkin akan menambal robekan yang terjadi pada gendang telinga. Robekan pada gendang telinga akan ditambal dengan kertas khusus. Kertas ini akan membantu memulihkan dan menyatukan kembali robekan. 
  • Operasi. Operasi gendang telinga atau timpanoplasti masih tergolong jarang dilakukan. Operasi ini dilakukan dengan mencangkok jaringan lain ke gendang telinga yang pecah.

Tidak hanya itu, melakukan perawatan sendiri di rumah juga bisa membantu pemulihan gendang telinga pecah. Beberapa perawatan rumahan yang bisa dilakukan sendiri diantaranya adalah :

  • Menjaga kondisi telinga agar tetap kering. Gunakan penutup telinga atau alat khusus untuk menghindari masuknya air ketika mandi. 
  • Jangan menahan napas di hidung saat bersin. Menahan napas dihidung ketika menipu atau bersin bisa meningkatkan tekanan pada telinga. Tekanan yang terjadi akibat bersin yang ditahan berpotensi memperburuk kondisi. 
  • Hindari aktivitas yang berisiko pada telinga. Sebisa mungkin hindari aktivitas yangbisa menyebabkan telinga terkontaminasi, seperti berenang. 
  • Tahan keinginan untuk membersihkan telinga. Jangan membersihkan telinag untuk sementara waktu. Biarkan gendang telinga yang pecah pulih terlebih dahulu. 

Dengan melakukan perawatan tersebut, maka kondisi gendang telinga pecah akan kembali pulih dengan cepat dan pendengaran pun akan kembali normal seperti sebelumnya. Selain melakukan berbagai langkah perawatan tersebut, alangkah baiknya Anda juga menghindari berbagai faktor risiko yang bisa menjadi penyebab gendang telinga pecah. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 13 Oktober 2018 09:56:55

Related Post :
Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat…

Selain dagingnya, biji nangka…

Daun
Mengenal Khasiat Dan manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Cara Tenangkan Bayi Sering…

Tips menenangkan bayi sering…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kewanitaan
Ini Penyebab Menstruasi Berkepanjangan…

Ini penyebab menstruasi berkepanjangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ternyata Ini Berbagai Faktor Penyebab Mengantuk Sesudah Makan

Berikut adalah berbagai penyebab mengantuk…

Kesehatan
Badan Meriang? Ini Penyebab Dan Pengobatannya

Penyebab badan meriang beserta gejala…

Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi Harus Dihindari

Makanan dan minuman penyebab sakit…

Kirim Pertanyaan
Top