Manfaat Arang Aktif (Activated Charcoal) Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan arang aktif. Ini telah lama digunakan dalam dunia kesehatan yang berfungsi untuk menarik racun keluar dari tubuh. Bahkan, pada zaman dulu orang mengonsumsi arang aktif untuk mengatasi diare dan dkeracunan. 

Secara tradisional, arang aktif ini digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, mencegah mabuk, mengurangi gas dalam usus, mengurangi kolesterol darah, hingga mengatasi overdosis obat.

Apakah arang aktif ini benar-benar memiliki manfaat untuk kesehatan dan aman untuk dikonsumsi? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini!


Mengetahui Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan Tubuh

Arang aktif atau Activated Charcoal kini telah menjadi tren dalam dunia kesehatan dan kecantikan yang disebutkan mampu membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya. 

Namun perlu diketahui, arang aktif yang digunakan disini bukanlah arang yang biasa digunakan untuk menghidupkan bara api, tetapi bubuk hitam halus yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang tulang, batok kelapa, gambut, dan sebagainya. 

Saat ini telah banyak produk, mulai dari makanan hingga kecantikan, yang menggunakan arang aktif sebagai bahan dasarnya. Selain itu, biasanya aranga ktif ini juga tersedia dalam bentuk pil atau serbuk. Lalu, apa saja manfaat arang aktif bagi kesehatan tubuh ?

Selain dapat mengukat dan membuang racun dalam tubuh, ada beragam manfaat arang aktif lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

  • Meredakan perut kembung dan masuk angin

Sebuah penelitian dalam American Journal of Gastroenterology, membuktikan bahwa arang aktif bisa mengikat zat-zat yang bisa menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan. Zat-zat tersebut biasanya berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi 1 butir norit dan minum air sebanyak mungkin agar bisa mempercepat proses pembuangan cairan atau gas berlebih dalam tubuh. 

  • Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Beberapa penelitian menujukkan, jika mengonsumsi arang aktif dapat menurunkan kadar kolesterl jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Mekanisme penurunan kolesterol ini diduga berhubungan dengan pemecahan lemak di empedu yang tidak diserap oleh usus. Walaupun begitu, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya. 

  • Membersihkan saluran pencernaan

Tanpa disadari, saluran pencernaan biasanya dipenuhi dengan sisa-sisa zat atau racun yang berisiko menimbulkan reaksi alergi tertentu jika tidak dibersihkan. Dengan mengonsumsi pil arang aktif, maka Anda bisa membersihkan saluran pencernaan. Hal ini bisa membantu meredakan nyeri sendi, menambah energi, serta meningkatkan kesehatan mental.

  • Sebagai penawar racun

Umumnya arang aktif digunakan secara aman di rumah sakit untuk mengatasi overdosis obat ataupun keracunan. Arang aktif bekerja dengan cara menyerap senyawa kimiawi yang tidak seharusnya di dalam tubuh, dan harus diberikan dalam rentang waktu 1 jam setelah seseorang mengalami keracunan. 

Perlu diketahui, tidak semua jenis keracunan bisa diatasi dengan arang aktif. Beberapa keracunan seperti keracunan alkohol, sianida, litium, harus diberikan penanganan khusus di rumah sakit. 

  • Mengoptimalkan fungsi ginjal

Paada orang sehat, ginjal mampu menyaring darah tanpa bantuan apa pun. Sedangkan pada orang dengan gagal ginjal kronis, ginjal kesulitan untuk menyaring senyawa yang tidak digunakan lagi oleh tubuh. Penggunaan arang aktif ini bisa membantu kerja ginjal dalam menyaring racun dan senyawa lainnya yang sudah tidak diperlukan lagi.

  • Memutihkan gigi

Banyak orang yang percaya bahwa menggosok gigi dengan arang aktif atau pasta gigi yang mengandung arang aktif, bisa membuat gigi lebih putih. Memang, berdasarkan teorinya arang aktif menyerang kotoran di permukaan gigi dan membantu menghilangkan plak sehingga gigi tampak lebih putih. 

Namun, hingga saat ini seluruh dokter tidak menganjurkan penggunaan arang aktif sebagai pemutih gigi alami. Pasalanya, arang aktif dianggap bisa merusak email gigi. Jika ingin memutihkan gigi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mendapatkan pilihan yang tepat. 

  • Mempercantik kulit

Ketika membeli kosmetik, Anda mungkin sering melihat beberapa merk kosmetik yang mempromosikan produknya yang berbahan dasar charcoal. Ya, selain digunakan untuk kesehatan, arang aktif juga banyak digunakan untuk keantkan. 

Menggunakan produk kosmetik yang berbahan dasar arang aktif, seperti masker atau sabun wajah, bisa membantu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

Cara bekerja aranga ktif untuk mempercantik kulit yaitu dengan menyerap racun pada kulit yang berasal dari polusi udara sekitar. Racun pada kulit ini bisa menyebabkan pori-pori wajah membesar dan jerawat.

Namun, Anda harus tetap waspada. Pasalnya tidak semua jenis kulit cocok dengan arang aktif. Jika timbul iritasi atau kemerahan, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter spesialis kulit. 

  • Mencegah penuaan dini

Penuaan memang merupakan proses yang alami dan wajar dialami oleh siapapun. Namun, beberapa faktor luar seperti bahan kimia dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, paparan polusi, dan gaya hidup yang kurang sehat bisa mempercepat proses penuaan dini. 

Untuk menjaga fungsi normal ginjal dan hati dari proses penuaan dini, maka bersihkan segala racun dan zat kimia berbahaya dengan mengonsumsi arang aktif. Jadi, setelah Anda mengonsumsi junk food, sayur atau buah yang tidak organik, atau mengirup asap rokok, maka segeralah minum pil yang mengandung zat arang aktif. 

Nah, itulah beberapa manfaat arang aktif yang baik untuk kesehatn tubuh. Meskipun memiliki berbagai khasiat yang baik, namun Anda harus tetap memperhatikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi. 

Arang aktif bisa mengurangi penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan, menurunkan efektivitas obat tertentu, dan konstipasi. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan arang aktif sebagai proses detoks tubuh. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Kamis, 01 November 2018 11:26:31

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Menjaga Kesehatan…

Tips cara menjaga kesehatan…

Penyakit
Waspadai 6 Kandungan Bahan…

Waspadai 6 kandungan bahan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Mengenal Gejala Fibrilasi Atrium…

Tahukah anda apa itu…

Tips
Cara Menjaga Hati Agar…

Mengingat begitu pentingnya fungsi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Buah Yang Mengandung Senyawa Flavonoid dan Manfaatnya

Buah Yang Mengandung Senyawa Flavonoid…

Manfaat
Inilah Manfaat Masker Tomat Untuk Wajah Yang Harus Diketahui

Anda suka maskeran? gunakan masker…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top