Cara Efektif Menurunkan Kadar Kreatinin Tinggi di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar mengenai kreatinin? Ini merupakan hasil limbah yang ditemukan dalam darah setiap orang. Zat kreatinin berfungsi sebagai sumber energi untuk otot sekaligus menilai fungsi ginjal, karena nantinya kreatinin harus disaring terlebih dahulu oleh ginjal sebelum dikeluarkan melalui urin. 

Untuk mencegah timbulnya masalah dalam tubuh, kadar kreatinin harus selalu dalamn taraf normal. Akan tetapi, beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes, asam urat, distrofi otot, hingga penyakit autoimun, juga bisa memengaruhi kinerja ginjal dan glomerulus sehingga meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kadar kreatinin tinggi juga bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan sumber protein, obat, dan suplemen terlalu banyak, serta melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. 

Tingginya kadar kreatinin dalam tubuh ini bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan ginjal. Baik itu karena mengalami dehidrasi berat, infeksi ginjal, ataupun penyakit ginjal lainnya yang biasanya terjadi ketika glomerulus tidak berfungsi dengan baik. Padahal, seharusnya glomerulus ginjal berperan dalam proses penyaringan zat-zat sisa dalam tubuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara menurunkan kreatinin tinggi yang bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Simak uraian lengkapnya di bawah ini!


Cara Menurunkan Kadar Kreatinin Tinggi Secara Efektif di Rumah

Mengingat begitu pentingnya menjaga kadar kreatinin agar tetap normal, Anda diharuskan untuk melakukan langkah pengobatan sebagai cara menurunkan kadar kreatinin tinggi. Namun, selain menggunakan perawatan medis, berbagai pengobatan alami di rumah juga bisa membantu mempercepat penurunan kadar kreatinin tinggi, seperti diantaranya :

  • Konsumsi banyak serat

Seperti yang diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung serat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun, selain itu, mengonsumsi makanan berserat ternyata juga bermanfaat sebagai cara menurunkan kreatinin tinggi. 

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dibuat dalam European Journal of Clinical Nutrition, yang menyebutkan bahwa sumber serat bisa membantu mempercepat proses pemulihan pasien penyakit ginjal kronis dengan cara menurunkan kreatinin tinggi dalam tubuh.

Anda bisa memperbanyak asupan sehari-hari dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ataupun gandum utuh.

  • Perhatikan kebutuhan cairan

Anda harus selalu memperhatikan aturan jumlah cairan yang harus diminum setiap harinya, terlebih lagi jika Anda mengalami dehidrasi berat. Pasalnya, asupan cairan yang kurang bisa menghambat kinerja ginjal. Untuk menentukan seberapa banyak cairan yang harus diminum dan waktu konsumsi terbaiknya, sebaiknya konsultikan lebih lanjut dengan dokter. 

  • Kurangi asupan protein

Mengonsumsi makanan sumber protein, seperti daging merah ataupun produksi susu terlalu banyak sering dihubungkan dengan lonjakan kadar kreatinin yang pesat. Hal ini disebabkan karena daging merah mengandung jaringan otot hewan yang memang mengandung kreatin secara alami. 

Ketika dimasak, panas dari api akan mengubah kreatin dalam daging menjadi kreatinin sehingga saat dimakan akan meningkatkan jumlahnya dalam tubuh.

  • Jangan lakukan olahraga berat

Melakukan olahraga secara rutin tentu baik untuk kesehatan tubuh, namun cobalah pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Pasalnya, aktiviyas otot yang terlalu berat bisa meningkatkan produksi kreatinin dalam tubuh.

Semakin banyak dan lama otot bekerja, maka semakin tinggi pula kadar kreatinin yang ada didalam darah. Walaupun begitu, bukan berarti bagi Anda yang memiliki kadar kreatinin tinggi tidak boleh berolahraga. Alangkah baiknya Anda menghindari melakukan olahraga ataupun aktivitas lainnya yang terlalu berat sementara waktu, setidaknya sampai kreatinin kembali ke kadar normal. 

  • Jangan konsumsi suplemen kreatin

Kreatinin merupakan senyawa alami tubuh yang dihasilkan oleh kreatin, sebagai penyuplai energi bagi otot. Selain diproduksi langsung oleh tubuh, kreatin juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen yang dijual bebas. 

Sama halnya dengan kreatin alami yang ada di otot, kreatin dari suplemen juga bisa menghasilkan kreatinin. Itulah sebabnya mengapa bagi Anda yang memiliki kadar kreatinin tinggi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kreatin.

Jika dilakukan secara rutin dan teratur, maka beberapa cara menurunkan kadar kreatinin tinggi tersebut bisa membantu menurunkan kadar kreatinin dalam tubuh secara efektif. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Senin, 22 Oktober 2018 11:07:22

Related Post :
Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Insomnia Pada…

Berbagai penyebab insomnia akut…

Obat Kimia
Mengurangi Peradangan dengan Manfaat…

Indomethacin termasuk salah satu…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Minum…

Rutin mengonsumsi air hangat…

Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis…

Penyebab penyakit liver kronis…

Penyakit
Prosedur Diagnosis Penyakit Celiac…

Prosedur diagnosis penyakit celiac…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Perawatan Sederhana Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Perawatan sederhana luka jahitan setelah…

Tips
Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama Dengan Cepat

Tips dan cara meredakan nyeri…

Kirim Pertanyaan
Top