Tips Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Share dan Tag Temanmu di :

Anak merupakan salah satu anugerah besar dari tuhan yang di titipkan kepada kita. Oleh karena itu kita sebagai orang tua tentunya harus bertanggung jawab untuk menjaga titipan tersebut, terlebih memperhatikan segala aspek kehidupan mereka seperti masalah kesehatan salah satunya.


Memiliki buah hati yang tumbuh sehat dan juga aktif merupakan salah satu harapan para orang tua. Bagaimana tidak? hati orang tua mana yang tidak merasa sedih jika harus melihat keceriaan anak sirna akibat sakit yang dideritanya. Kondisi tersebut sering kali mudah terjadi pada anak terlebih pada saat memasuki musim pancaroba. Pada saat itu, anak mudah sekali terjangkit berbagai macam penyakit seperti demam, flu, hingga diare akibat terpaparnya virus, kuman atau bakteri sumber penyakit pada musim tersebut.

Selain cuaca, anak gampang sakit juga dapat di sebabkan beberapa faktor lainnya seperti sistem imun yang lemah, paparan polusi, pencemaran lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat akan menjaga fasilitas umum juga menambah penyebab terjadi penularan penyakit  terlebih pada anak. Akan tetapi, kita setidaknya sebagai orang tua, perlu mengupayakan beberapa pencegahan agar anak dapat terhindar dari beberapa penyakit.

Dan berikut akan kami paparkan beberapa  tips ataupun cara bagaimana menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit, terlebih saat musim pancaroba menjelang.

Menjaga dan memperhatikan kebersihan anak

Kotoran dan kuman merupakan salah satu sumber penyakit yang paling umum. Bahkan bibit penyakit yang bersumber pada kotoran akan sangat cepat menjadi sarang penyakit dan menyebar pada tubuh. Disinilah peran orang tua terlebih bunda untuk menjaga kebersihan sekitar, juga pada makanan yang di konsumsi oleh buah hati anda. Selain dari pada itu, sangat penting juga untuk menjaga kebersihan kuku, gigi dan pakaianan anak. Sebab beberapa hal tersebut merupakan sumber terkecil kuman untuk bersarang dan menyerang sisitem imunitas anak.

Memperhatikan pola makan anak

Agar tidak mudah sakit, bunda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang di konsumsi oleh anak. Ada baiknya bunda memberi makan sang buah hati secara teratur dan sesuai jadwal. Jangan lupa pula untuk memberinya makanan 4 sehat 5 sempurna yang beberapa diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan. Nutrisi dan gizi cukup dapat meningkatkan sistem imunitas anak sehingga anak andapun tidak akan mudah sakit.

Cukupi keperluan cairan si kecil

Tubuh sangat memerlukan cairan untuk memperlancar berbagai proses di dalamnya, seperti proses percernaan, sirkulasi darah dan proses metabolisme lainnya. Jika tubuh keurangan cairan maka dapat menyebabakan tubuh mengalami dehirdrasi dan berbagai proses di dalam tubuh tidak akan bekerja secara optimal. Oleh karena itu pastikan bunda selalu memuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hariya.

Berikan Madu

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun, orang tua dapat memberikan madu kepada sikecil sebagai obat penambah daya tahan tubuh si kecil agatr tak mudah terserang penyakit. Hal tersebut di karenakan di dalam madu terkandung anti-virus, anti-bakteri, anti-kuman yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Pastikan anak Istrirahat dengan cukup

Dengan istirahat yang cukup, maka dapat meringankan beban pikirannya selama ia berada di rumah atau di sekolah. Selain itu, dengan istirahat yang cukup juga mampu membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan isang buah hati istirahat dengan cukup selama 8 jam perhari agar anak  tetap tumbuh sehat dan tidak mudah sakit.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Sabtu, 10 September 2016 14:07:43

Related Post :
Kesehatan
Anda Penderita Vertigo? Hindari…

Supaya vertigo tidak semakin…

Kesehatan
Kenali ! Ini Penyebab…

Berikut ini adalah berbagai…

Tips
Lakukan Cara Ini Agar…

Seiring bertambahnya usia dapat…

Obat Kimia
Obat Asam Valproat Untuk…

Asam valproat merupakan obat…

Alami
Terapi Penyembuhan Syaraf Kejepit…

Terapi penyembuhan syaraf kejepit…

Tips
Tips Cara Melahirkan Normal…

Melahirkan bisa menjadi proses…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit Pada Bayi

Jenis penyakit yang memang sering…

Ibu Dan Anak
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Setelah Dicukur

Cara cepat menumbuhkan rambut bayi…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top