Penyebab dan Gejala Gangguan Kerongkongan Akalasia

Share dan Tag Temanmu di :

Akalasia merupakan sebuah kondisi dimana esophagus atau kerongkongan kehilangan kemampuan dalam mendorong makanan keperut dari mulut. Penyakit yang tergolong langka ini biasanya diderita orang yang mengalami gangguan autoimun dan berusia paruh baya.


Pada orang normal, LES atau lower esophageal sphincter akan mengendur sehingga makanan bisa masuk keperut. Tetapi pada penderita akalasia, LES mengalami masalah dan tidak bisa mengendur dengan benar. Hal ini menyebabkan makanan akan menumpuk di bawah kerongkongan atau naik kembali ke atas. LES merupakan lingkaran otot di bagian bawah kerongkongan yang bisa terbuka dengan otomatis ketika minuman atau makanan turun ke perut. LES bisa tertutup dengan sendirinya untuk mencegah makanan dan asam yang ada di perut naik ke kerongkongan.

Penyebab akalasia adalah adanya kerusakan dan hilangnya saraf-saraf pada dinding kerongkongan. Tetapi penyebab dari rusaknya saraf tersebut masih belum diketahui. Akalasia juga dihubungkan dengan gangguan autoimun seperti lupus, sindrom Sjogren, dan uveitis. Berikut beberapa komplikasi dari penyakit akalasia.

  • Pneumonia. Hal ini disebabkan karena masuknya makanan ke dalam paru-paru.
  • Regurgitasi. Terjadi karena asam lambung atau makanan naik lagi ke kerongkongan.
  • Kanker esophagus. Kerongkongan yang tersumbat oleh makanan dalam jumlah banyak bisa memberikan risiko terkena kanker esophagus.
  • Perforasi esophagus. Hal ini disebabkan karena dinding kerongkongan robek.

Gejala utama yang dirasakan penderita akalasia diantaranya adalah sakit dada yang akan bertambah parah usai makan, disfagia atau kondisi dimana penderita kesulitan dan kesakitan saat menelan makanan, nyeri pada ulu hati, muntah yang menetes dari mulut, serta berat badan yang turun tanpa alasan jelas.

Diagnosis akalasia dilakukan dokter dengan beberapa cara. Diantaranya adalah :

Pencitraan dengan Sinar X dan Barium. Penderita akan menelan cairan berupa zat kimia barium sehingga kerongkongan bisa tampak saat gambar diambil dengan sinar-X. Diameter kerongkongan secara normal akan tampak cukup lebar dan barium tampak lancer memasuki lambung. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada orang yang menderita akalasia.

Endoskopi. Instrumen fleksibel ini disertai dengan kamera di ujungnya akan dimasukkan ke dalam kerongkongan bagian bawah sehingga dokter bisa memeriksa dinding perut dan kerongkongan.

Pengobatan akalasia adalah untuk membuka otot LES agar makanan serta minuman bisa masuk ke dalam perut. Penanganan untuk kasus ini diantaranya adalah pelebaran kerongkongan, obat-obatan, pembedahan, dan injeksi botox. Jenis obat yang dikonsumsi untuk penderita akalasia adalah nifedipine atau nitrate.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 05 September 2016 13:38:04

Related Post :
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Ubi…

Menurut penelitian, ubi ungu…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak…

Cara menggunakan lensa kontak…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Penyakit
Faktor Resiko Autoimun Yang…

Penyakit autoimun adalah penyakit…

Penyakit
Faktor Penyebab Utama Terjadinya…

Faktor penyebab utama terjadinya…

Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi…

Penting untuk penderita diabetes…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Dry Socket Dan Penyebabnya Yang Perlu Diwaspadai!

Anda tengah mengalami rasa sakit…

Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu Diketahui

Beberapa gejala yang muncul dari…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Abses Beserta Gejala Dan Penyebabnya

Jenis-jenis penyakit abses beserta gejala…

Kirim Pertanyaan
Top