Badan Mudah Gemuk Walau Makan Sedikit? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Kita sering melihat salah satu teman atau kerabat yang membuat kita merasa iri karena mereka bisa mengonsumsi banyak makanan namun tubuh mereka tetap ideal. Sedangkan, kita yang sudah mencoba untuk mengurangi konsumsi makanan justru tetap gemuk. 

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa badan mudah gemuk walau makan sedikit? Untuk mengetahui jawabannya, langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Penyebab Badan Gemuk Walau Makan Sedikit

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, biasanya bakal mengurangi asupan makanan. Namun, tidak sedikit yang sudah mealkukan hal tersebut tetapi berat badannya justru naik. 

Angka timbangan yang bergeser ke arah kanan bisa jadi merupakan efek samping dari beberapa gangguan kesehatan, atau akibat adanya perubahan yang terjadi dalam tubuh. 

Berikut merupakan beberapa kemungkinan penyebab badan mudah naik walau makan sedikit yang perlu diketahui, yaitu :

  • Perubahan hormon

Usia yang bertambah membuat wanita mengalami perubahan hormonal. Sebelum menopause, jumlah hormon estrogen dalam tubuh normal. Namun, setelah menjelang dan masa menopause, maka jumlah hormon tersebut akan berkurang. Turunnya hormon ini bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan.

  • Mengalami hipotiroidisme

Ketika tubuh tetap gemuk meskipun sudah makan sedikit, mungkin Anda mengidap penyakit hipotiroidisme, dimana kelenjar tiroid kurang aktif sehingga tidak memproduksi hormon dengan cukup. 

Kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan normal sehingga fungsi tubuh melambat atau bertambah cepat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada metabolisme tubuh sehingga bisa jadi semakin gemuk atau justru semakin kurus padahal sudah makan banyak. 

  • Resistensi leptin

Leptin adalah hormon yang sebenarnya menyebabkan penurunan nafsu makan. Hormon ini dihasilkan oleh sel lemak. Namun, jika timbul resisten leptin, otak tidak merespon fungsi asli dari leptin. Orang akan tetap bernafsu makan tinggi serta bertambah berat badan meskipun hormon letinnya tinggi. 

  • Retensi cairan

Retensi cairan membuat tubuh terlihat bengkak di bagian anggota badan, tangan, kaki, wajah, atau perut. Ini umumnya terjadi pada mereka yang mengalami gagal jantung, penyakit ginjal, atau minum obat tertentu.

  • Hamil

Wanita hamil seringkali mengalami pertambahan berat badan tanpa sadar, meskipun asupan makannya tetap. Hal ini disebabkan karena adanya berat badan ekstra dari berkembangnya janin, plasenta, cairan ketuban, peningkatan suplai darah, dan rahim yang membesar. 

  • Minum obat tertentu

Apakah Anda sedang rutin mengonsumsi obat tertentu? Mungkin ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan badan gemuk meskipun telah menjaga pola makan. Bukan rahasia lagi jika ada efek samping dari obat yang membuat tubuh tampak gemuk dan sulit untuk menurunkan berat badan.

Beberapa obat yang  mungkin memiliki efek samping tersebut diantaranya yaitu obat jenis kortikosteroid antidepresan, obat antipsikotik, bahkan juga pil kontrasepsi. Cara kerja obat tersebut akan membuat fungsi tubuh dan otak berubah, sehingga metabolisme tubuh juga berubah.

Tidak hanya itu, para pakar kesehatan juga menyebutkan jika salah memilih makanan juga merupakan salah satu penyebab mengapa badan tetap gemuk meskipun kita hanya makan sedikit. Melewatkan sarapan, mengalami stres, dan kurang tidur juga bisa menjadi penyebab lainnya. 

Jadi, itulah beberapa penyebab mengapa badan mudah gemuk meskipun makan sedikit. Mulai sekarang, hindari beberapa kebiasaan tersebut dan ubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 14 November 2018 11:21:32

Related Post :
Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan manfaat…

Berikut adalah kandungan, khasiat…

Kesehatan
Tertarik Melakukan Sedot Lemak?…

Tertarik melakukan sedot lemak?…

Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kewanitaan
Normalkah Volume Darah Haid…

Normalkan volume darah haid…

Penyakit
Gejala Dan Penyebab Penyakit…

Tanda gejala dan penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Makanan untuk Penderita Jantung Koroner

Selain dengan mengonsumsi obat yang…

Kesehatan
Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi Suplemen Bagi Tubuh

Mengenal pentingya manfaat mengonsumsi supelemen…

Kirim Pertanyaan
Top