Tips Dan Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

Share dan Tag Temanmu di :

Posisi tidur yang salah adalah salah satu penyebab sakit leher bagian belakang. Selain itu, penyebab sakit leher belakang lainnya bisa jadi karena bekerja depan laptop dalam waktu yang lama tanpa mengubah posisi tubuh, cedera karena olahraga, serta postur tubuh kurang baik. Tidak sedikit orang yang pernah mengalami sakit pada leher. Hal tersebut memang wajar karena leher menjadi penopang kepala. Jika hal tersebut pernah terjadi kepada Anda, jangan khawatir karena rasa sakit pada leher bukan pertanda adanya penyakit serius. Sakit leher yang terbilang ringan bisa ditangani di rumah secara alami.



Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di leher.

1.Rutin menggerakkan otot leher. Coba gerakkan otot leher Anda dengan perlahan dengan gerakan melingkar sehingga otot bisa direnggangkan. Kemudian lanjutkan dengan gerakan ke kanan dan kekiri lalu kedepan dan kebelakang.

2.Berendam dengan larutan garam untuk mandi. Larutan garam bisa membantu membuat otot-otot yang kaku menjadi lemas, melancarkan sirkulasi darah, serta mengurangi stress. Dengan begitu, berendam menggunakan larutan garam mandi tidak hanya mengurangi sakit leher tetapi juga bisa menenangkan pikiran.

3.Menggunakan kompreses atau bantalan pemanas. Menempelkan bantalan pemanas di area leher belakang bisa meningkatkan aliran oksigen dan darah keleher dan membantu otot leher menjadi rileks. Selain itu, bisa juga menggunakan es dengan mengompresnya. Bungkus es menggunakan handuk, kemudian tempelkan di leher belakang beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit. Efek dingin dari es akan membuat otot-otot leher terasa rileks dan menimbulkan kebas di daerah yang nyeri.

4.Mengoleskan balsam.  Anda bisa menggunakan balsam analgesik atau yang bersifat menghilangkan rasa sakit. Bisa juga memakai balsam yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah.

5.Memijat leher. Pijatan bisamembuat sakit pada leher terasa lebih ringan. Pakai minyak esensial lavender atau serai untuk memijat bagian leher yang sakit. Minyak ini memiliki fungsi memanjakan penciuman dan memberikan efek penyembuhan.

6.Terapi air atau hidroterapi. Gunakan pancuran air dan arahkan air hangatnya keleher bagian belakang selama 5 menit. Gantidengan air dingin dan diamkan satu menit. Ulangi beberapa kali.

7.Mengonsumsi ibuprofen atau acetaminophen. Kedua obat tersebut memiliki fungsi untuk meringankan rasa sakit termasuk sakit pada leher belakang. Biasakan untuk membaca aturanpakai dan tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak yang berusia di bawah 18 tahun.

Jika rasa sakit masih berlanjut lebih dari seminggu, segera hubungi dokter.

By Rizka Ardiana - Tips Kamis, 08 September 2016 10:11:18

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Mengetahui serta mewaspadai gejala…

Penyakit
Langkah-Langkah Diagnosis Infeksi Ginjal

Langkah-langkah diagnosis infeksi ginjal…

Manfaat
Manfaat Bunga Kamboja Untuk…

Kamboja merupakan salah satu…

Alami
Cara Membuat Masker Alami…

cara membuat atau meracik…

Tips
Begini Cara Membuat Ramuan…

Berikut adalah cara membuat…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menjaga Payudara Dari Risiko Kanker

Kanker payudara merupakan salah satu…

Tips
Obat Sariawan Alami di Lidah Tenggorokan Bibir

obat sariawan alami di lidah…

Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik

Bagi Anda yang tengah menjalankan…

Kirim Pertanyaan
Top