Berbagai Kelainan Sel Darah Putih yang Perlu Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Sel darah putih atau leukosit merupakan sel yang emmbentuk komponen darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. 

Didalam tubuh, leukosit tidak berasosiasi secara ketat dengan organ atau jaringan tertentu, tetapi mereka bekerja secara independen seperti organisme sel tunggal. Leukosit bisa bergerak secara bebas dan berinteraksi serta menangkap serpihan seluler, partikel asing, atau mikroorganisme penyusup. Tidak hanya itu, leukosit juga tidak bisa membelah diri atau bereproduksi dengan cara mereka sendiri, tetapi mereka adalah produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang ada pada sumsum tulang. 

Meskipun memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun sel darah putih juga bisa mengalami disfungsi yang menyebabkan timbulnya berbagai kelainan sel darah putih. Kelainan darah merupakan suatu kondisi dimana terdapat gangguan pada fungsi darah dalam tubuh.


Lalu, apa saja kelainan yang bisa menyerang sel darah putih?

Sel darah putih bisa mengalami berbagai kelainan. Kondisi ini dikelompokkan berdasarkan jumlah ataupun fungsi dari sel darah putih itu sendiri. Diantara banyaknya kelainan yang bisa terjadi pada sel darah putih, berikut ini merupakan beberapa kelainan sel darah putih yang sering terjadi, diantaranya yaitu :

  • Leukemia

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit leukemia. Ini merupakan salah satu jenis kanker darah, dimana sel darah putih menjadi ganas dan bertambah banyak (leukositosis) di sumsum tulang. 

Terdapat beberapa jenis leukemia, dan secara umum dibagi menjadi dua berdasarkan progresivitasnya, yaitu akut dan kronik. Pada leukemia akut, gejala akan timbul secara cepat dan memburuk dengan cepat. Sedangkan leukemia kronik biasanya terjadi lebih lambat. 

Leukemia bisa terjadi pada siapa pun, baik anak ataupun dewasa. Gejala yang timbul biasanya berupa anemia atau kekurangan sel darah merah karena produksi sel darah merah ditekan oleh sel darah putih yang ganas, gusi mudah berdarah, sering timbul memar di kulit, penurunan berat badan dan nafsu makan. 

  • Mieloma multipel (multiple myeloma)

Mieloma multipel (MM) adalah keganasan yang terjadi pada salah satu bagian dari sel darah putih, yaitu sel plasma. Penyakit ini sering juga disebut sebagai leukemia sel plasma (plasma cell leukemia). Sel plasma bertambah banyak dan mengeluarkan protein M yang bisa merusak organ tubuh, seperti ginjal. tulang, dan saraf. 

Gejala umum yang sering tilmbul akibat mieloma multipel yaitu diantaranya nyeri tulang, patah tulang, perdarahan kulit dan gusi, anemia, badan lemas, hingga gagal ginjal. 

  • Limfoma

Sama halnya dengan leukemia, limfoma juga merupakan salah satu jenis kanker darah yang terjadi pada sistem limfatik (kelenjar getah bening). Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi salah satu jenis sel darah putih, yaitu limfosit. 

Seharusnya limfosit berfungsi untuk membentuk antibodi dan mencegah tubuh agar tidak terkena infeksi virus. Namun, pada limfoma, limfosit bertambah banyak, tidak terkendali, dan berubah sifat menjadi ganas. 

Gejala umum dari limfoma yaitu pembesaran kelenjar getah bening, biasanya ini berasal di leher atau ketiak, batuk, sesak napas, demam, badan lemas, dan penurunan berat badan.

  • Sindrom mielodispiastik (Myelodyspiastic syndrome)

Myelodyspiastic syndrome (MDS) adalah kanker darah yang terjadi pada sumsum tulang. Pada kondisi ini, sumsum tulang memproduksi sel darah yang belum matang (imatur) yang disebut dengan blast. Sel muda tersebut bertambah banyak sehingga menekan produksi sel yang matang dan sehat.

Biasanya MDS terjadi secara lambat, tetapi bisa berubah menjadi leukemia. Gejalanya serupa dengan leukemia, yaitu anemia, gusi berdarah, badan lemas, tubuh mudah memar, dan penurunan berat badan. 

Beberapa kelainan sel darah putih tersebut sering menunjukkan gejala yang tidak khas dan sulit dibedakan satu sama lain. Maka dari itu, jika Anda atau anggota keluarga sering mengalami keluhan badan lemas, nyeri di seluruh tubuh, gusi mudah berdarah, tubuh mudah lebam, dan penurunan berat badan secara drastis, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

Untuk memastikan diagnosisnya, pemeriksaan penunjang seperti radiologi atau laboratorium harus dilakukan. Semakin dini dideteksi dan diatasi, maka kemungkinan untuk sembuh juga akan semakin tinggi. 

By Sri Maryati - Penyakit Selasa, 16 Oktober 2018 11:30:19

Related Post :
Penyakit
Kenali Gejala-Gejala Penyakit Kanker…

Kenali gejala-gejala penyakit kanker…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Mencegah Cacar…

Cacar air merupakan sebuah…

Kesehatan
Waspadai Ini Penyebab Buang…

Waspadai ini penyebab buang…

Ibu Dan Anak
Bahaya Bayi Tidur Tengkurap…

Mayoritas orang tua belum…

Tips
Cara Dan Tips Alami…

Cara dan tips alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengetahui Prosedur Operasi Usus Turun Dan Kisaran Biayanya

Berikut adalah informasi jenis prosedur…

Penyakit
Ketahui Gejala dan Metode Pengobatan Kanker Darah

Ketahui gejala dan metode pengobatan…

Penyakit
Ini Cara Mendeteksi Penyakit Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan !

Inilah cara mendeteksi penyakit hidrosefalus…

Kirim Pertanyaan
Top