Obat Asam Valproat Untuk Menangani Kejang Epilepsi

Share dan Tag Temanmu di :

Asam valproat merupakan obat yang bisa jadi akrab untuk penderita epilepsi karena diperlukan dalam menangani kejang. Asam valproate bekerja dengan mengembalikan keseimbangan neurotransmitter di dalam obat sehingga kejang-kejang bisa dikendalikan. Tidak hanya kejang, hal lain yang bisa ditangani dengan obat ini adalah gejala mania pada pengidap bipolar dan juga untuk mencegah migraine. Namun harus diingat bahwa antikonvulsan yang satu ini tidak bisa dipakai untuk mengobati sakit kepala


Obat yang berbentuk obat cair dan tablet ini bisa dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Asam valproat harus dipakai sesuai dengan resep dokter dan tersedia dalam berbagai merek. Perempuan yang sedang hamil, sedang merencanakan kehamilan, dan sedang menyusui, mengonsumsi asam valproat harus dihindari. Pada pria, obat ini memungkinkan untuk menurunkan tingkat kesuburan.

Hati-hati dalam mengonsumsi asam valproat terutama untuk orang yang menderita gangguan ginjal, gangguan hati, porfiria, pankreatitis, diabetes, trombositopenia, depresi, gangguan metabolisme bawaan, gangguan mental, sindromAlpers-Huttenlocher, dan penyakit mitokondrial. Biasanya pasien yang mengonsumsi obat ini berpotensi atau memiliki hasrat untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Oleh karena itu, pasien yang mengonsumsi asam valproat harus diperhatikan. Jika terjadi pada Anda, segera hubungi dokter.

Dosis asam valproat berbeda-beda tergantung pada berat badan, kondisi yang ditangani, kondisi kesehatan pasien, respon tubuh pasien terhadap obat, dan usia. Dosis umum asam valproat untuk menangani kejang karena epilepsi pada orang dewasa diawali dengan 600 miligram per hari. Lalu bisa ditingkatkan sebanyak 2000 miligram setiap tiga hari sampai kejang-kejang hilang.

Dosis asam valproat untuk menangani gejala mania pada orang yang memiliki gangguan bipolar dimulai dengan 750 miligram per hari. Dosis bisa ditingkatkan sampai dengan 1000 hingga 2000 miligram per hari. Dosis untuk anak-anak bisa ditanyakan langsung kepada dokter, biasanya disesuaikan dengan berat badannya.

Pasien yang mempunyai gangguan pencernaan baiknya mengonsumsi obat ini dengan makanan. Hindari mengonsumsi minuman keras selama mengonsumsi asam valproat karena bisa berpotensi meningkatkan risiko efek samping. Asam valproat juga memiliki potensi untuk memicu rasa kantuk. Oleh karena itu, baiknya tidak mengoperasikan alat berat atau tidak mengemudi selama memakai obat ini. Jangan menghentikan konsumsi asam valproat dengan tiba-tiba karena bisa terkena gejala putus obat. Periksakan kesehatan dengan rutin selama mengonsumsi asam valproat.

Efek samping asam valproat diantaranya adalah tremor, gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, dan mual, gangguan fungsi hati, sakit kepala, pusing, dan mengantuk. Hentikan penggunaan obat jika terjadi efek samping berupa memar tanpa sebab jelas, muntah, demam, pendarahan, dan sendi menjadi lemah.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Sabtu, 10 September 2016 08:35:11

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Ibu Dan Anak
Fakta Menarik Tentang Bayi…

Fakta menarik tentang bayi…

Kesehatan
Dampak Kelebihan Vitamin B5…

Vitamin B5 merupakan vitamin…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic Acid

Suplemen Antioksidan Mengandung Zat Alpha-Lipoic…

Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi

Obat cetrizine untuk mengatasi gejala…

Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot

Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot…

Kirim Pertanyaan
Top