Antibiotik Amoxicillin untuk Atasi Infeksi Karena Bakteri

Share dan Tag Temanmu di :
Amoxicillin merupakan antibiotik penisilin yang dipakai dalam mengatasi berbagai infeksi karena bakteri seperti infeksi pada saluran kemih, saluran pernafasan, sistem reproduksi wanita, kulit dan jaringan lunak, infeksi gonore, sistem pencernaan, dan saluran telinga, hidung, tenggorokan. Karena untuk mengobati infeksi bakteri, maka antibiotik amoxicillin tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi karena virus. Cara kerja obat antibiotik amoxicillin untuk atasi infeksi karena bakteri ini adalah dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri.

Obat yang juga dikenal dengan nama amox ini bisa dikonsumsi anak-anak dan dewasa dengan bentuk cairan oral, kapsul, suntik, dan bubuk. Amoxicillin tergolong obat keras yang perlu resep dokter. Meminum obat ini bisa digabung dengan obat lain, bisa juga dikonsumsi sendiri. Terdapat beberapa merk dan jenis obat-obatan yang mengandung amoxicillin.

Orang yang alergi terhadap penisilin sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Perempuan yang sedang hamil ataupun menyusui sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi amoxicillin. Jika menjalani vaksinasi apapun, beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi amoxicillin. Hal tersebut dikarenakan obat ini bisa berdampak terhadap keefektifan vaksin. Bagi perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi kemudian muntah-muntah karena amoxicillin, pakai alat tambahan seperti kondom karena kehamilan bisa saja terjadi.

Hati-hati dalam mengonsumsi amoxicillin bagi penderita gangguan ginjal. Untuk penderita demam kelenjar sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini karena akan menyebabkan ruam. Dosis amoxiciliin per hari biasanya sekitar 500 sampai 1500 miligram yang diminum untuk 7 sampai 14 hari. Untuk mengobati infeksi gonore, dosisnya 3 gram untuk diminum sekali. Sedangkan dosis untuk anak-anak disesuaikan berdasarkan berat badan.

Konsumsi antibiotik amoxicillin untuk atasui infeksi karena bakteri dengan benar dengan mengikuti anjuran dokter dan membaca petunjuk pada kemasan obat. Tidak dianjurkan untuk mengubah dosis amoxicillin kecuali dokter yang menyarankan. Jaga jarak antar dosis dengan dosis selanjutnya. Mengonsumsi amoxicillin bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan. Terutama untuk amoxicillin yang berbentuk bubuk. Campurkan amoxicillin bubuk dengan setengah gelas air dan minum segera begitu usai diaduk.

Pastikan untuk menghabiskan dosis amoxicillin yang diberikan dokter. Hal tersebut penting dilakukan agar bakteri penyebab infeksi tidak datang lagi. Jika melewatkan dosis amoxicillin dengan tidak sengaja, segera minum begitu ingat. Namun tidak boleh menggandakan dosis amoxicillin di jadwal selanjutnya.

Kenali efek samping serta bahaya amoxicillin seperti sakit kepala, mual dan muntah, sakit kepala, dan ruam. Hubungi dokter jika mengalami efek samping berupa pembengkakan pada mulut dan wajah, ruam pada kulit, serta sulit bernafas. Hal tersebut bisa jadi pertanda Anda memiliki alergi terhadap antibiotik ini.

By Sri Maryati - Obat Kimia Sabtu, 10 September 2016 13:39:59

Related Post :
Penyakit
Bronkhitis Infeksi pada Bronkus…

Bronkhitis merupakan infeksi yang…

Alami
Begini Cara Mengobati Mata…

Cara mengobati mata gatal…

Kesehatan
Sayur dan Buah Yang…

Sayur dan buah yang…

Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Tips
Tips Diet Sehat Alami…

Memiliki badan ideal adalah…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip…

Informari tentang jenis-jenis polip…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Timolol Tetes Mata Untuk Penderita Glaukoma

Tergolong beta blockers dalam bentuk…

Obat Kimia
Obat Famotidine di Apotek Untuk Asam Lambung

Obat Famotidine di Apotek Untuk…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi Refluks Asam Lambung

Domperidone adalah obat untuk mengatasi…

Kirim Pertanyaan
Top