Awas! Tertawa Terlalu Keras Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu, kita tentu akan tertawa. Selain itu, tertawa juga sering disebut sebagai lambang kegembiraan dan bisa membuat masalah terasa ringan. Tertawa juga diketahui dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya dalam menurunkan stres dan menghilangkan beban pikiran. Dengan pikiran dan tubuh yang lebih rileks, maka di dalam tubuh tidak akan memiliki kadar hormon stres yang tinggi. 

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa tertawa bisa meringankan rasa sakit, mengurangi stres, dan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, tertawa juga bisa membakar hingga 40 kalori. Walaupun begitu, ada baiknya kita tidak tertawa terlalu keras. Pasalnya, tertawa terlalu keras ternyata bisa berbahaya, salah satunya bisa menyebabkan kematian. Benarkah? Simak penjelasannya di bawah ini!


Benarkah Tertawa Terlalu Keras Bisa Sebabkan Kematian?

Meskipun menggambarkan kebahagiaan dan bisa membuat kita melepaskan stres lebih banyak, namun ternyata tertawa terlalu keras bisa sebabkan kematian. Tertawa terlalu keras, terlebih lagi jika dilakukan oleh mereka yang memiliki kelainan jantung, penyakit paru-paru, dan kondisi lainnya, ternyata bisa menyebabkan kematian. Bahkan, hingga saat ini tercatat sudah ada 10 kasus kematian yang disebabkan oleh tertawa secara berlebihan. 

Dr Martin Samuels, profesor bidang neurologi, di Harvard Medical School, menyebutkan jika efek dari perasaan yang ekstrim, baik itu sedih kemudian menangis atau bahagia kemudian tertawa, pada dasarnya bisa mengaktifkan bagian otak yang bisa berpengaruh pada pernapasan, dan akhirnya menyebabkan kematian. 

Ketika tertawa, otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang jika terlalu banyak justru bisa meracuni jantung. Kondisi emosi yang begitu kuat, baik itu emosi yang negatif ataupun positif, akibatnya akan membahayakan kesehatan jantung. Untuk kasus tertawa berlebihan, ini bisa menyebabkan detak irama pada jantung menjadi tidak normal, yang mana hal tersebut dapat mematikan. 

Tidak hanya itu, tertawa terlalu keras juga bisa membuat Anda mengalami kolaps, paru-paru tak berfungsi, hernia strangulata akibat otot perut yang lepas, stroke, rupture aneurisma otak dan kejang gelastik. Tertawa terlalu keras juga bisa menimbulkan risiko lain, yaitu seperti Cataplexy, yaitu suatu kondisi seseorang yang tampak sadar namun otot tubuhnya tidak bisa digerakkan. 

Bahaya lain akibat tertawa berlebihan, yaitu bisa membuat Anda pingsan. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun jika dicermati, ketika tertawa secara berlebihan kita seperti mengalami sesak napas atau bahkan batuk. Hal ini ternyata berhubungan dengan hilangnya karbondioksida dari dalam tubuh dalam jumlah yang sangat banyak ketika tertawa dengan keras. Selain itu, fungsi pernapasan juga bisa terganggu saat tertawa, karena kita terus mengeluarkan tawa sehingga tubuh pun tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. 

Mengingat ada banyak bahaya yang ditimbulkan akibat tertawa terlalu keras, maka sebaiknya kita tidak berlebihan saat melakukannya. Kita juga harus bisa mengendalikan dan mengontrol tawa serta emosi agar tidak menimbulkan berbagai bahaya yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 24 Oktober 2018 10:37:01

Related Post :
Daun
Manfaat Luar Biasa Daun…

Informasi tentang kandungan daun…

Kesehatan
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh…

Bagi Anda yang merasa…

Kesehatan
Fakta Happy Five Pil…

Happy five merupakan jenis…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Berikut adalah pantangan makanan…

Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan…

Seperti yang kita ketahui…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Maag…

Pantangan makanan bagi penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk Sendi dan Tulang Lebih Kuat

Berbagai makanan sehat untuk sendi…

Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan?

Sebelum membeli makanan kemasan, alangkah…

Kesehatan
Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Tidak semua benjolan yang timbul…

Kirim Pertanyaan
Top