Obat Penurun Kadar Kolesterol Tubuh Atorvastatin

Share dan Tag Temanmu di :

Atorvastatin, Obat Penurun Kadar Kolesterol Tubuh

Atorvastatin adalah obat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Cara kerja atorvastatin adalah dengan menghambat reaksi enzim-enzim tertentu yang diperlukan tubuh dalam menghasilkan kolesterol. Dengan mengonsumsi obat ini, risiko mengalami penyakit pembuluh darah dan penyakit jantung akan menurun.

Kolesterol merupakan lipid atau jenis lemak yang dihasilkan tubuh dari makanan berlemak yang dikonsumsi. Tubuh akan menyimpan lipid dan digunakan sebagai sumber energi. Kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi tidak akan membuat Anda sakit, namun jika dibiarkan tetap tinggi maka akan menyebabkan komplikasi. Timbunan kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia bisa mempersempit pembuluh darah karena aliran darah yang melewati pembuluh berkurang. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.


Atorvastatin yang tergolong obat statin atau HMG-CoA reductase inhibitors dapat dikonsumsi oleh orang yang sudah terlanjur menderita jantung dengan tujuan untuk menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung di kemudian hari. Namun, dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh, Anda jangan terlalu bergantung pada obat. Tetapi aplikasikan juga gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, perubahan menu makanan, berhenti merokok, serta menjaga badan agar ideal.

Obat resep yang berbentuk tablet ini hanya dikonsumsi oleh orang dewasa. Untuk perempuan hamil dan sedang menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi atorvastatin. Harap hati-hati jika obat ini dikonsumsi orang yang berusia di atas 70 tahun, perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, pernah mengalami stroke yang membuat otak pendarahan, gangguan nyeri otot, gangguan ginjal, penderita hipotiroidisme, dan gangguan hati.

Dilarang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol karena atorvastatin akan berpotensi meningkatkan risiko gangguan fungsi hati jika dimakan bersama alkohol. Hindari pula grape fruit. Dosis atorvastatin di awal adalah 10 miligram per hari, kemudian dosis disesuaikan dengan rentang waktu minimal yakni 4 minggu atau lebih. Dosis maksimal harian adalah 80 miligram per hari. Dosis akan diberikan dokter sesuai kadar kolesterol dalam tubuh serta respon pasien terhadpa obat ini.

Sebelum mengonsumsi atorvastatin, baca petunjuk pada kemasan obat serta ikuti anjuran dokter. Tidak dianjurkan mengurangi ataupun menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter. Jalani pola makan rendah lemak agar kolesterol turun sebelum menggunakan atorvastatin untuk pengobatan. Tidak hanya itu, lanjutkan pola makan sehat untuk menurunkan kolesterol selama mengonsumsi obat ini.

Efek samping penggunaan atorvastatin diantaranya adalah perut kembung, diare, sakit kepala, konstipasi, dan mual. Jika efek samping dalam mengonsumsi atorvastatin berkepanjangan dan mengganggu aktivitas, segera hubungi dokter.

By Ana Rediana - Obat Kimia Kamis, 08 September 2016 15:49:12

Related Post :
Kesehatan
Daftar Makanan Yang Mengandung…

Daftar makanan yang mengandung…

Penyakit
Jenis Penyakit Anemia Dan…

Penyakit anemia adalah suatu…

Kesehatan
Berbagai Fakta Seputar Bahaya…

Berbagai fakta seputar bahaya…

Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan…

Sensasi kepala serasa berputar…

Penyakit
Jenis Penyakit Glaukoma Dan…

Glaukoma adalah penyakit yang…

Kesehatan
Tanda Dan Gejala Jantung…

Mengetahui penyebab, tanda, gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Efek Samping Obat Palsu Terhadap Kesehatan Tubuh

Peredaran obat palsu ditengah-tengah masyarkaat…

Obat Kimia
Rekomendasi Nama Obat Gatal pada Kulit di Apotik

Selain dengan obat resep dokter,…

Obat Kimia
Obat Kuat Yang Berbahaya Menurut BPOM

Untuk bisa merasa gagah di…

Kirim Pertanyaan
Top