Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sungsang yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap pasangan yang telah menikah pasti menginginkan memiliki keturunan. Dan kabar kehamilan sang istri menjadi salah satu hal yang sangat menggembirakan, terutama bagi pasangan baru. Kehamilan merupakan proses yang panjang dan unik. Kurang lebih selama 9 bulan seorang ibu harus mengandung janin yang kelak menjadi buah hatinya.

Selama periode kehamilan yang cukup panjang, berbagai hal bisa saja terjadi, salah satunya yaitu posisi bayi sungsang dalam kandungan. Kondisi ini sering kali membuat ibu merasa khawatir dan menjadi alasan utama seorang ibu harus menjalani persalinan secara caesar. 

Posisi bayi sungsang yang sering terjadi pada trimester akhir kehamilan ini sebenarnya secara teori masih bisa diperbaiki. Meskipun jarang berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. 

Lalu, apa yang menjadi penyebab posisi bayi sungsang dalam kandungan?


Mengetahui Penyebab Bayi Sungsang Dalam Kandungan

Kondisi bayi sungsang biasaya diketahui pada usia kehamilan 35 atau 36 minggu melalui pemeriksaan USG. Menurut penelitian, kondisi bayi sungsang ini terjadi sekitar 3%-4% dalam kehamilan. Kondisi ini ditunjukan dengan posisi kepala bayi berada di bagian atas rahim, sementara kaki atau bokongnya berada di bagian bawah rahim (dekat dengan jalan lahir).

Padahal, idealnya posisi kepala bayi berada di bawah dekat dengan jalan lahir untuk mempersiapkan proses persalinan yang semakin dekat.

Penyebab pasti kehamilan sungsang memang belum bisa dijelaskan secara pasti. Namun, ada beberapa faktor penyebab bayi sungsang dalam kehamilan yang harus diketahui, yaitu diantaranya :

  • Bukan kehamilan pertama
  • Cairan ketuban terlalu banyak atau sedikit
  • Usia ibu terlalu  mudah atau tua saat kehamilan
  • Riwayat persalinan prematur di kehamilan sebelumnya
  • Adanya kelainan pada rahim seperti fibroid atau tumor rahim
  • Mengalami plasenta previa, yaitu bagian plasenta menutupi mulut rahim

Mengetahui Jenis Bayi Sungsang 

Kelainan pada kandungan yang ditandai dengan posisi sungsang ternyata dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya :

  • Footling breech

Sungsang jenis ini terjadi ketika satu atau dua kaki bayi berada di bagian bawah rahim dan kepala bayi berada di atas.

  • Frank breech

Posisi pantat bayi berada di bawah yang mendekati jalan lahir. Sedangkan kaki bayi berada sejajar dengan badan dan dekat dengan kepala bayi. Posisi ini dikenal juga dengan istilah bokong murni.

  • Complete breech

Posisi bayi sungsang ini ditandai dengan posisi pantat bayi yang berada di bagian bawah dekat jalan lahir, disertai dengan kedua kaki yang menekuk dekat dengan pantat bayi. Posisi ini juga dikenal dengan istilah bokong sempurna. 

Pada umumnya, posisi bayi sungsang sebelum memasuki  masa persalinan tidak berbahaya. Namun, jika kondisi ini terjadi menjelang persalinan, ibu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pasalnya, jika bayi sungsang dilahirkan melalui persalinan normal, maka bayi berisiko terjebak di jalan lahir sehingga tali pusatnya terhimpit, kemudian suplai oksigen terganggun dan bisa mengancam nyawa bayi.

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki posisi bayi sungsang?

Kondisi kehamilan dengan bayi sungsang biasanya dianjurkan untuk menjalani proses persalinan melalui operasi caesar. Jenis operasi ini merupakan cara paling aman untuk mengeluarkna bayi dari kandungan jika masih dalam porisi sungsang dan sudah memasuki waktunya persalinan. 

Namun, jika kondisi ini terjadi sebelum waktu persalinan tiba, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ibu masih menginginkan persalinan normal. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan tindakan External Cephalic Version (ECV) mendekati waktu persalinan (usia kehamilan 36 samapi 38 minggu). Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kadnungan dan kebidanan atau bidan yang terlatih. 

Posisi bayi sungsang memang menjadi masalah kehamilan yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Belum diketahui secara jelas penyebab bayi sungsang dan upaya pencegahan yang tepat. Untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya kondisi tersebut, sebaiknya ibu hamil lakukan kontrol secara rutin selama kehamilan. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Selasa, 23 Oktober 2018 10:52:35

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun…

Berikut ini bahaya memakai…

Obat Cina
Thermolyte Plus Obat Pelangsing…

Thermolyte plus obat pelangsing…

Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat…

Liver adalah sebuah penyakit…

Obat Kimia
Obat Bibir Perih Pecah…

Obat bibir perih, pecah-pecah…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Okra…

Beragam manfaat yang akan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ini Dia Ciri-ciri Keputihan Menjelang Persalinan Sudah Dekat

Setiap wanita mengalami tanda persalinan…

Ibu Hamil
Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, umumnya akan…

Ibu Hamil
Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini Harus Dihindari Selama Hamil

Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini Harus…

Kirim Pertanyaan
Top