Waspada! Ternyata Stres Juga Bisa Menular

Share dan Tag Temanmu di :

Stres merupakan sebuah respons tubuh ketika menghadapi tekanan. Setiap orang bis amemiliki respons tubuh yang berbeda-beda saat menunjukkannya, bisa berupa ungkapan fisik, emosi, kecemasan atau frustasi. Semua itu tergantung dari bagaiman cara pandang dan ketahanan seseorang menghadapi tekanan yang memicu timbulnya stres. 

Stres bisa datang kapan pun bahkan tanpa disadari. Ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya respons stres, bisa disebabkan karena masalah dengan keluarga, pasangan, pekerjaan, keuangan, atau karena terjebak macet di jalan

Uniknya, ternyata stres juga bisa disebabkan oleh pengaruh oleh orang lain. Maksudnya, stres juga bisa ditularkan dari orang lain. Benarkah?


Sebagian besar orang mungkin berpikir jika stres timbul dari dalam diri sendiri akibat respon tubuh terhadap masalah yang sedang dihadapi. Mungkin Anda pernah menemui atau justru mengalaminya sendiri, ketika ada seseorang yang merasa panik dan cemas, kemudian Anda memintanya untuk tidak panik karen ahal tersebut bisa memengaruhi pikiran Anda. 

Itu sebabnya, tanpa disadari nyatanya stres yang selama ini dialami bisa saja bukan disebabkan oleh Anda sendiri, tetapi karena pengaruh dari orang lain di sekitar. Faktanya, memang stres bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Sebuah penelitian dalam Journal Social Science and Medicine meneliti hubungan stres yang dialami guru sekolah dan pengaruhnya pada para siswa, begitu juga sebaliknya. 

Hasilnya menunjukkan bahwa guru yang mengalami kelelahan hingga menyebabkan stres, memicu peningkatan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh para siswa. Akhirnya, stres menular pada siswa ataupun sebaliknya. 

Temuan ini diperkuat dengan penelitian lain yang dimuat dalam Journal Nature Neuroscience, dengan melakukan percobaan pada sepasang tikus yang salah satunya mengalami stres. Ketika tikus yang mengalami stres ini disatukan dengan tikus lainnya yang tidak mengalami stres, maka ada perpindahan sinyal stres kimia dari hewan satu ke lainnya. 

Kondisi inilah yang kemudian memicu timbulnya stres pada individu yang mendapatkan 'pengaruh stres' dari individu lainnya. Padahal, seorang bisa saja tidak mengalami gejala sama sekali, pada awalnya. 

Meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus, namun tim peneliti yakin jika hal yang sama bisa terjadi pada manusia. Kita seringkali menceritakan tekanan yang dialami kepada orang lain dengan mudah. Malah terkadang kita menceritakannya tanpa sadar. Penelitian ini membuktikan jika beberapa gejala stres juga bisa terjadi pada keluarga dan kerabat di sekitar orang yang mengalami stres. 

Di sisi lain, kemampuan untuk merasakan kondisi emosional orang lain merupakan bagian penting untuk menciptakan dan membangun ikatan sosial. Penelitian ini juga menunjukkan jika stres dengan interaksi sosial memiliki keterkaitan yang cukup rumit. Konsekuensi dari keterkaitan tersebut dapat berlangsung lama dan memengaruhi perilaku orang lain di masa mendatang. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 23 November 2018 11:19:04

Related Post :
Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis…

Untuk mendiagnosis penyakit kanker…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal…

Berikut adalah berbagai cara…

Kewanitaan
Cara Menghitung Masa Subur…

Cara menghitung masa subur…

penyakit otot
Kenali Gejala Atrofi Otot…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Waspada! Singkong Mentah Bisa…

Singkong merupakan salah satu…

Kesehatan
Anjuran Makanan Yang Bagus…

Berikut adalah anjuran makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mulut Terasa Manis ? Mungkin Kondisi Ini Penyebabnya !

Mulut terasa manis setelah mengonsumsi…

Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pengobatan pada penderita pembengkakan kelenjar…

Kesehatan
Jangan Abaikan ! Ini Manfaat Ikan Baronang Bagi Kesehatan

Selain nikmat, ikan baronang ternyata…

Kirim Pertanyaan
Top