Tips Hentikan Kebiasaan Kencing di Malam Hari Secara Efektif

Share dan Tag Temanmu di :

Padatnya aktivitas di siang hari sering kali membuat kita mersa lelah dan ingin segera beristirahat untuk memulihkan kembali energi yang telah digunakan. Namun, terkadang waktu istirahat Anda harus selalu terganggu karena sering buang air kecil di malam hari. Hal ini pasti membuat Anda merasa kesal. Apalagi jika hal ini terjadi setiap malam.

Secara medis, kebiasaan buang air kecil di malam hari disebut dengan istilah Nokturia. Pada dasarnya, sering buang air kecil di malam hari bukanlah suatu penyakit, hanya saja dalam banyak kasus kondisi ini bisa menjadi bagian atau efek dari penyakit tertentu yang mendasarinya, seperti akibat konsumsi obat antasida yang berlebihan dan penyakit diabetes. 

Sering atau tidaknya buang air kecil memang tergolong relatif, pasalnya kondisi ini umumnya dialami oleh lansia atau beberapa dengan masalah kesehatan tertentu. Bagaimanapin, hal ini tentu saja membuat tidut tidak nyaman dan bisa mengganggu kualitas istirahat Anda. 

Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan kencing di malam hari? Berikut informasinya!


Tips Hentikan Kebiasaan Kencing di Malam Hari Secara Efektif

Konsultasi dengan dokter merupakan salah satu cara yang paling baik untuk mengatasi kebiasaan kencing di malam hari. Pada sebagian besar kasus, jika penyebab Nokturia sudah ditemukan dan disembuhkan, maka gejalanya pun akan hilang dengan sendirinya. Perlu diketahui, ada kemungkinan lebih dari 1 penyebab Nokturia pada orang yang sama. 

Selain itu, berikut ini merupakan beberapa tips hentikan kebiasaan kencing di malam hari yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Batasi konsumsi air putih

Minum air putih sebelum tidur memang bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak. Namun, jika Anda minum air putih terlalu banyak, hal ini bisa menyebabkan Anda sering kencing di malam hari. 

Maka dari itu, batasi porsi air putih dengan minum 1 sampai 2 gelas beberapa jam sebelum tidur. Ini akan memberikan jeda waktu bagi cairan untuk diproses dalam tubuh sebelum menuju kandung kemih. 

Dengan minum air putih yang cukup, maka keinginan untuk buang air kecil bisa ditahan dan biasanya baru akan timbul setelah bangun tidur. Jadi, waktu tidur Anda pun tidak akan terganggu.

  • Batasi konsumsi garam

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Matsuo Tomohiru dari Nagasaki University di tahun 2017 menemukan bahwa mengurangi asupan garam pada makanan bisa membantu menurunkan intensitas buang air kecil di malam hari. Buktinya, peserta yang mengurangi asupan garam dari 10,7 gram menjadi 8 gram per hari cenderung lebih jarang buang air kecil di tengah malam. 

Selain itu, mereka juga mengaku tidurnya menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Hasilnya, mereka terbangun dengan perasaan lebih tenang dan segar di pagi hari. 

  • Batasi minuman berkafein dan alkohol

Seorang spesialis urologi di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, dr. Daniel Shoskes mengungkapkan bahwa konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi bisa mengiritasi kandung kemih. Lama-lama, kandung kemih yang terus teriritasi akan membuat Anda tidak mampu menahan keinginan buang air kecil di malam hari.

Sama halnya jika Anda sering minum alkohol sebelum tidur. Alkohol bisa menekan fungsi hormon antidiuretik (ADH) yang seharusnya menghambat produksi urine. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka semakin berkurang pula kadar hormon ADH dalam tubuh sehingga produksi urine menjadi tidak terkendali.

Untuk mengatasinya, segera kurangi konsumsi teh, kopi, dan alkohol sebelum tidur. Dengan begitu, maka Anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa harus bolak-balik ke kamari mandi. 

  • Perhatikan jenis obat-obatan yang dikonsumsi

Sering kencing di malam hari juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Jika Anda baru saja minum obat darah tinggi atau jensi obat diuretik lainnya, maka ini bis amenajdi akar penyebab Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. 

Obat diuretik seperti obat darah tinggi berfungsi untuk membantu ginjal dalam mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Semakin sedikit jumlah natrium dalam darah, maka semakin ringan pula kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah pun lama-lama akan jadi lebih stabil. 

Sayangnya, obat darah tinggi justru bisa meningkatkan intensitas buang air kecil. Terlebih lagi jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur. Sebagai solusinya, sebaiknya minum obat darah tinggi di pagi hari agar tidak mengganggu jam tidur Anda. 

Efek yang sama juga berlaku pada beberapa jenis obat antidepresan, seperti lithium, obat bius, obat pereda nyeri, dan antibiotik. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda terus terganggu dengan kebiasaan kencing di malam hari. 

  • Lakukan senam kegel

Jika dilakukan secara teratur, senam kegel bisa membantu mengendurkan otot kandung kemih yang terlalu aktif. Gerakan senam ini mengharuskan Anda berlatih mengencangkan dan mengendurkan otot-otot di sekitar uretra, persis seperti yang biasa dilakukan ketika buang air kecil. 

Cara senam kegel yang mudah dilakukan, yaitu kencangkan otot panggul bawah seperti saat menahan buang air kecil, kemudan tahan selama 5 detik. Jika sudah berhasil, kendurkan lagi otot-otot panggul  bawah selama 5 detik dan ulangi 4 sampai 5 kali hingga Anda terbiasa. Walaupun hal ini tidak mudah dilakukan, namun cara ini cukup ampuh untuk mencegah sering kencing di malam hari.

  • Gunakan kaus kaki

Selain untuk mencegah kaki kedinginan di malam hari, manfaat memakai kaus kaki saat tidur lainnya juga bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah kaki. Ketika Anda berbaring atau tidur, maka gaya gravitasi akan membuat cairan tubuh bergerak turun dan menumpuk di bagian kaki. 

Akibatnya, tekanan di pembuluh darah kaki menjadi meningkat dan menyebabkan ciaran diserap kembali ke aliran darah. Semakin banyak cairan yang terserap oleh pembuluh darah, amak semakin banyak pula jumlah urine yang akan dikeluarkan. 

Menggunakan kaus kaki saat tidur, terutama yang agak ketat, bisa membantu Anda mengatasi sering kencing di malam hari. Setelah itu, segera lepaskan kaus kaki ketika Anda bangun tidur untuk melancarkan kembali aliran darah di kaki.

Nah, itulah beberapa tips hentukan kebiasaan kencing di malam hari yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi Anda, sehingga dapat diketahui penyebabnya secara pasti. Dengan begitu, Anda akan mengetahui langkah penanganan mana yang tepat. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Sabtu, 27 Oktober 2018 10:35:13

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka…

Derajat dan tingkatan luka…

Manfaat
Menilik Manfaat Sehat Dibalik…

Sinom merupakan minuman tradisional…

Kesehatan
Mata Selalu Merah? Ketahui…

Mata anda selalu merah?…

Daun
Cara Pengolahan Daun Binahong…

Berikut adalah cara pengolahan…

Kesehatan
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh…

Bagi Anda yang merasa…

Alami
Pengobatan Tumor Payudara dengan…

Sebelum melakukan operasi pengangkatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Meredakan Sakit Maag dengan Ramuan Beras Kencur

Ramuan bras kencur merupakan salah…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top