Memiliki Kebiasaan Berbohong? Hentikan Dengan Trik Mudah Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda memiliki kebiasaan berbohong? Berbohong emamng bisa membuat Anda lebih tenang dan nyaman sesaat. Namun, sekali Anda masuk pada kebiasaan itu, maka akan sangat sulit untuk bisa mengatakan kebenaran lagi dan tentunya memiliki efek jangkapanjang yang bisa membahayakan kepribadian Anda. 

Berbohong bisa menjadi suatu ketergantungan sama halnya seperti merokok atau minum alkohol. Berbohong memberikan kenyamanan dan menjadi mekanisme darurat yang bisa digunakan ketika dihadapkan pada perasaan tidak nyaman. 

Seperti kebanyakan jenis ketergantungan, berhenti berbohong juga sangat penting untuk kebaikan Anda. Dan seperti ketergantungan lainnya, langkah pertama pertama yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan berbohong yaitu dengan mengakui bahwa Anda memiliki masalah.

Selain itu, apakah ada cara lain yang  bisa dilakukan untukmengentikan kebiasaan berohong? Tentu saja ada. Simak penjelasannya di bawah ini !


Trik Mudah Hentikan Kebiasaan Berbohong yang Perlu Diketahui

Berbohong merupakan hal yang  bisa terjadi begitu saja, baik karena Anda memiliki niat baik ataupun buruk. Namun, berbohong itu bisa jadi candu, hampri sama seperti efek penyalahgunaan zat adiktif. Tidak hanya menimbulkan masalah sosial, sering berbohong bisa mengganggu kesehatan dan bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan mental.

Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, berikut beberapa trik mudah hentikan kebiasaan berbohong yang bisa Anda coba, yaitu :

  • Ketahui apa yang membuat Anda berbohong

Seseorang pasti memiliki alasan dan maksud tersendiri mengapa mereka berbohong. Siapapun yang memiliki kebiasaan berbohong akan merasa jika hanya berbohonglah yang bisa menutupi mereka dari semua yang berbau negatif. Namun sayangnya, semakin mereka menutupi kecanduan mereka, maka semakin parah pula kepalsuan hidup mereka. Pasalnya, ujung-ujungnya, semua hal, ucapan dan perbuatan yang dilakukan akan berujung pada kebohongan. 

  • Sebisa mungkin hindari situasi yang sulit

Berbohong sering kali timbul ketika Anda mengalami situasi yang sulit dna terpojok. Untuk menghindarinta, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari situasi-situasi yang membuat Anda terpaksa untuk berbohong. Cobalah atur dan rencanakan sebaik mungkin hal yang akan dilakukan dan kerjakan agar terhindar dari kebiasaan mengada-ada.

  • Belajar mendengarkan kata hati

Ketika dihadapkan dengan situasi yang rumit, biasanya kata hati Anda sudah memiliki pendapatnya sendiir. Coba pikirkan, setiap orang pasti tahu jika bohong itu salah. Namun, karena takut akan konsekuensi yang mungkin terjadi, Anda pun mengabaikan kata hati Anda untuk berkata jujur dan lebih memilih untuk berbohong. Maka dari itu, mulailah untuk lebih peka mendengarkan kata hati Anda. 

Anda bisa memulai hal ini dengan contoh kecil, sepert ketika Anda dimintai pendapat mengenai sesuatu. Jika menurut Anda hal tersebut kurang bagus, maka katakan saja demikian. Walaupun hal tersebut bisa membuat Anda dan orang yang meminta pendapat Anda canggung setelahnya. Namun, hal tersebut dirasa bagus untuk mulai melatih kebiasaan jujur Anda. 

  • Cobalah untuk tetap diam dan tidak banyak bicara

Orang yang suka berbohong b iasanya pandai mengarang cerita. Saking pandainya, ceritanya begitu rumit dan panjang sampai-sampai kebohongannya tidak bisa dihentikan lagi. Maka dari itu, biasakan untuk menghemat kata-kata mulai sekarang. 

  • Cobalah mengaku jika Anda berbohong

Mendengarkan kata hati belum tentu membuat Anda menjadi orang yang paling jujur. Pastinya masih ada beberapa kebohongan kecil atau besar yang tidak sengaja Anda buat dan ucapkan ke orang lain.

Hal yang perlu dilakukan disini adalah berlatih lagi. Kali ini, cobalah untuk mengaku sehabis Anda berbohong. Dengan mengakui kesalahan tersebut, Anda pun bisa jadi lebih memahami pola pikir Anda sendiri. Anda jadi bisa bercermin, mengapa tadi berbohong dan apa yang akan terjadi jika kebohongan Anda diketahui orang. 

Nah, itulah beberapa trik mudah hentikan kebiasaan berbohong yang bisa Anda lakukan. Mulai sekarang, cobalah untuk selalu mengatakan apapun secara jujur. Ketika Anda sudah terbiasa mengatakan kebenaran, maka pola dalam pikiran Anda yang membuat Anda berbohong akan terlihat. Penting untuk terus waspada pada godaan yang membuat Anda berbohong sehingga Anda tidak akan kembali masuk pada kebiasaan berbohong. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 26 Oktober 2018 10:00:03

Related Post :
Manfaat
Manfaat Zat Asam Glikolat…

Asam glikolat merupakan zat…

Kesehatan
Prosedur Operasi untuk Pengobatan…

Pembedahan merupakan salah satu…

Kesehatan
Awas! Jangan Membaca Sambil…

Jangan membaca sambil tiduran…

Tips
Inilah Cara Memasak Mie…

Cara memasak mie instan…

Tips
Tips Cara Mengatasi Bursitis…

Berikut adalah beberapa tips…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Infeksi Nosokomial…

Tahukan anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cengkeh

Cara menghilangkan karang gigi dengan…

Tips
Tips Mengurangi Lemak di Wajah Agar Terlihat Kurus

Tips mengurangu lemak di wajah…

Kirim Pertanyaan
Top