Manfaat Kandungan Mineral Boron Bagi Kesehatan

Boron adalah unsur yang diperlukan tubuh namun jumlahnya kecil. Boron merupakan mineral yang banyak ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Boron juga terdapat di alam seperti batuan, tumbuhan, lautan, dan tanah. Di dalam tubuh, boron membantu memanfaatkan glukosa, estrogen, lemak, serta kelompok mineral lain seperti tembaga, magnesium, dan kalsium. Manfaat kandungan mineral boron bagi kesehatan bisa ditemukan pada vitamin maupun suplemen yang dikonsumsi untuk kesehatan tulang serta untuk mengobati osteoarthritis.


Obat, mineral, atau vitamin yang satu ini biasanya menjadi komposisi pada suplemen kalsium yang bagus dikonsumsi selama hamil menyusui, masa pertumbuhan anak, serta orang yang sedang mengalami patah tulang. Selain itu, bisa pula dipakai untuk terapi penunjang osteoporosis. Obat yang berbentuk kapsul ini bisa dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk perempuan yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, ataupun menyusui, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat yang mengandung mineral boron. Pemakaian yang tak sesuai dengan dosis bisa menyebabkan cacat lahir . Mengonsumsi obat melebihi batas bisa menyebabkan pengelupasan kulit, keracunan, tremor, sakit kepala, kejang, depresi, muntah, dan diare.

Hati-hati dalam mengonsumsi obat yang mengandung boron jika menderita penyakit ginjal dan memiliki kondisi sensitive terhadap peningkatan hormone seperti kanker rahim, kanker payudara, endometriosis, kanker ovarium, serta fibroid pada rahim. Laki-laki yang mengonsumsi boron dengan dosis tinggi serta dalam jangka waktu panjang bisa mengurangi kesuburannya.

Setiap orang membutuhkan boron dalam jumlah yang berbeda dan biasanya sudah bisa mendapatkannya lewat makanan yang dikonsumsi. Dosis harian boron adalah 6 miligram per hari atau lebih sedikit dari itu. Batas maksimum dalam mengonsumsi boron adalah 20 miligram untuk orang dewasa dalam satu hari. Untuk remaja 14 sampai 18 tahun, batas maksimalnya adalah 17 miligram per hari. Sementara untuk anak usia 9 sampai 13 tahun, batas maksimal 11 miligram per hari. Untuk anak usia 4 sampai 8 tahun, maksimal 6 miligram per hari sedangkan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, maksimal 3 miligram per hari.

Konsumsi boron dengan benar, baca petunjuk pada kemasan obat serta ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsinya. Obat ini aman untuk dikonsumsi anak-anak dan dewasa selama di bawah batas maksimal konsumsi yang dianjurkan. Kenali efek samping dalam mengonsumsi boron seperti pada pria yang mengonsumsi terlalu banyak bisa berefek pada terganggunya kesuburan reproduksi.

Jika mengonsumsi boron melebihi dosis yang disarankan, efeknya adalah inflamasi atau peradangan kulit, kejang-kejang, tremor, lemah, sakit kepala, muntah, diare, dan depresi. Hubungi dokter jika efek samping mengganggu aktivitas atau terjadi secara berkepanjangan.

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 06 September 2016 14:29:26

Manfaat Kandungan Mineral Boron Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Boron merupakan mineral yang terkandung didalam buah, sayur, dan kacang-kacangan. Manfaat kandungan mineral boron bisa ditemukan pada vitamin ataupun suplemen yang dikonsumsi untuk kesehatan tulang dan untuk mengobati osteoarthritis.
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa Didapat dari Daging Rusa

Mengetahui kandungan nutrisi dan beragam…

Manfaat
Manfaat Buah Pare Untuk Diabetes Kanker dan HIV

Manfaat Buah Pare Untuk Diabetes…

Manfaat
Manfaat Kesehatan Terapi Leuhang Untuk Tubuh

Manfaat kesehatan terapi leuhang (Sauna…

Tambah Pertanyaan
Top