Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi

Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi

Cetrizine adalah sebuah obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala-gejala alergi seperti mata berair, hidung mampet atau hidung beringus, bersin-bersin, ruam pada kulit, mata dan hidung gatal, dan lain-lain. Obat yang berjenis obat antihistamin ini bekerja dengan cara menghalangi kinerja senyawa histamin penyebab gejala-gejala alergi tersebut muncul.


Obat ini tidak bisa mencegah maupun mengatasi gatal-gatal di seluruh tubuh maupun reaksi alergi yang terbilang parah seperti anafilaksis. Obat resep yang satu ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak yang berusia di atas 2 tahun. Cetirizine yang berbentuk kapsul, tablet, obat larut, obat kunyah, dan obat cair ini tersedia dalam berbagai merk. Penggunaan cetirizine harus sesuai dengan resep dokter.

Perhatikan penggunaan cetirizine seperti jika obat ini diberikan kepada perempuan hamil, sedang merencanakan kehamilan, sedang menyusui, dan anak-anak, maka dosisnya harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Jika merasa ngantuk usai mengonsumsi cetirizine, sebaiknya tidak mengoperasikan alat berat maupun mengemudikan kendaraan. Hati-hati jika cetirizine dikonsumsi oleh pengidap gangguan hati, gangguan ginjal, porfiria, diabetes, ataupun orang-orang yang mempunyai alergi terhadap obat-obatan seperti antihistamin. Jika gejala telah membaik, segera hentikan pengobatan. Jika overdosis terjadi, hubungi dokter segera.

Dosis cetirizine untuk setiap pasien akan berbeda-beda. Biasanya dokter akan menyesuaikan dosis sesuai dengan riwayat kesehatan, usia, serta reaksi tubuh pasien terhadap obat. Berikut kami jelaskan dosis yang umumnya dianjurkan oleh dokter.

  • Untuk usia lebih dari 12 tahun, dosisnya 10 miligram sebanyak 1 kali per hari.
  • Untuk usia 6 sampai 12 tahun, dosisnya 5 miligram sebanyak 2 kali per hari.
  • Untuk usia 2 sampai 6 tahun, dosisnya 2,5 miligram sebanyak 2 kali per hari.

Konsumsi cetirizine dengan benar dengan membaca keterangan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya. Pastikan konsumsi obat ini mengikuti petunjuk dokter. Cetirizine bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan.

Jika obat yang diresepkan dokter dalam bentuk cair, maka pakai sendok khusus untuk menakarnya. Sendok biasanya terdapat dalam kemasan. Tidak dianjurkan untuk menggunakan sendok makan karena takaran bisa berbeda. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi minuman keras selama menggunakan pengobatan dengan cetirizine karena bisa membuat potensi efek samping antihistamin semakin parah.

Pasien yang lupa untuk mengonsumsi cetirizine sebaiknya segera meminumnya saat ingat dengan catatan jadwal minum selanjutnya tidak terlalu dekat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis cetirizine di jadwal minum berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat. Kenali efek samping cetirizine seperti mulut kering, lemas dan lelah, serta sakit perut.

By Ana Rediana - Obat Kimia Selasa, 06 September 2016 15:15:59

Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Obat cetrizine untuk mengatasi gejala alergi seperti mata berair, hidung mampet atau hidung beringus, bersin-bersin, ruam pada kulit, mata dan hidung gatal, dan lain-lain.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Obat Kimia
Obat Clopidogrel untuk Mencegah Pembekuan Darah di Arteri

Clopidogrel merupakan salah satu jenis…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk Menangani Infeksi

Sulfadiazine tergolong ke dalam antibiotik…

Obat Kimia
Tambah Pertanyaan
Top