Langkah Tepat Mengatasi Kecanduan Alkohol Secara Efektif

Share dan Tag Temanmu di :

Minuman beralkohol atau kadang disingkat minol merupakan minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya bisa menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu. 

Jika minuman beralkohol ini dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menimbulkan efek samping gangguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berperilaku. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa memicu kecanduan. 

Kecanduan alkohol adalah kondisi dimana tubuh menjadi bergantung pada alkohol dan sulit untuk mengendalikan konsumsinya. Terdapat beberapa istilah lain yang biasanya digunakan untuk kondisi ini, seperti alkoholisme atau gangguan penggunaan alkohol (alcohol use disorder). 

Kecanduan alkohol ditandai dengan konsumsi alkohol secara berlebihan, tanpa memperhatikan pengaruhnya bagi tubuh dan aktivitas sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan alkohol, mulai dari cara yang sederhana hingga bantuan medis. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya.


Langkah Mudah dan Tepat Mengatasi Kecanduan Alkohol Secara Efektif

Orang yang kecanduan alkohol memiliki risiko tinggi untuk mengalami kerusakan hati. Maka dari itu, kebiasaan ini harus segera dihentikan. Mengatasi kecanduan alkohol bisa menjadi proses yang panjang dan memerlukan niat yang kuat, juga didukung berbagai perawatan serta terapi.

Langkah paling awal untuk mengatasi kecanduan alkohol yaitu melawan kecanduan alkohol serta menerima bahwa kebiasaan ini telah memicu timbulnya efek negatif terhadap kehidupan. 

Berhasil atau tidaknya seseorang mengurangi dan menghilangkan kebiasaan minum alkohol ini tergantung pada tingkat keparahan, kemauan, dan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Untuk mengatasi kecanduan alkohol, berikut beberapa langkah tepat yang bisa dilakukan :

  • Pilih perawatan yang tepat

Beberapa orang bisa berhenti minum sendiri, dan beberapa orang memerlukan bantuan medis untuk menarik diri dari alkohol dengan aman dan nyaman. Maka dari itu, pilihlah perawatan yang paling tepat untuk kondisi Anda. 

Untuk menentukan pilihan perawatan yang tepat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seberapa banyak Anda sudah kecanduan, berapa lama masalah kecanduan yang dialami, situasi lingkungan tempat tinggal, dan masalah kesehatan lain jika ada. 

Bagi mereka yang mengalami kecanduan alkohol dalam jangka waktu yang lama, maka kemungkinan memerlukan pengawasan medis untuk mengurangi candu. Pasalnya, akan ada beberapa gejala yang timbul saat pecandu alkohol menghentikan kebiasaannya minum. Ini disebut dengan gejala putus alkohol (alcohol withdrawal symproms). Gejala yang timbul diantaranya seperti sakit kepala, gemetar, berkeringat, kecemasan, kram perut, sulit berkonsentrasi, dan sulit tidur. 

Gejala tersebut akan timbul selama beberapa jam setelah pecandu alkohol berhenti minum. Dan puncaknya akan terjadi pada 1-2 hari ke depan. Kemudian proses ini akan membaik dalam 5 hari kedepan. Namun, hal ini tidak pasti, karena tergantung keparahan gejala yang timbul. Selama proses ini bisa dilakukan dengan rawat jalan, atau rawat inap khusus di rumah sakit yang menyediakan fasilitas perawatan alkohol khusus. 

Selain dengan tenaga medis, pecandu alkohol juga bisa mengikuti terapi baik secara individu atau pun dalam kelompok dengan terapis ahli. Pecandu juga bisa memilih program rehabilitasi bersama beberapa orang yang memiliki kasus yang sama bersama dengan terapis yang berpengalaman.

  • Tentukan batasan minum alkohol dengan jelas

Setelah membuat keputusan untuk berubah, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menetapkan tujuan yang sangat jelas. Semakin spesifik, realistis, dan jelas, maka akan semakin baik. 

Kurangi secara bertahap seberapa sering Anda minum alkohol. Misalnya, dari terbiasa minum setiap hari menjadi 5 atau 4 hari dalam seminggu. 

Beritahu juga anggota keluarga dan teman terdekat jika Anda sedang mencoba berhenti atau mengurangi kebiasaan minum alkohol. Jika Anda minum dari jadwal yang seharusnya, minyalah mereka untuk melarang dan mengingatkan Anda. 

Hal ini disebabkan karena zat kimia otaknya sangat kuat memengaruhi mereka dalam mengontrol pikiran seperti menentukan pilihan. Juga buatlah waktu-waktu yang spesifik kapan Anda masih minum alkohol dan kapan tidak. Buat aturan yang jelas dan taati aturan yang telah Anda buat sendiri. 

  • Hindari pemicu yang membuat Anda ingin minum alkohol

Hindari berbagai faktor, seperti tempat, kegiatan, atau orang-orang tertentu, yang bisa memicu Anda minum alkohol kembali. Anda bisa mencoba menghindarinya dengan mengubah kehidupan sosial Anda. Misalnya, jika Anda terbiasa berkumpul dengan orang-orang yang suka mengajak minum alkohol, maka mulai sekarang kurangi terlebih dahulu aktivitas Anda bersama mereka, terutama di malam hari.

Berlatihlah untuk mengatakan tidak pada alkohol, dalam situasi apa pun. Meskipun ada beberapa orang yang masih menawarkannya pada Anda. Anda harus mengingat tujuan Anda untuk mengatasi kecanduan alkohol ini. 

  • Cari lingkungan yang bisa mendukung

Apapun pilihan perawatan yang Anda pilih, dukungan dari orang di sekitar sangatlah penting. Memulihkan diri dari kecanduan alkohol jauh lebih mudah ketika Anda memiliki orang-orang yang bisa dijadikan tempat curhat, memberikan dorongan, kenyamanan, dan bimbingan. 

Dukungan ini bisa didapatkan dari anggota keluarga, teman, konselor, pecandu lakohol lainnya yang memiliki tujuan sama, dan tenaga kesehatan yang melayani. 

Agar situasi semakin mendukung, cobalah bergabung dengan komunitas-komunitas baru yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari dorongan untuk kembali mengonsumsi minuman beralkohol. Dengan aktivitas dan kesibutan yang bertolak belakang dengan kebiasaan sebelumnya, bisa membantu meningkatkan niat untuk lebih cepat pulih. 

Nah, itulah beberapa langkah tepat mengatasi kecanduan alkohol yang bisa dilakukan. Semoga dengan mengikuti beberapa langkah tersebut, Anda bisa menghentikan kebiasaan minum alkohol atau kecanduan alkohol yang Anda alami. Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pilihan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 16 November 2018 10:32:37

Related Post :
Kesehatan
Langkah-langkah Pencegahan Kanker Hati

Kanker menjadi salah satu…

Kesehatan
Kram Perut Bagian Bawah?…

Berbagai penyebab kram perut…

Kesehatan
Jangan Konsumsi Makanan Ini…

Mengatur pola makan sehat…

Tips
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Tips
Tips Agar Minum Kopi…

Penderita maag kini tidak…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesalahan Umum saat Menyikat Gigi yang Harus Dihindari

Menyikat gigi merupakan hal yang…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan Cacing Kremi

Gejala, penyebab dan pengobatan cacing…

Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pengobatan pada penderita pembengkakan kelenjar…

Kirim Pertanyaan
Top