Wajib Tahu! Ini Fungsi Otak Kecil yang Tak Sekecil Ukurannya

Share dan Tag Temanmu di :

Kita semua tahu bahwa manusia memiliki otak yang akan memberi perintah kepada setiap organ tubuh untuk emlakukan fungsinya masing-masing. Otak juga yang memberi perintah tubuh untuk bertindak sebahai respons. Begitu banyak fungsi yang dimiliki otak maka peran otak dalam kehidupan sangatlah penting. 

Apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui seberapa besar ukuran otak manusia? Berat otak manusia dewasa rata-rata sekitar 1,4 kg sementara panjangnya sekitar 15 cm atau setara dengan ukuran 2 kepalan tangan orang dewasa. Meskipun terlihat sebagai satu kesatuan yang padat, namun otak terdiri dari beberapa bagian pendukung. Salah satu bagian otak yang memiliki peranan yang sangat penting yaitu otak kecil atau cerebellum. Apa saja fungsinya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Mengetahui Fungsi Otak Kecil atau Cerebellum

Dilansir dari Wikipedia, otak kecil atau cerebellum merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di atas batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai pengontrol gerak dan kesetimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. 

Otak kecil memiliki ukuran seperti bola base, terletak di bawah lobus oksipitalis, dan terletak di bagian atas batang otak. Hampir keseluruhan volume cerebellum terdiri dari 'rajutan' lapisan materi abu-abu yang sangat tips nan rapat, atau disebut juga folium. 

Ketika gulungan folium diurai terbuka, maka Anda akan mendapatkan sehelai lapisan jaringan saraf dengan panjang 1 meter dan tebal 5 cm. Luas permukaan totalnya bisa mencapai 500 cm persegi. 

Meski diebut otak kecil, namun Anda jangan menganggapnya remeh. Pasalnya, otak kecil ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengontrol tubuh, keseimbangan dan koordinasi otot-otot. Otak kecil ini menjadi rumah untuk lebih dari 50% total jumlah neuron yang ada dalam otak. Hal ini membuat otak kecil sebagai bagian otak yang bekerja paling cepat. 

Lalu, apa saja fungsi otak kecil ini? Berikut penjelasannya !

  • Mempelajari gerakan baru

Otak kecil dapat membantu tubuh untuk mempelajari gerakan yang memerlukan latihan berulang dan teknik khusus. Seperti naik sepeda, melempar bola basket ke dalam ring, atau berenang. 

Pada awalnya, Anda pastik tidak langsung bisa, butuh proses untuk mencoba gerakan sampai akhirnya benar-benar sempurna. Proses penyempurnaan gerakan inilah peran dari otak kecil. 

Cerebellum akan menyimpan proses coba-coba yang sebelumnya sudah dilakukan, untuk kemudian memberikan instruksi pada anggota tubuh yang perlu digerakkan sesuai dengan memori tersebut. Dengan proses ini, maka Anda memiliki kontrol gerakan yang lebih baik untuk satu manuver tertentu.

  • Mengontrol gerakan

Bergerak sejatinya adalah sebuah proses yang rumit. Ada banyak otot dan saraf yang terlibat untuk melakukan satu gerakan sederhana. Misalnya berjalan, berlari, hingga melempar bola. 

Peran utama otak kecil dalam hal ini yaitu mengontrol gerakan (kontrol motorik). Cerebellum tidak memulai atau membuat gerakank, tetapi menyokong fungsi koordinasi anggota gerak, ketepatan pergerakannya, dan waktu gerak yang akurat. Otak kecil ini memastikan bahwa tubuh benar-benar bergerak sesuai dengan apayang diminta. 

Otak kecil akan menerima sinyal dari pusat sensor utama di tulang belakang dan bagian otak lainnya, kemudian mengolah sinyal tersebut untuk menyempurnakan aktivitas motorik tubuh. 

  • Menjaga keseimbangan dan postur tubuh

Otak kecil memiliki sensor khusus untuk mendeteksi keseimbangan. Otak kecil inilah yang akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menyesuaikan gerakan agar tidak jatuh. Sederhananya, tanpa otak kecil Anda tidak mungkin bisa menjaga keseimbangan saat duduk, berjalan, ataupun berdiri. 

Maka dari itu, ketika otak kecil terganggu, misalnya akibat minum alkohol dalam jumlah yang banyak, maka Anda akan lebih sulit untuk mengatur gerak dan menjaga keseimbangan tubuh. 

  • Mengatur gerakan bola mata

Tidak hanya mengatur fungsi anggota gerak, otak kecil juga mengatur gerak bola mata. Di balik bola mata ada banyak sekali otot penggerak yang bisa membuat Anda melirik ke kanan-kiri dan atas-bawah. Semua otot dan saraf tersebut diatur oleh otak kecil agar gerakannya benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. 

Sebagai salah satu organ tubuh terbesar dan paling rumit, maka kesehatan otak harus selalu dijaga. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menajamkan fungsi otak, yaitu diantaranya :

  • Membiasakan olahraga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung kalsium dan kalium sebagai sumber mineral yang penting bagi sistem saraf.
  • Menghentikan kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol dan psikotoprika. 
  • Lindungi bagian vital, yaitu dengan menggunakan helm saat mengendarai sepeda atau sepeda motor.
  • Melatih diri dengan aktivitas belajar sambil bermain yang bermanfaat, seperti mengisi teka-teki silang, mengusun puzzle, memainkan alat musik, menggambar, melukis, dan kegiatan seni yang membuat otak bekerja. 

Dengan fungsi yang dimilikinya, maka sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan serta fungsi otak kecil secara keseluruhan. Kondisi otak yang sehat akan mendukung tubuh dan pikiran selalu terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 07 November 2018 10:04:13

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Buah Bit…

Informasi lengkap tentang buah…

Kesehatan
Ini Bahaya Penggunaan Minyak…

Waspadai berbagai bahaya dan…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Olahraga untuk Usir Lemak…

Perut buncit atau naiknya…

Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan…

Terapi penanganan sinusitis ringan…

Tips
Cara Mengatasi Ulu Hati…

Penggunaan obat-obatan memang dapat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Dan Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Berikut adalah bahaya tidur setelah…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Liver Yang Harus Dihindari

Pantangan makanan bagi penderita liver…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Daftar menu sarapan sehat untuk…

Kirim Pertanyaan
Top