Perut Kembung saat Menstruasi? Atasi dengan Cara Mudah Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Menstruasi, haid, atau disebut juga datang bulan merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi, baik FSH-Estrogen atau pun LH-Progesteron. Siklus menstruasi umumya akan timbul tiap sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertaam menstruasi mulai hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba. 

Walaupun begitu, tidak semua wanita mengalami siklus yang sama. Terkadang siklus menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 21 sampai 35 hari.

Ketika menstruasi, wanita sering kali merasakan nyeri akibat kram menstruasi. Kondisi ini bisa terjadi samar-samar atau sangat nyeri. Namun, selain nyeri dan kram perut, tidak sedikit wanita yang juga mengalami perut kembung sebelum dan pada awal menstruasi. 

Perut kembung saat menstruasi bisa membuat wanita tidak nyaman dan bisa berdampak pada kepercayaan diri. Wanita yang mengalami kondisi ini mungkin merasa berat badannya bertambah atau perut jadi membengkak. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung saat menstruasi. 


Cara Mudah Atasi Perut Kembung saat Menstruasi

Selain kram perut, perut kembung juga merupakan salah satu gejala sindrom premenstrual (PMS) yang bisa taerjadi sekitar 1-2 minggu sebelum masa maenstruasi atau ketika menstruasi. 

Biasanya  perut kembung saat menstruasi juga disertai dengan gejala PMS lainnya, seperti perubahan mood, kelelahan, perut kram, sakit kepala, payudara bengkak, sakit punggung, dan timbul jerawat. 

Perut kembung saat menstruasi biasanya timbul akibat perubahan hormon progesteron dan estrogen. Penelitian menyebutkan jika perubahan kadar hormon-hormon tersebut menyebabkan tubuh lebih banyak menahan air dan garam dalam tubuh, sehingga sel-sel tuuh menjadi bengkak oleh air yang akhirnya menyebabkan sensasi kembung. 

Kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Lakukan beberapa cara atasi perut kembung saat menstruasi berikut ini !

  • Berikan tekanan pada perut

Bebraring telungkup atau letakkan bantal di bawah perut sambil berbaring. Ganjal bantal ini bekerja seperti memberikan pijatan pada usus. Ketika duduk, Anda juga bisa meletakkan bantal pada perut untuk memberikan tekanan yang lembung.

  • Kompres air hangat

Berikan kompres hangat di bagian bawah perut atau mandi air hangat, untuk meningkatkan sirkulasi dan melawan kontraksi otot yang mungkin menyebabkan perut kembung saat menstruasi. 

Jika perut kembung disertai dengan rasa nyeri perut, maka kompres air hangat ini bisa membantu mengurangi rasa sakit. Atau Anda juga bisa membasahi handuk bersih dengan air panas dan meletakannya di perut. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan botol yang diisi air panas untuk mengompres perut sambil berbaring. Ini bisa membantu rorgan pencernaan dengan meningkatkan sirkulasi yang menenangkan. 

  • Pijat bagian punggung

Cara atasi perut kembung saat menstruasi selanjutnya yaitu dengan melakukan pijatan di bagian punggung. Anda bisa meminta pasangan atau anggota keluarga lainnya untuk memberikan pijatan lembut di punggung sambil Anda berbaring. 

Ini dapat membantu memindahkan gas, melemaskan otot-otot, dan menenangkan pikiran Anda.

  • Olahraga ringan

Latihan kekuatan, kardio, yoga, dan senam ringan lainnya bisa membantu memperbaiki saluran pencernaan. Khusunya latihan kardio yang bisa membantu meredakan perut kembung saat menstruasi. Ketika olahraga, gas bisa melewati sistem pencernaan lebih mudah. 

Anda bisa mencoba melakukan latihan kardio selama minimal 10 menit. Jika badan sudah terbiasa, maka Anda bisa meningkatkan intensitas latihan kardio menjadi sekitar 25 sampai 30 menit. Untuk jenis olahraga sendiri, Anda bisa mencoba berjalan kaki sebentar, lari di tempat, atau naik turun tangga.

Anda juga bisa jalan cepat selama 30 menit atau lakukan lompat kecil di tempat. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah karena jantung akan berdetak lebih cepat dan ini membantu melepaskan gas. 

Jalan kaki cukup untuk mencegah gangguan perut kembung lebih lanjut, tetapi juga sebaiknya lakukan aktivitas fisik yang cukup agar makanan dan udara yang terperangkat bis abergerak melalui saluran pencernaan. Peningkatan denyut jantung dan pernapasan menyebabkan otot-otot pencernaan mendorong udara dan makanan melalui usus.

Nah, itulah beberapa cara atasi perut kembung saat menstruasi yang mudah untuk dilakukan. Sekain itu, alangkah baiknya Anda juga menghindari beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa memicu timbulnya gas di perut. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa membantu menjadi solusi terbaik untuk membantu keluhan Anda.

By Sri Maryati - Tips Senin, 12 November 2018 10:07:08

Related Post :
Kesehatan
Cemilan Sehat Rendah Gula…

Cemilan sehat rendah gula…

Obat Kimia
Obat Mual Akibat Mabuk…

Obat mual akibat mabuk…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Inkontinensia Tinja…

Berikut adalah informasi lengkap…

Penyakit
Waspada! Inilah Gejala Leukemia…

Beberapa waktu lalu, tersebar…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Kol Sayuran…

Meskipun bisa menyebabkan perut…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Memakai…

Bahaya terlalu sering memakai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Cara cepat menurunkan demam tinggi…

Tips
Cara Menyajikan Susu Formula Yang Baik Untuk Bayi

Mungkin susu formula sangat diperlukan…

Kirim Pertanyaan
Top