Obat Clobazam Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Share dan Tag Temanmu di :
Karena beberapa faktor, banyak orang mengalami stress dan gangguan kecemasan. Clobazam adalah obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Selain itu, obat yang berjenis ansiolitik ini juga bisa dipakai sebagai terapi tambahan untuk mengatasi epilepsi. Clobazam berfungsi untuk menurunkan tingkat kecemasan sehingga perasaan tegang dan gelisah yang dialami berkurang.


Clobazam biasanya dipakai dengan langkah pengobatan lain karena jika dikonsumsi secara individual, maka obat ini bisa memicu dorongan untuk melakukan bunuh diri pada penggunanya. Oleh karena itu, pasien perlu dipantau seksama selama mengonsumsi clobazam. Obat yang berbentuk tablet ini bisa dikonsumsi anak-anak berusia 6 tahun keatas serta orang dewasa. Clobazam tersedia dalam berbagai macam merk dan harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter.

Perempuan yang sedang hamil dan sedang merencanakan kehamilan harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi clobazam. Sedangkan perempuan yang sedang menyusui mutlak tidak boleh mengonsumsi clobazam karena bisa mempengaruhi ASI. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini lebih dari satu bulan. Harap hati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan pernafasan, gangguan hati, gangguan ginjal, ataksia, penyakit paru-paru, myasthenia gravis, sindrom apnea tidur, depresi, pernah kecanduan miras dan obat terlarang, serta mempunyai dorongan untuk menyakiti diri sendiri.

Setelah mengonsumsi clobazam, tidak dianjurkan untuk mengoperasikan alat berat ataupun mengemudikan kendaraan karena bisa menyebabkan kantuk. Terutama pada konsumsi yang pertama kali.

Dosis clobazam akan berbeda-beda pada setiap pasien. Umumnya, pasien dosis clobazam untuk pasien dewasa adalah 10 sampai 30 miligram per hari. Frekuensinya bisa diminum satu kali, bisa juga dibagi-bagi. Untuk konsumsi satu kali minum, sebaiknya diminum di malam hari sebelum tidur. Pembagian dosis akan dilakukan oleh dokter. Dosis maksimal clobazam adalah  60 miligram. Dosismaksimal clobazam adalah 60 miligram.

Konsumsi clobazam dengan benar dengan mengikuti saran dokter serta membaca keterangan yang tercantum dalam kemasan. Tidak dianjurkan untuk menghentikan konsumsi clobazam dengan tiba-tiba karena bisa menyebabkan gejala putus obat. Clobazam diberikan dengan dosis paling endah serta durasi sesingkat mungkin agar risiko ketergantungan bisa terminimalisir. Dosis selanjutnya akan ditingkatkan sesuai respon tubuh terhadap obat.

Keinginan menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri bisa datang selama mengonsumsi clobazam. Oleh karena itu, periksakan diri dengan rutin selama mengonsumsi obat ini. Clobazam bisa diberikan dengan konsumsi sehari sekali yakni malam hari sebelum tidur. Efek samping clobazam yang umum terjadi diantaranya adalah pusing, mengantuk, linglung, respon yang lamban, gerakan mata abnormal, gangguan koordinasi tubuh, tidak nafsu makan, mual, konstipasi, dan mulut kering.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Selasa, 06 September 2016 08:08:37

Related Post :
Kesehatan
Heboh! Pil PCC Sebabkan…

Penyalahgunaan pil PCC seperti…

Manfaat
Ragam Manfaat Fenugreek Untuk…

Apakah anda tahu apa…

Manfaat
Manfaat Undur-Undur untuk Obati…

Mungkin sudah banyak yang…

Tips
Tips Mencegah Timbulnya Bopeng…

Agar kulit Anda kembali…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Mengenal tanda dan gejala,…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Amiodarone Untuk Mengatasi Penyakit Aritmia Jantung

Obat amiodarone untuk mengatasi aritmia…

Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasan

Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasaneperti…

Obat Kimia
Obat Migrain Generik Paling Ampuh Yang Dijual Di Apotik

Obat migrain generik paling ampuh…

Kirim Pertanyaan
Top