Mengetahui Penyebab Hidung Meler Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab hidung meler dan cara mengatasinya,- Selain hidung tersumbat, gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang adalah hidung meler yang membuat penderitanya sulit bernapas dengan lega sebab ingus selalu keluar dari hidung. Namun tahukah anda apa penyebab hidung meler? Serta bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu, informasi tentang penyebab hidung meler dan cara mengatasinya harus anda ketahui.


Penyebab Hidung Meler Yang Harus Diketahui

Penyebab hidung meler dan cara mengatasinya,- Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi hidung meler, alangkah baiknya ketahui dahulu informasi tentang penyebab hidung meler. Ada beberapa gangguan lain dan juga beberapa faktor yang bisa menyebabkan hidung meler diantaranya:

  • Pilek. Pilek adalah salah satu penyebab hidung meler yang paling sering dialami. Selain hidung meler, gejala lainnya dari pilek adalah hidung tersumbat, terasa gatal di tenggorokan, bersin-bersin, dan demam ringan.
  • Suhu dingin. Selain pilek, faktor lainnya yang bisa menyebabkan hidung meler adalah suhu dingin atau cuaca dingin. Bahkan pemakaian pendingin ruangan terlalu tinggi juga bisa memicu hidung meler.
  • Infeksi sinus. Salah satu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan hidung meler adalah infeksi sinus.
    Alergi pada benda tertentu bisa menyebabkan hidung meler, bahkan terasa gatal di hidung dan bersin-bersin.
  • Polip hidung. Gangguan lainnya yang bisa menyebabkan hidung meler adalah polip hidung. Tidak hanya itu, polip hidung juga bisa menyebabkan sulit bernapas dan penurunan indra penciuman.

Cara Mengatasi Hidung Meler

  • Minum air. Bila hidung meler disebabkan oleh pilek, maka minumlah banyak air supaya terhidrasi dengan baik sehingga kuman penyebab pilek hilang.
  • Menghirup uap air. Cara alami mengatasi hidung meler yaitu dengan menghirup uap air panas. Caranya tuangkan air hangat pada wadah, lalu hirup uap air hangat tersebut.
  • Minum teh panas. Selain minum air putih, mengatasi hidung meler secara alami juga bisa dengan minum air teh panas.

Ramuan Tradisional Yang Bisa Bantu Atasi Hidung Meler

  • Madu

Bahan alami yang bisa dijadikan obat alami untuk penderita hidung meler adalah madu. Tambahkan madu kedalan teh dan minumlah teh tersebut. Atau anda juga bisa mengkonsumsi madu secara langsung.

  • Kayu manis dan madu

Pengobatan hidung meler secara alami adalah dengan memanfaatkan kayu manis dan madu. Cara membuatnya sangat mudah yaitu seduh 2 batang kayu manis kedalam segela air panas dan tambahkan 2 sendok makan madu. Aduk san diamkan sampai airnya hangat. Lalu minum 2 kali sehari.

  • Jahe dan madu

Selain kayu manis, jahe juga bisa dijadikan obat alami untuk hidung meler. Sediakan jahe, lalu iris kecil-kecil, dan masukkan kedalam gelas yang berisi air panas. Tambahkan madu secukupnya, lalu aduk sampai merata. Minum ramuan jahe dan madu selagi hangat. Aturan minumnya 2 kali sehari.

  • Kunyit asam

Anda mengalami hidung meler dan pengobataannya ingin secara alami? maka atasi dengan mengkonsumsi kunyit asam.

  • Daun mint

Ramuan tradisional yang bisa bantu atasi hidung meler adalah daun mint. Cara membuatnya sangat mudah yaitu rebus segenggam daun mint dengan 3 gelas air sampai airnya mendidih. Lalu hirup uap air daun mint tersebut secara perlahan.

Itulah informasi tentang penyebab hidung meler dan cara mengatasinya. Setelah mengetahui cara mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan bahan alami, maka bagi anda yang sedang mengalami hidung meler bisa mencoba cara alami diatas.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 15 November 2018 15:30:24

Related Post :
Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C…

Meskipun vitamin C memilki…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini…

Selain bertujuan untuk mengisi…

Kewanitaan
Penyakit Reproduksi yang Bisa…

Mengetahui beberapa jenis penyakit…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah…

Khasiat dan manfaat buah…

Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah…

Testosterone obat untuk masalah…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Anda Termasuk Penggemar Seblak ? Waspadai Hal Ini !

Meskipun seblak memiliki rasa yang…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil Untuk Buka Puasa Yang Sehat Dan Lezat!

Berikut adalah pilihan menu takjil…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top