Langkah Mudah Hilangkan Bentol Bekas Gigitan Nyamuk yang Ampuh

Share dan Tag Temanmu di :

Nyamuk memang merupakan serangga yang umum dijumpai di negara-negara tropis, salah satunya di Indonesia. Untuk menghindari serangan serangga penghisap darah ini, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan juga rumah. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata hanya nyamuk betina yang sering menggigit manusia.

Nyamuk betina menentukan sasaran mangsanya berdasarkan kombinasi bebauan, hembusan napas, dan senyawa di dalam keringat seseorang. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan diri agar tidak menjadi sasaran nyamuk. 

Gigitan nyamuk bisa membuat siapa saja tidak nyaman karena sering menimbulkan gatal dan bentol di bagian kulit bekas gigitan. Reaksi gatal dan bentol dia area bekas gigitan nyamuk ini timbul akibat senyawa yang disuntikkan nyamuk ke area gigitannya. Senyawa tersebut adalah sejenis protein pada sungut nyamuk yang memicu reaksi alergi ringan, sehingga timbul bentol. 

Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gatal dan bentol bekas gigitan nyamuk di kulit ? Simak ulasan berikut ini !


Langkah Mudah Hilangkan Bentol Bekas Gigitan Nyamuk 

Biasanya sebagian besar akan menggunakan berbagai jenis obat antinyamuk yang banyak beredar di pasaran untuk membantu mencegah atau mengatasi bentol akibat gigitan nyamuk. Namun, terkadang hal ini tidak membuat serangga kecil ini berhenti untuk mengganggu, dan akan tetap berkeliaran untuk mencari kesempatan dalam meluncurkan aksi gigitannya.

Bentol merah pada kulit akibat gigitan nyamuk merupakan reaksi yang wajar. Namun, rasa gatal yang timbul terkadang bisa sangat mengganggu yang akhirnya kita menggaruknya secara terus-menerus tanpa sadar. Padahal, menggaruk kilit yang terkena gigitan nyamuk justru bisa membuatunya semakin gatal hingga bisa menimbulkan luka yang sulit dihilangkan. Terlebih lagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah mudah hilangkan bentol bekas gigitan nyamuk yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Cuci dengan air dan sabun

Setelah timbul bentol akibat gigitan nyamuk, sebaiknya segera cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat. Anda juga bisa menempelkan kompres dingin ke kulit untuk membantu menghilangkan rasa gatalnya. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan penghilang rasa sakit, obat antihistamin, atau krim anti gatal yang dijual secara bebas untuk menghilangkan rasa gatalnya. Semakin cepat Anda mengobati bekas gigitan nyamuk tersebut, maka semakin kecil pula kemungkinan bekasnya timbul dan lebih mudah dihilangkan. 

  • Gunakan masker buah

Jika bekas gigitan nyamuk tidak dirawat dengan baik, maka bisa menggelap seperti bekas jerawat. Untuk mencegah gal tersebut, Anda bisa menggunakan masker alami dari buah tomat, lemon, atau pepaya yang ditumbuk halus. Kandungan dari buah-buahan ini diyakini bisa mencerahkan kulit. Anda bisa memilih salah satu jenis buah yang telah disebutkan sebelumnya, kemudian haluskan dan oleskan pada bekas gigitan nyamuk 2 kali sehari sekitar 10 menit.

  • Oles bekas gigitan nyamuk dengan minyak atau krim  vitamin E

Selain masker buah, Anda juga bisa mengoleskan minyak atau krim yang mengandung vitamin E sebanyak 2 kali sehari untuk membantu menghilangkan bentol akibat gigitan nyamuk. Vitamin E dapat mengurangi kemerahan sekaligus mempercepat penyembuhan iritasi kulit. 

Jika tidak memiliki krim vitamin E, Anda juga bisa menggunakan madu sebagai alternatif. Sifat antiradang alami dari madu juga bisa membantu menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi. Jangan gunakan madu di kuilt terlalu lama. Setelah dirasa cukup lama, segera bilas dengan air hingga bersih. 

Alternatif lainnya, Anda juga bisa mengoleskan gel lidah buaya yang telah terbukti bisa membantu mengurangi peradangan, menenangkan kulit gatal, dan mempercepat penyembuhan secara rutin. 

  • Gunakan krim dokter

Jika bekas gigitannya cukup besar, menimbulkan luka, menyebabkan perubahan warna kulit yang lumayan kontras, atau tidak mempan di rawat dengan beberapa langkah yang telah disebutkan diatas, maka dokter mungkin akan meresepkan krim kortikostiroid atau retinoid untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit.

Nah, itulah beberapa langkah hilangkan bentol bekas gigitan nyamuk yang ampuh dan mudah untuk dilakukan di rumah. Selain melakukan perawatan tesebut, usahakan untuk selalu melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan memakai pakaian tertutup serta kaus kaki. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tempat-tempat genangan air, yang memungkinkan nyamuk berkembang biak. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Kamis, 18 Oktober 2018 10:18:52

Related Post :
Kesehatan
Buah Dan Sayur Untuk…

Tak hanya air. Sayur,…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi…

Untuk menghindari gejala naiknya…

Tips
Perawatan Sederhana Luka Jahitan…

Perawatan sederhana luka jahitan…

Alami
Ini Dia Alasan Mengapa…

Jamu merupakan tanaman herbal…

Penyakit
Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang…

Penyebab pasti terjadinya sariawan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Mengetahui Cara Mendeteksi Kandungan Babi pada Makanan

Untuk memastikan apakan produk makanan…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dipunggung Secara Alami

Cara ampuh menghilangkan jerawat dipunggung…

Kirim Pertanyaan
Top