Mengetahui Khasiat dan Manfaat Sehat Dibalik Biji Kecil Kuaci

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuaci. Biji bunga matahari atau kuaci ini sering dijadikan sebagai cemilan yang cukup banyak disukai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kuaci termasuk salah satu makanan ringan yang bisa bikin ketagihan. Pasalnya, selain karena ukurannya yang cukup kecil, mengonsumsi kuaci yang sudah ditambahkan bumbu juga membuat makanan ini menjadi semakin nikmat.

Namun, apakah Anda tahu, ternyata kuaci bukan sekedar cemilan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Benarkah? Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata didalam kuaci ini tersimpan banyak manfaat kesehatan. 


Khasiat dan Manfaat Sehat Kuaci

Biji bunga matahari merupakan makanan yang sangat baik untuk mencukupi gizi yang diperlukan oleh tubuh dan juga termasuk sumber minyak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, biji bunga matahari juga merupakan sumber nutrisi lainnya. 

Hampir 90% kandungan nutrisi yang ada dalam kuaci adalah lemak, yaitu lemak baik atau lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang dapat membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E dan vitamin B1 (Thiamin), mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat. 

Jika dilihat dari segi kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak heran jika cemilan yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat kuaci yang baik bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Menurunkan kolesterol

Kuaci mengandung senyawa pitosterol yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol, menambah respon imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi seperempat cangkir kuaci setiap hari dapat menjauhkan diri dari penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena didalam kuaci terkandung lebih dari 60% vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk mengingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Tidak hanya itu, vitamin E juga dapat membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan. 

  • Menyehatkan tulang

Kuaci juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai tambahannya, didalam kuaci juga terkandung vitamin E yang dapat membantu meredakan rada nyeri akibat penyakit rematik.

  • Sebagai antioksidan yang baik

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung, dan asma bisa diredakan dengan cara mengonsumsi kuaci. Hal ini disebabkan karena biji bunga matahari merupakan sumber antioksidan yang baik. 

  • Obat penenang

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sakit kepala migrain, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan magnesium yang ada didalam kuaci berfungsi sebagai obat penenang sehingga mereka yang mengonsumsi kuaci akan terhindar dari stres, migrain, dan tetap rileks. 

  • Membantu membantu mencegah kanker

Salah satu manfaat kuaci lainnya yaitu sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama dari sel kanker. Selenium telah terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, selain itu juga mampu menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker. 

  • Memelihara kadar homosisten

Kuaci juga mengandung folat yang membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap normal. 

  • Menyehatkan kulit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kuaci kaya akan kandungan vitamin E, Selain baik untuk kesehatan, vitamin E juga mampu menyehatkan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kuaci. Meskipun kita sering dibuat jengkel saat makan kuaci, namun dengan kandungan serta manfaatnya tentu kita tidak akan rugi. Maka dari itu, mulai dari sekarang jangan ragu untuk ngemil kuaci bahkan ketika sedang diet sekalipun. Karena kuaci tidak akan mengganggu program diet Anda, tetapi justru akan menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara umum. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 06 November 2018 10:14:40

Related Post :
Kesehatan
8 Makanan untuk Atasi…

Duduk terlalu lama memang…

Penyakit
Dampak Setelah Operasi Ganglion…

Dampak setelah operasi ganglion…

Kesehatan
Bahaya Abu Vulkanik Letusan…

Saat terjadi letusan gunung,…

Kesehatan
Makanan Sehat Penurun Kolesterol…

Makanan sehat penurun kolesterol…

Kesehatan
Mengetahui Cara Diagnosis dan…

Berikut ini merupakan informasi…

Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik…

Bahan makanan organik dipercaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Yogurt Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top