Efek Mengerikan Mabuk Rebusan Pembalut yang Tengah Viral

Share dan Tag Temanmu di :

Akhir-akhir ini media sosial dihebohkan dengan kasus remaja di Jawa Tengah yang kedapatan mabuk dengan menggunakan air rebusan pembalut. Para remaja ini menuturkan jika air rebusan pembalut bisa memberikan efek mabuk atau nge-fly, kepala ringan, dan halusinasi tetapi seram.

Cukup banyak remaja yang melakukan hal tersebut, karena remaja memang suka penasaran dan seringnya tidak mendapatkan informasi yang benar. Lalu, apakah efek mabuk rebusan pembalut bagi tubuh?


Efek Mengerikan Mabuk Rebusan Pembalut Bagi Kesehatan

Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, AKBP Suprinanto membenarkan adanya kasus ini. Menurut beliau, banyak remaja yang berkelompok dengan jumlah 6 sampai 10 orang yang menggunakan air rebusan pembalut untuk mabuk. Sebagian besar dari para remaja ini merupakan anak jalanan yang penasaran. Selain di Jawa Tengah, kasus ini juga pernah ditemui di Karawang dan Yogyakarta. 

Sementara itu, Psikolog dari Unika Soegijapranata Semarang, Indra Dwi Purnomo, MPsi, menyebutkan remaja yang mabuk air rebusan pembalut ini rata-rata berusia 14 tahun. Mereka sepertinya mencari gel di dalam pembalut untuk mendapatkan efek memabukkan. 

Walaupun terlihat sepele, namun pakar kesehatan menyebutkan jika ada bahaya yang bisa didapatkan jika sering mengonsumsi air rebusan pembalut demi mendapatkan efek nge-fly. Hal ini disebabkan karena ada banyak zat kimi didalam pembalut yang dikhawatirkan bisa menyebabkan timbulnya dampak buruk bagi kesehatan. 

Sebagai contoh, organ seperti ginjal dan hati akan terpapar bahan-bahan kimia yang bersifat karsinogen sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan peningkatkan risiko terkena penyakit kanker. 

Entah darimana mereka mendapatkan cara mabuk yang terbilang tidak biasa tersebut. Mereka menyebutkan jika efek mabuk rebusan pembalut ini mirip dengan sabu. Padahal, bisa jadi hal ini lebih ke sugesti mereka saja. Indra Dwi Purnomo menjelaskan, jika pada remaja ini akan diberi pendampingan dan rehabilitas sehingga diharapkan tidak akan mengulangi tindakan berbahaya ini kembali. 

Sebelumnya, para remaja juga sering mabuk dengan cara menenggak obat batuk cair berlebihan, menghisap lem (ngelem), hingga mencampur ciu dengan deterjen dan minuman berenergi. 

Sebagian besar pengguna benda-benda tersebut adalah para remaja yang memiliki rasa keingintahuan yang cukup besar. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang masih berusia remaja, maka sebaiknya berikan pemahaman agar tidak sampai ikut-ikutan melakukan tindakan yang berbahaya ini dan tentunya merugikan dirinya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 08 November 2018 08:39:53

Related Post :
Alami
Cara Menghilangkan Panu Secara…

cara menghilangkan panu secara…

Ibu Hamil
Manfaat Berenang Pada Masa…

Manfaat berenang pada masa…

Alami
Obat Impetigo Alami Yang…

Obat impetigo alami ini…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak…

Membiasakan anak untuk hidup…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Lyme Disease Penyakit yang Dialami Avril Lavigne

Baru-baru ini Avril Lavigne menceritakan…

Kesehatan
Benarkah Kopi dan Habbatussauda Bisa Tingkatkan Stamina ?

Selain susu dan krim, habbatussauda…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top