Mengenal Penyakit Perut Bengkak Asites yang Dialami Ratna Galih

Share dan Tag Temanmu di :

Kabar terbaru datang dari artis sinetron Ratna Galih. Dalam sebuah unggahan di jejering sosialnya, ia tampak mengalami kondisi perut bengkak seperti seorang wanita yang sedang hamil. Pemeran tokoh Mira dalam sintetron 'Cinta yang Hilang' tersebut belum memebeberkan secara gamblang mengenai penyakit yang dialaminya. 

Namun, Ratna sempat mengatakan bahwa ada cairan yang menumpuk di rongga perut yang menyebabkan perutnya membengkak seperti sedang hamil. Ia juga mengeluhkan sesak napas saat beraktivitas. Berdasarkan sejumlah gejala yang dialaminya, diduga Ratna Galih mengidap penyakit perut bengkak asites


Apa itu asites?

Asites merupakan suatu kondisi dimana ada penumpukan cairan di dalam rongga perut. Umumnya, penumpukan cairan dalam lapisan perut antara kulit dan organ dalam itu dilatarbelakangi oleh sirosis hati, gagal ginjal, atau pankreatitis (penyakit pendahulu). 

Asites dapat menimbulkan beragam gejala. Selain perut yang semakin membesar, umumnya penyakit tersebut juga bisa menyebabkan sejumlah gejala lainnya, seperti :

  • Mual
  • Muntah
  • Rasa begah
  • Mudah kenyang karena pembesaran perut yang menekan lambung

Selain itu, penderitanya juga akan mengalami sesak napas, pembengkakan kaki, dan penambahan berat badan secara cepat. Hal-hal tersebut membuat penderita asites terbatas dalam melakukan berbagai aktivitas. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa Ratna Galih memilih untuk rehat sementara dari pekerjaannya. 

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah asites?

Lakukan tindakan pencegahan dini jika Anda ingin terhindari dari penyakit asites. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya kondisi ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, jika sering mengnsumsi obat-obatan dalam jangka panjang yang bisa merusak fungsi hati.

Tidak hanya itu, juga hindari melakukan seks bebas atau menggunakan jarum suntik secara bergantian. Asites juga bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi hepatitis B.

Penyakit perut bengkak yang diduga disebabkan oleh asites memang bisa dicegah sejak dini dengan melakukan beberapa cara tersebut. Namun, jika Anda merasakan beberapa gejala yang mengarah pada asites, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar bisa segera ditangani. 

Untuk langkah pengobatannya sendiri, yang pertama adalah dengan menggunakan diuretik. Pengobatan tersebut bekerja dengan cara membuang garam dan air dalam tubuh sehingga pembengkakan perut bisa berkurang. 

Yang kedua yaitu dengan menyedot kelebihan cairan dalam perut dengan jarum panjang. Atau bisa juga melakukan operasi jika gejala asites sudah terlanjur berat. Sebuah selang akan dipasang dalam tubuh untuk membantu melancarkan aliran darah di organ hati. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 22 November 2018 08:59:49

Related Post :
Kesehatan
Fakta Seputar Pemanfaatan Teknologi…

Berikut adalah berbagai fakta…

Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Untuk Bayi…

Bayi mempunyai perut yang…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Alami
Terasa Panas Di Perut?…

Selagi masih ada bahan…

Obat Cina
Manfaat Mailibahenling Sebagai Obat…

Berikut adalah manfaat meilibehenling…

Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit…

Makanan untuk mengatasi sembelit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan Jenisnya

Kenali penyebab dan jenis milia…

Penyakit
Waspadai Gejala Bidai Tulang Kering Atau Shin Splints

Waspadai gejala bidai tulang kering…

Penyakit
Mengetahui Prosedur Operasi Usus Turun Dan Kisaran Biayanya

Berikut adalah informasi jenis prosedur…

Kirim Pertanyaan
Top