Sering Merasa Ngantuk Tanpa Sebab? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Tidur merupakan hal yang penting bagi manusia agar bisa bertahan hidup. Orang dewasa idealnya memerlukan waktu tidul sekitar 7 sampai 8 ham setiap malam. Namun, meskipun telah memenuhi kebutuhan waktu tidur, tidak sedikit orang yang tetap mengantuk. 

Mengantuk memang merupakan hal yang normal terjadi, terutama ketika kita kurang tidur atau tubuh sedang lelah karena bekerja seharian. Akan tetapi, jika tubuh sangat lemas dan mengantuk padahal tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, berarti sedang ada yang tidak beres dengan tubuh Anda dan harus diatasi sesegera mungkin. 


Penyebab Sering Merasa Ngantuk Tanpa Sebab yang Perlu Diketahui

Jika Anda sering merasa ngantuk tanpa sebab dan produktivitas harian terus menurun, jangan dibiarkan begitu saja. Segera periksakan diri Anda ke dokter atau ubah gaya hidup agar menjadi lebih baik. 

Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab sering merasa ngantuk tanpa sebab yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi dimana napas terhenti sementara saat tidur. Dalam dunia medis, sleep apnea yang disebabkan karena penyumbatan di saluran pernapasan disebut dengan obstructive sleep apnea (OSA). Penyumbatan yang terjadi pada jalur pernapasan inia akan menyebabkan seseorang terbangun tiba-tiba ketika tidur. Akibanya, kualitas jadi berkurang sehingga membuat Anda tidak bertenaga dan kurang produktif pada hari berikutnya. 

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa Anda sering mengantuk atau bangun kesiangan walaupun sudah tidur selama 7 hingga 8 jam di malam hari. 

  • Narkolepsi

Narkolepsi membuat seseorang merasa lelah dan mengantuk begitu saja tanpa ada tanda-tanda. Kondisi ini biasanya menyebabakn seseorang ambruk atau tubuhnya mendadak kaku. Rasa lelah yang timbul menyebabkan tubuh kehilangan kendali sehingga sering terjadi kecelakaan bagi penderitanya. 

Beberapa hal yang sering dialami oleh penderita narkolepsi adalah hilangnya kekuatan otot yang mendadak. Tubuh akan sulit mempertahankan beratnya dan seseorang menjadi ambruk begitu saja. 

  • Kebiasaan tidur yang kurang baik

Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur yang buruk akan sering mengalami kantuk kapan pun dan di mana pun. Kondisi ini timbul jika seseorang terbiasa tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Selain itu, tidur juga sering dialkukan lewat tengah malam, sehingga waktunya sering menipis sebelum kembali bekerja. 

Kebiasaan tidur yang buruk disertai dengan begadang karena melihat acara TV atau mungkin lembur membuat tubuh jadi sangat lelah. Akibatnya, saat siang hari tubuh jadi sering lemas dan mendadak kantuk muncul begitu saja. Jika Anda tidak tidur, biasanya akan sering merasa pusing. 

  • Gangguan ritme circadian

Apakah Anda sering ngantuk di siang hari saat puasa? Selanjutnya Anda juga akan mudah terbangun di pagi hari walaupun tanpa alarm. Setelah puasa berakhir, biasanya siklus ini akan tetap bertahan selama beberapa minggu sebelum akhirnya kembali ke siklus semula, tidur sekitar pukul 9-10 malam dan bangun pukul 4-5 pagi. 

Kondisi ini disebut dengan gangguan ritme circadian. Biasanya perubahan dan penyesuaian kana menyebabkan rasa kantuk dan lelah.

  • Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau disebut juga chronic fatigue syndrome merupakan suatu kondisi yang akan membuat Anda sering merasa lelah, lemas, lesu, dan mengantuk. Gejalanya antara lain nyeri otot dan sulit berkonsentrasi setidaknya selama 6 bulan. 

Walaupn penyebab sindrom kelelahan kronis tidak sepenuhnya dipahami dan mungkin disebabkan oleh sleep apnea, namun kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab sering merasa ngantuk secara tiba-tiba. Semoga dengan mengetahui informasi tersebut, kini Anda bisa menagtasi rasa kantuk yang terlalu besar dan bisa lebih produktif saat bekerja. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 21 November 2018 10:12:34

Related Post :
Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk…

Manfaat akupuntur terapi tusuk…

Manfaat
Kandungan serta Manfaat Daging…

Daging entok cukup digemarioleh…

Kesehatan
Bahaya Terapi Ikan Pemakan…

Dibalik manfaat yang dimilikinya…

Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung…

Selain mengobati, penderita juga…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top