Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh yang baik dan perlu dilakukan oleh setiap orang untuk mengembalikan energi yang telah digunakan untuk beraktivitas seharian. Berbicara mengenai tidur sendiri, setiap orang memiliki gaya tidur masing-masing, mulai dari hadap kanan, kiri, telentang, hingga tengkurap. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, tapi karena sudah menajdi kebiasaan masing-masing sejak kecil. 

Perlu diketahui, tidak semua posisi tidur baik untuk kesehatan. Menurut beberapa ahli, tengkurap merupakan posisi tidur yang harus dihindari. Pasalnya, posisi tidur tengkurap memiliki dampak negatif bagi kesehatan jika dilakukan secara terus menerus. Benarkah?


Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan

Beberapa orang mengaku bahwa tidur dengan posisi tengkurap bisa membantu membuat mereka tidur lebih nyenyak. Namun sayangnya, posisi tidur tengkurap justru disebutkan sebagai posisi tidur terburuk bagi kesehatan. 

Walaupun bisa membantu mencegah sleep apnea dan kebiasaan ngorok, namun para ahli sepakat bahwa tidur dengan posisi tengkurap bisa memberikan lebih banyak risiko dibandingkan manfaatnya bagi kesehatan. 

Berikut ini merupakan beberapa bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan yang perlu diketahui dan diwaspadai, yaitu diantaranya :

  • Leher kaku

Tidur secara tengkurap membuat Anda secara tidak sadar memelintir leher ke kanan atau kiri selama tidur. Akibatnya, sepanjang tulang leher dan tulang belakang jadi tidak lurus dan ini bisa berakibat fatal.

Memang, Anda mungkin tidak akan merasakan sakit leher saat pertama kali tidur dengan posisi tengkurap. Namun, Andrew Bang , DC, seorang dokter spesialis chiropractic dari Cleveland Clinic, mengungkapkan bahwa sendi leher akan bergeser sedikit demi sedikit dan memicu kerusakan serius jika tidak segera ditangani.

Posisi tidur tengkurap bisa membuat Anda mengalami leher kaku yang parah, atau dalam istilah medis disebut dengan herniated disc. Herniated disc adalah kondisi ketika diskus pada tulang leher menyembul dan pecah. Diskus yang bocor ini akan mengeluarkan gelatin di dalamnya yang kemudian bisa mengiritasi tulang belakang. Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa dan memerlukan penanganan secepatnya jika mengalami hal ini. 

  • Nyeri tulang belakang

Orang yang sering tidur dengan posisi tengkurap sering kali mengeluh kesakitan saat bangun tidur. Letak sakitnya berbeda-beda, mulai dari bagian leher, punggung, atau persendian. Hal ini tentu merupakan akibat dari prosisi tidur yang salah.

Dilansir dari Mayo Clinic, tidur dengan posisi tengkurap bisa mengubah kurva alami tulang belakang yang menyebabkannya kaku dan menegang. Sedangkan berat badan berpusat pada bagian tengah tubuh alias tulang belakang. Ketika tidur dengan posisi tengkurap, maka teanan pada bagian tengah tubuh jadi tidak seimbang sehingga memicu nyeri tulang belakang. 

Terlebih lagi, tulang belakang merupakan saluran utama yang terisi oleh banyak saraf tubuh. Jika tulang belakang ini mengalami nyeri, maka otomatis saraf-saraf tubuh didalamnya akan ikut terganggu. Itulah sebabnya mengapa Anda mungkin akan mengalami kesemutan bahkan mati rasa pada beberapa bagian tubuh setelah bangun tidur.

  • Janin tergencet 

Ibu yang sedang hamil sering kali mengalami kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang bisa membuatnya tetap nyaman dan aman. Padahal, ibu hamil memerlukan tidur yang berkualitas agar kesehatan ibu dan janinnya tetap terjaga. 

Namun, perlu diketahui, sebaiknya ibu hamil menghindari posisi tidur tengkurap. Hal ini disebabkan karena berat badan ekstra di bagian perut bisa menekan tulang belakang dan justru memicu nyeri punggung. 

Selain berdampak pada ibu, bayi yang ada didalam kandungan pun akan ikut tergencet jika ibu memaksakan tidur dengan posisi tengkurap. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan jadi terganggu.

Itulah beberapa bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan yang perlu diwaspadai.Tidur tengkurap sebenarnya boleh dilakukan, namun dengan catatan Anda tidak memiliki riwayat penyakit tertentu yang bisa memperparahnya. Seperti penyakit jantung atau sesak napas

Nmaun, sebisa mungkin hindari kebiasaan tdiur dengan posisi tersebut agar tidur Anda jadi lebih nyenyak dan aman bagi kesehatan. Dengan posisi tidur yang tepat, maka Anda akan terhindar dari berbagai efek samping yang buruk bagi kesehatan, serta kualitas tidur Anda pun akan jauh lebih baik.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 29 Oktober 2018 10:02:28

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Inilah Jenis-jenis Stroke…

Sama halnya seperti kanker…

Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi…

Selain telur bebek dan…

Kesehatan
Bengkak Di Leher? Waspadai…

Selain gondongan, berikut ini…

Obat Kimia
Obat Untuk Menangani Gangguan…

Obat untuk menangani gangguan…

Penyakit
Waspadai Ciri Dan Gejala…

Waspadai ciri dan gejala…

Ibu Dan Anak
Jenis Vitamin Untuk Meningkatkan…

Memberikan beberapa jenis vitamin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa Rusak Sistem Pendengaran

Salah membersihkan telinga dengan memasukkan…

Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab sembelit saat hamil.…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan Pantyliner Berbahaya Menurut YLKI

Berikut adalah daftar merek pembalut…

Kirim Pertanyaan
Top