Wajib Tahu! Penyakit Ini Bisa Diprediksi dari Kondisi Tangan

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika tubuh mengalami gangguan, maka akan ada gejala yang timbul. Hal ini bisa dilihat dari kondisi mulut, mata, kulit, bahkan hingga ke tangan. Ya, beberapa kondisi yang ditimbulkan oleh tangan Anda bisa menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh. Maka dari itu, Anda patut waspada jika mengalami keanehan atau perubahan pada tangan. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu.


Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Kondisi Tangan

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang bisa dideteksi dari kondisi tangan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Anemia : Kulit dan kuku pucat

Semua jenis anemia bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan kulit jadi lebih pucat. Hal ini disebabkan karena anemia menandakan bahwa tubuh tidak bisa memproduksi darah merah yang kaya akan oksigen dengan baik. Tidak tercukupinya kebutuhan sel dalam merah membuat wajah sampai kuku menjadi pucat.

Selain perubahan pada warna kulit tangan dan kuku, anemia juga bisa menimbulkan gejal lainnya, seperti tubuh mudah lelah, timbul memar pada kulit, mudah terluka dan darah sulit membeku, serta kram kaki. 

  • Penyakit paru dan jantung : Ujung jari menggelembung

Clubbed nails adalah bentuk kuku yang menonjol atau menggelembung di bagian ujungnya. Menggelembungnya ujung jari ini disebabkan oleh kadar oksigen yang rendah dalam darah. Kelainan bentuk kuku jari ini bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, namun umumnya disebabkan oleh penyakit paru dan jantung.

  • Parkinson : Tangan gemetar

Ada beragam hal yang bisa menyebabkan tangan gemetar, seperti diantaranya kelelahan, minum kopi terlalu banyak, mengonsumsi obat asma atau antidepresan. Namun, Anda perlu waspada jika tangan gemetar tanpa alasan yang jelas atau bahkan terjadi saat sedang istirahat.

Kondisi tersebut kemungkinan besar merupakan salah satu gejala penyakit parkinson. Selain tremor, penyakit parkinson juga akan menimbulkan gejala lainnya, seperti kekakuan otot dan gerakan tubuh yang lebih lambat dari biasanya, kemampuan menulis dan berbicara menurun, serta sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Fenomena Raynaud : Ujung jari membiru

Ujung jari yang berwarna kebiruan bisa menandakan fenomena Raynaud. Fenoma Raynaud merupakan kondisi dimana aliran darah ke jari tangan, kaki, ujung hidung, atau telinga berkurang. 

Selain perubahan warna, kondisi ini juga bisa menimbulkan gejala mati rasa atau timbul sensasi di tusuk-tusuk benda tajam. Awalnya, warna kulit normal berubah menjadi putih, dalam beberapa saat kemudian membiru dan terasa dingin. 

Ketika sirkulasi darah sudah kembali membaik, maka area kulit yang dingin menjadi lebih hangat. Warna kulit pun kembali normal. 

  • Peyakit hati : Telapak tangan merah

Telapak tangan yang memerah bisa terjadi ketika tangan menekan atau tertekan sesuatu dalam waktu yang lama. Namun, tangan memerah bisa juga menjadi gejala penyakit hati, lebih tepatnya sirosis hati. Kondisi memerahnya telapak tangan juga disebut dengan palmer eritrema. 

Selain palmer eritrema, bintik darah yang disebut dengan purpura juga bisa timbul. Bintik ini berwarna merah keunguan seukuran jarum pentul. terbentuk akibat protein dalam darah menggumpal karena cuaca dingin dan memblokir aliran darah.

Nah, itulah beberapa jenis penyakit yang bisa dideteksi dari kondisi tangan Anda. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab timbulnya perubahan pada tangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan solusi pengobatannya. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 03 November 2018 10:35:07

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma…

Pantangan bagi penderita asma…

Kewanitaan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Selain mengetahui cara mengobati…

Ibu Hamil
Apakah Ibu Hamil Boleh…

Buah nangka memiliki rasa…

Kesehatan
Amankah Mengatasi Rematik dengan…

Pada umumnya, penyakit ini…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Tips Membersihkan Usus Besar…

Cara dan tips membersihkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Waspada! Ini Gejala Stroke Hemoragik Dan Faktor Penyebabnya

Berbagai faktor penyebab stroke hemoragik…

Kesehatan
Nyeri Di Pinggul? Inilah Penyebabnya Yang Perlu Diketahui

Selain nyeri punggung dan pinggang,…

Kirim Pertanyaan
Top