Mengenal Jenis Penyakit Yang Menyerang Peredaran Darah

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal jenis penyakit yang menyerang peredaran darah,- Darah ialah salah satu komponen penting dalam tubuh yang memengaruhi kinerja organ tubuh. Bila saluran darah mengalami gangguan, maka dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan. Dan jenis penyakit yang menyerang peredaran darah berikut ini sangat penting untuk diketahui. Karena penyakit pada peredaran darah ialah salah satu penyakit yang berbahaya.


Jenis Penyakit Yang Menyerang Peredaran Darah

  • Jantung koroner

Salah satu jenis penyakit yang menyerang peredaran darah adalah penyakit jantung koroner. Gejala jantung koroner yaitu detak jantung tak beraturan, terasa nyeri di dada dan rasa nyeri tersebut muncul berulang-ulang serta mengalami pembengkakan di pergelangan tangan dan kaki. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jantung koroner yaitu olahraga secara teratur, batasi makan makanan yang berlemak tinggi dan hindari stres.

  • Gagal jantung

Tidak hanya jantung koroner saja, gagal jantung pun termasuk jenis penyakit yang menyerang peredaran darah. Gagal jantung terjadi saat organ jantung gagal untuk bekerja secara optimal. Gejala gagal jantung diantaranya sesak nafas, mudah lelah, mengalami pembengkakan pada kaki dan paru-paru.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit gagal jantung diantaranya kurangi asupan lemak jahat, olahraga secara teratur, batasi asupan garam dan berhenti merokok.

  • Hipertensi

Jenis penyakit lainnya yang menyerang peredaran darah ialah hipertensi. Selain faktor keturunan, faktor lainnya yang menjadi penyebab hipertensi adalah sering konsumsi makanan yang banyak lemak, merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Gejala hipertensi yaitu pusing, sakit kepala, mual dan ingin muntah serta penglihatan tiba-tiba berkurang. Dan untuk mencegah hipertensi yaitu batasi minum minuman kafein tinggi dan bersoda, hindari konsumsi garam yang berlebihan serta olahraga teratur.

  • Hipotensi

Hipotensi yaitu sebuah kondisi dimana tekanan darah lebih rendah dari batas normal. Gejala hipotensi diantaranya kepala berkunang-kunang, tiba-tiba pingsan dan pandangan buram.

  • Hemofilia

Hemofilia ialah salah satu kelainan pada darah. Gejala hemofilia yaitu lebam di pembuluh darah kulit, mengalami perdarahan di daerah sekitar persendian, kebas di ujung kaki dan tangan.

  • Leukemia

Leukemia atau disebut dengan kanker darah. Gejala leukemia yaitu mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, terlihat pucat pada wajah, mudah memar, perdarahan pada hidung, demam dan menurunnya nafsu makan.

  • Neutropenia

Neutropenia ialah penyakit pada sistem peredaran darah dimana terjadi defisiensi dari sel darah putih yang bertindak melepaskan zat kimia untuk menyerang infeksi dalam tubuh. Biasanya gejala tak terlihat seketika.

Hingga saat ini neutropenia belum bisa dicegah, akan tetapi jika anda mengalami gejala neutropenia. Maka bisa dilakukan pengobatan yaitu dengan pemberian obat dan transfusi darah.

  • Thalassemia

Thalassemia ialah penyakit sistem peredaran darah yang bersifat genetik. Gejala thalassemia yaitterdapat benjolan pada perut bila raba. Pencegahan thalassemia yaitu dengan konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan hindari konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Itulah beberapa jenis penyakit yang menyerang peredaran darah lengkap dengan gejala dan tips pencegahannya. Setelah mengetahui penyakit pada peredaran darah, maka anda bisa lebih mewaspadai jenis penyakit yang menyerang peredaran darah.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 31 Oktober 2018 11:04:36

Related Post :
Ibu Dan Anak
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Terong…

Kandungan dan manfaat terong…

Kewanitaan
Mengalami Iritasi Atau Gatal…

Anda tengah mengalami vagina…

Manfaat
Manfaat Buah Bintaro Yang…

Bintaro adalah tanaman peneduh…

Kesehatan
Ketahui Kesalahan Mencuci Wajah…

Mencuci wajah merupakan salah…

Penyakit
Cara Mengobati Infeksi Ginjal…

Cara mengobati infeksi ginjal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala Dan Pengobatannya

Informasi tentang jenis-jenis kanker beserta…

Penyakit
Penyebab Gejala Neuropati Perifer dan Pengobatannya

Penyebab gejala neuropati perifer dan…

Penyakit
Gangguan Mata Katarak pada Manula dan Gejalanya

Katarak merupakan salah satu penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top